ANALYSIS OF CREDIT TAKING PT. BPR BANK KLATEN (PERSERODA)

Authors

  • Afik Afik Fakultas Ekonomi Manajemen. Universitas Islam Batik Surakarta, Indonesia
  • Sudarwati Sudarwati Fakultas Ekonomi Manajemen. Universitas Islam Batik Surakarta
  • Ida Aryati Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Sahid Surakarta
  • Afiefah Sulistyowati

DOI:

https://doi.org/10.29040/ijebar.v7i1.6069

Abstract

This study intends to analyze the effect of interest rates, the effect of service quality, the effect of collateral (collateral), and the effect of credit procedures on credit taking at PT BPR Bank Klaten (Perseroda). The research was conducted at PT BPR Bank Klaten (Perseroda) UMK Jatinom which is located at Jl. Tulung-Boyolali, Bonyokan, Jatinom (Ruko Tangkilan). This research was carried out effectively for 6 months, August to December 2021. Multiple linear regression analysis was utilized in this study to analyze the data using SPSS. Based on the result, all variables have a significant effect on the credit taking decision in PT BPR Bank Klaten (Perseroda). Keywords: Credits, Interest rate, Quality of service, Collateral

References

Adlani, R., (2010), â€Analisis Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Nasabah Menabung pada PT. Bank Indonesia (Persero), Tbk Cabang Pandanaran Semarangâ€, Universitas Muhammadiyah, Semarang.

Anaga Bramantyo dan Endra Murti Sagoro (2017), â€Pengaruh Kualitas Layanan, Prosedur Kredit, dan Promosi Terhadap Keputusan Kredit UMKMâ€, Jurnal Profita Edisi 5. Hal. 1 – 15

Ariya Praditya, (2016), â€Pengaruh Kualitas Pelayanan, Reputasi Perusahaan dan Promosi Terhadap Keputusan Pengambilan Kredit Multiproduk, Studi Kasus Pada PT. Astra Multi Finance Spektra Semarangâ€, Jurnal Administrasi Bisnis, Semarang

Dodik Agung Indra R., (2006), â€Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Kredit Perorangan dan Kelompk Studi Kasus Pada PD. BPR. Bank Pasar Kabupaten Karanganyarâ€, Jurnal Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta

Dwi AMetha, (2019) Analisis Kualitas Pelayanan Pemberian Kredit terhadap Kepuasan Pelanggan di PT. BPR Cabang Tangerang, Universitas Muhammadiyah Tangerang

Fajar Kartika Sari, (2016), â€Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Prosedur Kredit Terhadap Keputusan Pengambilan Kredit Dengan Reference Group Sebagai Variabel Moderating Pada Badan Kredit Desa (BKD) Gombongâ€, Jurnal Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta

FaridKholid (2018), Pengaruh Lokasi, Tingkat Suku Bunga, Pelayanan Dan Promosi Terhadap Keputusan Masyarakat Dalam Pengambilan Kredit

Febrian, Deka (2013), â€Efektivitas Pesan Iklan TV, Asosiasi Merek, dan Kelompok Referensi Terhadap Minat Beli Susu Bubuk L-Men di Kota Semarangâ€, Tesis, Universitas Diponegoro, Semarang

Ghozali, Imam. (2015). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Griffin, Ricky W., (2002), Manajemen Jilid I, Penerbit Erlangga, Jakarta

Huda Badrul, (2019), Pengaruh Kualitas Pelayanan, Prosedur Kredit, Dan Tingkat Suku Bunga Terhadap Keputusan Nasabah Dalam MengambilKredit Pada Pt. Bank Perkreditan Rakyat Sukowono Arthajaya Jember, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember

Jimmy Johnly Cavalera,(2016), “Pengaruh Pelayanan dan Tingakt Suku Bunga Kredit Terhadap Keputusan Nasabah Dalam Pengambilan KreditdiPTBPR Barelang Mandiri Batamâ€, Jurnal Akademi Akuntansi PermataHarapan, Batam

Kotler, Philip. & Keller, Kevin Lane. (2013). Marketing Management: Edition 14. New Jersey: Prentice-Hall Inc.

Lamb, Charles W., Hair, Joseph, McDaniel, Carl (2001), Pemasaran, Edisi Pertama, Penerbit Salemba Empat, Jakarta

Lupiyaodi Rambat (2013), Manajemen Pemasaran Jasa, Salemba Empat, Jakarta

Mudrajad Kuncoro dan Suhardjono (2010), Manajemen Perbankan, Teori dan Aplikasi Edisi Kedua, Penerbit BPFE UGM, Yogyakarta

Murti Sumarni dan John Soeprihanto (2005), Pengantar Bisnis, Dasar – Dasar Ekonomi Perusahaan, Penerbit Liberty, Yogyakarta

Naimuddin, Deli Putra, (2000), Karakteristik Pelayanan, Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta

Nasedum IndahMeyssi (2020) Analisis Pengaruh Non Performing Loan (Npl) Loan To Deposit Ratio (Ldr) Dana Pihak Ketiga (Dpk) Dan Tingkat Suku Terhadap Penyaluran Kredit Pada Bank Sulutgo Pusat Manado Periode 2011-2018

Nyoni Laksana (2016), â€Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Pelayanan dan Lokasi Terhadap Keputusan Nasabah Dalam Pengambilan Kredit Berjangka Pada Bank Jateng Cabang Semarangâ€,

Payne, Adrian, (2000), Pemasaran Jasa, Cetakan I, Edisi I, Penerbit Andi offset, Yogyakarta Schiffman, L.G dan Kanuk, L.L (2010), Consumer Behaviour 9th Edition, New Jersey:

Pearson Prentice Hall Simamora, Bilson (2008), Riset Pemasaran, Penerbit Gramedia Pustaka Utama, Jakarta

Sekaran, Uma (2009), Research Methods For Business, Pustaka, Bandung

Selvi Syukriah, et al (2017), Pengaruh Dana Pihak Ketiga, Suku Bunga Kredit, Dan Modal Bank Terhadap Penyaluran Kredit Pada Bank Perkreditan Rakyat Konvensional Di Indonesia. Pascasarjana Universitas Syiah Kuala Banda Aceh

Sofyan Moh. (2016), Pengaruh Suku Bunga Kredit Modal Kerja, CapitalRatiodan Loan to Deposit Ratio terhadap Kredit Modal KerjaBankPerkreditanRakyat (Studi Kasus Pada BPR Di Kabupaten ProvinsiJawaTimurTahun 2010–2015), Magister Manajemen Universitas Pancasila, Jakarta

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Cetakan Ke-22). Bandung: CV. Alfabeta.

Ujang, Sumarwan (2014), Perilaku Konsumen, Penerbit Ghalia Indonesia, Bogor

Yoeti, Oka A., (2001), Strategi Pemasaran Jasa, Penerbit Gramedia Pustaka Utama, Jakarta

Downloads

Published

2023-03-25

How to Cite

Afik, A., Sudarwati, S., Aryati, I., & Sulistyowati, A. (2023). ANALYSIS OF CREDIT TAKING PT. BPR BANK KLATEN (PERSERODA). International Journal of Economics, Business and Accounting Research (IJEBAR), 7(1). https://doi.org/10.29040/ijebar.v7i1.6069

Citation Check

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>