KEPUTUSAN PEMBELIAN KERIPIK BAKSO GORENG MR. BASRENG DITINJAU DARI EFEKTIVITAS STRATEGI PEMASARAN: MEDIA SOSIAL INSTAGRAM

Authors

  • Moh. Maulana Waqid Kurniawan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mahardhika Surabaya, Indonesia
  • Leonard Adrie Manafe Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mahardhika Surabaya, Indonesia
  • Muhammad Zainul Abidin Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mahardhika Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29040/jie.v6i1.3825

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran UMKM Mr. Basreng dengan menggunakan platform media sosial dimana memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, yaitu penelitian deskriptif terkait fenomena yang terjadi dilingkungan sekitar. Informan dalam penelitian berjumlah 30 orang yang kebanyakan berdomisi di Surabaya. Teknik pengumpulan data diambil lewat lembar kuesioner yang dibagikan dan melakukan wawancara langsung kepada informan. Disamping itu pengambilan foto untuk dokumentasi selama melakukan wawancara dan pengisian kuesioner. Strategi pemasaran produk Mr. Basreng menggunakan media sosial seperti Instagram, Facebook dan Whatsapp. Mr. Basreng memilih ketiga platform tersebut karena ketertarikan konsumen dalam penggunakan media sosial. Hasil penelitian menunjukan sebanyak 63% informan Mr. Basreng adalah perempuan lebih cenderung melakukan pilihan Instagram sebagai media sosial dikarenakan fitur yang disediakan seperti content creator dan content sharing sangat menarik minat informan.

References

Amstrong & Kotler. (2012). Dasar-Dasar Pemasaran. Jilid I, Alih Bahasa Alexander Sindoro Dan Benyamin Molan. Jakarta : Penerbit Prenhalindo.

Anggita, P. A. D., & Manafe, L. A. (2021). Endorsement Sebagai Strategi Pemasaran Ditinjau Dari Etika Bisnis Pada PT Murbey Pasti Sukses. Entrepreneur: Jurnal Bisnis Manajemen Dan Kewirausahaan, 2(2), 293-301.

Chasanah, R. N., Muzammil, O. M., & Rowena, J. (2018, September). Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Generasi Millenial Pada Platform E-Commerce. In National Conference of Creative Industry.

Fadila, D., & Ridho, S. L. (2013). Perilaku Konsumen (Palembang. Penerbit Citrabooks Indonesia.

Fardiah, T. A., & Nuryani, H. S. (2019). KEPUTUSAN PEMBELIAN DI ONLINE SHOP PADA PENGGUNA MEDIA SOSIAL. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 2(1).

Gunelius, S. (2010). 30-minute social media marketing: Step-by-step techniques to spread the word about your business: Social media marketing in 30 minutes a day. McGraw Hill Professional.

Handika, M. R., & Darma, G. S. (2018). Strategi Pemasaran Bisnis Kuliner Menggunakan Influencer Melalui Media Sosial Instagram. Jurnal Manajemen Bisnis, 15(2), 192-203.

Indriawan, D. (2020). STRATEGI PROMOSI DI SOSIAL MEDIA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN JASA ANGKUTAN. JURNAL MATEMAR: MANAJEMEN DAN TEKNOLOGI MARITIM, 1(1), 44-59.

Kasmir, S. E. (2003). Kasmir, SE, MM Manajemen Perbankan.

Kotler, P., & Arinstrong, G. (2004). Dasar-Dasar Pemasaran Penerjemah Alexander Doro.

Panjaitan, P., & Prasetya, A. (2017). Pengaruh social media terhadap produktivitas kerja generasi millenial (studi pada karyawan PT. Angkasa Pura I cabang bandara internasional Juanda). Jurnal Administrasi Bisnis, 48(1), 173-180.

Prasad, S., Gupta, I. C., & Totala, N. K. (2017). Social media usage, electronic word of mouth and purchase-decision involvement. Asia-Pacific Journal of Business Administration.

Ratnasari, N., Susandy, G., & Apriandi, D. W. (2019). THE INFLUENCE OF SOCIAL MEDIA MARKETING AND ONLINE CONSUMER BEHAVIOR IN THE CITY OF SUBANG ON THE BRAND STORY OF THE INSTANT MESSENGER LINE APPLICATION. DIMENSIA (Diskursus Ilmu Manajemen STIESA), 16(2), 3-3.

Sunyoto, D. (2012). Dasar-dasar manajemen pemasaran. Yogyakarta: Caps.

Downloads

Published

2021-12-10

How to Cite

Waqid Kurniawan, M. M., Manafe, L. A., & Abidin, M. Z. (2021). KEPUTUSAN PEMBELIAN KERIPIK BAKSO GORENG MR. BASRENG DITINJAU DARI EFEKTIVITAS STRATEGI PEMASARAN: MEDIA SOSIAL INSTAGRAM. JURNAL ILMIAH EDUNOMIKA, 6(1), 64–71. https://doi.org/10.29040/jie.v6i1.3825

Citation Check