Analisis Pengaruh Perilaku Konsumtif Dan Tingkat Pendapatan Terhadap Online Shopping Pada E-Commerce Shopee Dalam Perspektif Ekonomi Islam
DOI:
https://doi.org/10.29040/jiei.v9i3.10783Keywords:
Consumptive Behavior, Income Level, Online Shopping, Shopee E-commerce, Islamic Economic Perspective.Abstract
References
Abdelina, & Makhrani. (2021). Pengaruh Pendapatan Terhadap Tingkat Konsumsi Melalui Budaya Belanja Online Pada Mahasiswa Program Studi Ekonomi Pembangunan Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan. Jurnal ESTUPRO, 6(3), 9–17.
Achmad, Y. (2022). Dasar-Dasar Ekonomi Islam. Penerbit Bahana Cerdas Hati.
Ahmad, K. (1999). Islamic Finance and Banking : The challenge of the 21 century. The Islamic Society of North Amerika.
Ainulyaqin, M. H., Saiban, K., & ... (2023). Praktek Gadai Sawah di Kabupaten Bekasi Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Jurnal Ekonomi …, 08(01), 51–60. http://journal.lppmpelitabangsa.id/index.php/jespb/article/view/258
Akbar, F., & Hidayat, S. (2022). Pengaruh Efisiensi, Kemudahan, Dan Keamanan Informasi Terhadap Minat Menggunakan Aplikasi Fintech. Jurnal Ekonomi Syariah Pelita …, 07(02), 196–204. http://journal.lppmpelitabangsa.id/index.php/jespb/article/download/597/254
APJII. (2023). Survei APJII Pengguna Internet di Indonesia Tembus 215 Juta Orang. https://apjii.or.id/berita/d/survei-apjii-pengguna-internet-di-indonesia-tembus-215-juta-orang
Bramastuti, N. (2009). Pengaruh prestasi Sekolah dan Tingkat Pendapatan Keluarga Terhadap Motivasi Berwirausaha Siswa SMK Bhakti Oetama Gondangrejo Karanganyar. Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2, 48. http://eprints.ums.ac.id/5730/1/A210050179.pdf
Elissa, I. (2013). Keputusan Pembelian Via Internet Pada Toko Online. Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Gunadarma, VIII(3), 143–152.
Ghozali, I. (2016). Konsep, Teknik dan Aplikasi Menggunakan Menggunakan Program SMARTPLS 3.0.pdf. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, I. (2021). Partial Least Squares Konsep, Teknik dan Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS 3.2.9 Untuk Penelitian Empiris (3 ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hafsyah, A. H. (2020). Pengaruh Kepuasan Konsumen, Perilaku Konsumtif, Dan Gaya Hidup Hedonis Terhadap Transaksi Online(E-Commerce). Prisma (Platform Riset Mahasiswa Akuntansi), 01(6), 94–103.
Haliza, S. N., & Habib, M. A. F. (2022). Analisis Perilaku Konsumerisme Masyarakat Pada Diskon Belanja Online Pengguna E-Commerce Shopee. Jurnal Sosiologi Dialektika Sosial, 7(2), 85. https://doi.org/10.29103/jsds.v8i2.8971
Hanum, N. (2017). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pendapatan Pedagang Kaki Lima di Kota Kuala Simpang. Jurnal Samudra Ekonomika, 1(1), 72–86. https://ejurnalunsam.id/index.php/jse/article/view/68
Hasibuan Jahro, Edy Sarwo, A. M. (2024). Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi , Keuangan & Bisnis Syariah Analisis Praktik Giveaway Dalam Jual Beli Online pada Perspektif Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi , Keuangan & Bisnis Syariah. 6(1), 737–748. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v6i1.4473
Indar Rahmani, P. (2019). Pengaruh Perilaku Konsumtif Dan Country of Origin Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik (Studi Pada Wanita Bekerja Di Wilayah Surabaya). Jurnal Ilmu Manajemen (JIM), 7(2), 507–515.
Jauharotul Amalia, R. (2022). ANALISIS PERILAKU KONSUMTIF DAN DAYA BELI KONSUMEN TERHADAP BELANJA ONLINE DI MASA PANDEMI COVID-19. Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Bisnis Islam - JIEBI, 4 No. 1.
Kadir, A. (2014). Dasar-Dasar Ekonomi Islam. Alauddin Univercity Press.
Kurniati. (2016). Teori Perilaku Konsumen Perspektif Ekonomi Islam. JESI (Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia), 6(1), 45–52. http://ejournal.almaata.ac.id/index.php/JESI/article/view/387
Lestari, D. S. T., & Ainulyaqin, M. H. (2022). Program Industrialisasi Dalam Mengatasi Kesenjangan Ekonomi Di Masyarakat: Perspektif Ekonomi Islam. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 8(1), 288. https://doi.org/10.29040/jiei.v8i1.4077
Loekamto, A. (2012). Implementasi Technology Acceptance Model (Tam) Dalam Online Shopping. Kajian Ilmiah Mahasiswa Manajemen, 1–5.
Lutfiah, L., Basri, M., & Kuswanti, H. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumtif Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Ppapk Fkip Universitas Tanjungpura Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 11(3), 1–10. https://doi.org/10.26418/jppk.v11i3.53456
Mamun, S., & Ningsih, T. H. (2021). Implementasi Strategi Layanan Teknologi Digital Banking dan Service Quality dalam Perspektif Nasabah pada Perbankan Syariah (Study kasus pada Bank Syariah Mandiri KCP Tomang). Jurnal Ekonomi Syariah Pelita Bangsa, 6(02), 223–233. https://doi.org/10.37366/jespb.v6i02.249
Mannan, A. (2012). Hukum Ekonomi Islam. PT Fajar Interpratama Mandiri.
Midsen, K., & Ahmad, A. N. (2023). Hukum Akad dan Investasi pada Asuransi dalam Perspektif Fikih Muamalah. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 9(01), 1104–1117.
Muktiali, S., & Achmad, L. I. (2023). Pemberdayaan Media Sosial dalam Upaya Memberikan Informasi Budaya SMK Armaniyah. 01(02), 299–307.
Musanna, & Hismendi, M. S. (2018). Analisis Pengaruh Perilaku Konsumtif Mahasiswa Terhadap Belanja Online (Studi Kasus Belanja Mahasiswa Menggunakan Media Sosial di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Syiah Kuala). Ilmiah Mahasiswa FISIP Unsyiah, 3(2), 224–236.
Nurjanah, R., Vyn Amzar, Y., & Rizkiah, N. (2021). Faktor-faktor yang mempengaruhi minat belanja online masyarakat (studi kasus pengikut instagram muslimah thread). E-Journal Perdagangan Industri Dan Moneter, 10(1), 25–38. https://doi.org/10.22437/pim.v10i1.16289
Paujiah, U. N., Achmad, L. I., Sakum, S., Mamun, S., & Edy, S. (2022). The Effect of Hedonism and Ease of Use of e-Commerce Feature on Excessive Consumerist Behaviour. Ta’amul: Journal of Islamic Economics, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.58223/taamul.v1i1.1
Perwitasari, P. (2022). Riset Temukan E-Commerce Terbanyak Digunakan saat Kemeriahan Akhir Tahun. Mediaindonesia.Com. https://mediaindonesia.com/ekonomi/469046/riset-temukan-e-commerce-terbanyak-digunakan-saat-kemeriahan-akhir-tahun
Rapunzel, Vekie A Rumate, I. M. (2017). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Pendapatan Pada Pemilik Warung Sembako Di Kota Manado. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 17(02), 24–35.
Saroh, S., Indriyani Achmad, L., Hamdan Ainulyaqin, M., Edy, S., Agama Islam, F., & Pelita Bangsa, U. (2023). Sebagai Instrumen Investasi Menurut Perspektif Ekonomi Islam. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 9(01), 378–386.
Septiansari, D., & Handayani, T. (2021). Pengaruh Belanja Online Terhadap Perilaku Konsumtif pada Mahasiswa di Masa Pandemi Covid-19. Teknologi, 5(1), 53–65. http://journal.lembagakita.org
Sihabudin, F., Achmad, L. I., ’Ainulyaqin, M. H., Midisen, K., & Edy, S. (2022). Analysis of Blockchain Technology and Security Principles in Cryptocurrency Transactions according to the perspective of Islamic Economics. Ta’amul: Journal of Islamic Economics, 1(1), 11–20. https://doi.org/10.58223/taamul.v1i1.2
Siregar, R. M., Susanti, N., & Aslami, N. (2023). Perilaku Konsumtif Mahasiswa Berbelanja di E-Commerce Shopee pada Masa Pandemi Dalam Perspektif Gender: As-Syirkah: Islamic Economic & Financial Journal, 2(1), 115–128. https://doi.org/10.56672/syirkah.v2i1.48
Sukron, S. M., & Windyarti. (2021). PROGRAM BUNDLING PRODUK SWB2P DALAM PERSPEKTIF SYARIAH (Studi Kasus BMT UGT Sidogiri CAPEM Cibitung). Jurnal Ekonomi Syariah Pelita Bangsa, 6(01), 30–39. https://doi.org/10.37366/jespb.v6i01.174
Sumartono& H.B Djabar. (2002). Terperangkap dalam iklan: meneropong imbas pesan iklan televise. Alfabeta.
Syahputra, A., Yunus, M., & Mahdani. (2017). Pengaruh Gaya Hidup Hedonisme, Materialisme Dan Pendapatan Terhadap Shopping Lifesyle Serta Dampaknya Pada Pembelian Impulsif Online Produk Fashion Pada Masyarakat Kota Banda Aceh. Jurnal Manajemen Dan Inovasi Vol. 8, No. 3, Oktober 2017: 65-75, 8(3), 65–75.
Syuhada, W., Midisen, K., & Mamun, S. (2022). Peran Kepemimpinan Sumber Daya Manusia, Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan Dalam Pengembangan Produk Ekonomi Syariah Di …. Jurnal Pelita Ilmu, 16(01), 64–69. https://www.jurnal.pelitabangsa.ac.id/index.php/jpi/article/download/1429/965
Triyaningsih, S. L. (2011). Dampak Online Marketing Melalui Facebook Terhadap Perilaku Konsumtif Masyarakat. Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan, 11(2), 172–177.
Veronika, A., Hamdan, M., Izaad, E., & Panggabean, A. (2023). Whishtleblowing dalam Perspektif Islam. 74–82.
www.ginee.com. (2021). Sejarah Shopee di Indonesia: Marketplace Sukses di Tanah Air. Ginee.Com. https://ginee.com/id/insights/sejarah-shopee-indonesia/
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
The copyright of the article fully belongs to the Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam and publishing rights belong entirely to LPPM STIE AAS Surakarta
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.