Praktik Pemasaran TikTok Shop Ditinjau Dari Etika Bisnis Islam
DOI:
https://doi.org/10.29040/jiei.v10i2.13370Keywords:
Marketing Practices, E-Commerce, TikTok Shop, Business EthicsAbstract
References
Adi Ahdiat. (2024). Penetrasi Internet di Indonesia Capai 79% pada 2024. Januari. https://survei.apjii.or.id/survei/
Ainulyaqin, M. H., & Edy, S. (2024). Dampak Fenomena E-Commerce Pada Tingkat Penjualan Di Pasar Tradisional Ditinjau Dari Psikologi Dan Ekonomi Islam. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 10(1), 270-284.
Al Mustaqim, D. (2023). PRINSIP SYARIAH DALAM OPERASIONAL ONLINE SHOP : ANALISIS FATWA DSN-MUI No. 146/DSN-MUI/IX/2021. AB-JOIEC: Al-Bahjah Journal of Islamic Economics, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.61553/abjoiec.v1i1.9
Alfayed, E., Ramadeli, L., Agnestasia, R., Amalina, V., Swid, Z. H. O., & Riofita, H. (2023). Analisis Strategi Pemasaean Dan Penjualan E-Commerce Pada TikTokshop. Jurna; Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 1(2), 195–2021.
Amari, R. O. (2023). TINJAUAN ETIKA BISNIS ISLAM TERHADAP STRATEGI PEMASARAN APLIKASI TIKTOK SHOP. 31–41.
Anti Fitriyatul Lailiyah, I. F., & Fageh, A. (2023). Jual Beli Online Melalui Market Place TikTok Shop Dalam Perspektif Qowaid Fiqqiyah. Bussman Journal: Indonesian Journal of Business and Management, 3(2), 658–676.
Chasanah, N., Luhita, T., & Fandestika, S. R. (2018). Implementasi E-Service Quality Pada E-Commerce Komunitas Muslimah Enterpreneur. Dinamika Rekayasa, 14(1), 29. https://doi.org/10.20884/1.dr.2018.14.1.204
Cindy Mutia Annur. (2023). Jumlah Pengguna TikTok Global Bertambah Lagi pada Kuartal I-2023. 06 Juli. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/07/06/jumlah-pengguna-TikTok-global-bertambah-lagi-pada-kuartal-i-2023
Faina, L. (2024). Analisis Tingkat Kesesuaian Syariah Dalam Proses Produksi Pewangi “Fresh†Laundry Pada Roicool Cipta Mandiri. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 10(1).
Febriana Sari, P., & Fatrianto Suyatno, D. (2023). Pengukuran Kualitas Layanan Pada Aplikasi TikTok Shop Menggunakan Metode E-Servqual Dan IPA (Importance Performance Analysis). Journal of Emerging Information Systems and Business Intelligence, 4(2), 126–135.
Hariyanto, S., & Wahyudi, A. (2023). Digital Business Ethics the Role of Government Policy on TikTok Shop Indonesia License Revocation. Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 8(4), 903–918.
Hasibuan, J., Edy, S., & Ainulyaqin, M. H. (2024). Analisis Praktik Giveaway Dalam Jual Beli Online pada Perspektif Ekonomi Syariah: Studi pada Oflaila_Busana. Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 6(1), 737-748.
Hendra Riofita. (2023). ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DAN PENJUALAN E-COMMERCE PADA TIKTOK SHOP. 1(2), 195–201.
Marbun, B., & Rasyid, A. (2022). Pengaruh TikTok shop terhadap motif belanja online mahasiswa universitas Islam riau. Jurnal Ilmu Komunikasi, 11(2), 29–40.
Marwiyah, S. L., Ainulyaqin, M. H., & Edy, S. (2023). Analisis Pengaruh Perilaku Konsumtif Dan Tingkat Pendapatan Terhadap Online Shopping Pada E-Commerce Shopee Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 9(3), 4279-4294.
Nasution, A. M., & Nawawi, Z. M. (2022). Pemanfaatan Sosial Media TikTok sebagai Strategi Promosi dalam Berwirausaha Persfektif Ekonomi Islam. Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi Dan Manajemen (JIKEM), 2(2), 3155–3163. https://ummaspul.e-journal.id/JKM/article/view/4784/2013
Nurhajijah Zulfa, Nila Nur Millah, Nuratin, K. N. (2023). Konsep maqashid syariah dalam praktik strategi pemasaran TikTok dengan landasan etika bisnis Islam. Konsep Maqashid Syariah Dalam Praktik Strategi Pemasaran TikTok Dengan Landasan Etika Bisnis Islam, 1(2), 79–94. https://doi.org/10.61553/abjoiec.v1i2.64
Oktaviani, L., Anwar, Z., & Sholiha, I. (2023). Strategi Penjualan di Aplikasi Tik Tok Dalam Perspektif Pemasaran Konvensional dan Pemasaran Syariah. At-Tasharruf" Jurnal Kajian Ekonomi Dan Bisnis Syariah", 5(2), 71–81. https://doi.org/10.32528/at.v5i2.1022
Perdana Oskar, D., Wenda Prinoya, R., Novita, W., & Johan, H. (2022). E-Commerce, Literasi Keuangan dan Gaya Hidup terhadap Perilaku Konsumtif Berbelanja Online melalui Platform TikTok. Jurnal Ekobistek, 11, 442–447. https://doi.org/10.35134/ekobistek.v11i4.434
Prameswary, T. N., & Suryaningsih, S. A. (2020). Penerapan Prinsip Etika Bisnis Islam di Lazizaa Chicken & Pizza Kedungturi Sidoarjo. Jurnal Ekonomika Dan Bisnis Islam, 3(3), 54–66. https://doi.org/10.26740/jekobi.v3n3.p54-66
Putri, D. F., & Yuliani, Y. (2023). Implikasi Etika Bisnis Dalam Perdagangan Internasional: Tinjauan Terhadap Kegiatan Ekspor Dan Impor. Jurnal Ilmiah Manajemen, Bisnis Dan Kewirausahaan, 3(2), 119–130. https://doi.org/10.55606/jurimbik.v3i2.457
Qiromah, U., Edy, S., & Ainulyaqin, M. H. (2024). Analisis Strategi Marketing Mix pada Esteh Indonesia dalam Perspektif Ekonomi Islam. Economic Reviews Journal, 3(1), 312-329.
Rehatalanit, Y. L. R. (2016). Peran E-Commerce Dalam Pengembangan Bisnis. Jurnal Teknologi Industri, 5, 63–69.
Renata, D. A. (2023). Penerapan Etika Bisnis Islam Dan Dampaknya Terhadap Kemjauan Bisnis Skincare Brand Sheriz Pada Marketplace Tik Tok Shop Dengan Sistem Affiliate. Hawalah: Kajian Ilmu Ekonomi Syariah, 2(1), 19–27. https://doi.org/10.57096/hawalah.v2i1.27
Rinawati, I., Anas, M. Y. A., & Manan, Y. M. (2021). Implementasi Etika Bisnis Islam Dalam Perspektif Manajemen Pemasaran. Al Iqtishadiyah Jurnal Ekonomi Syariah Dan Hukum Ekonomi Syariah, 7(2), 126. https://doi.org/10.31602/iqt.v7i2.5706
Sari, M. N., Septrizarty, R., Farlina, W., Kahar, A., & Nurofik, A. (2022). Analysis Of Msme Business Strategies Through The Utilization Of Social Media TikTok Shop. Journal of Economic and Management Scienties, 5(1), 1–9.
Zulfa, N., Millah, N. N., Nuratin, N., & Novitasari, K. (2023). Konsep Maqashid Syariah Dalam Praktik Strategi Pemasaran TikTok Dengan Landasan Etika Bisnis Islam. AB-JOIEC: Al-Bahjah Journal of Islamic Economics, 1(2), 79–94. https://doi.org/10.61553/abjoiec.v1i2.64
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
The copyright of the article fully belongs to the Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam and publishing rights belong entirely to LPPM STIE AAS Surakarta
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.