PHENOMENA VILLAGE MARKET DEVELOPMENT POLICIES THROUGH TECHNOLOGY-BASED MARKET SCHOOL PROGRAMS

Reno Candra Sangaji, Sugiyanto Sugiyanto

Abstract

Pemerintah Kalurahan Condongcatur selaku penanggung jawab pasar Kolombo bekerjasama dengan Mubyarto Institute, melakukan riset dan menyelenggarakan sekolah pasar berbasis teknologi informasi. Kebijakan ini untuk mengurangi dampak negatif perkembangan kemajuan teknologi bagi pedagang pasar di pasar Kolombo. Penelitian fenomeno kebijakan pengembangan pasar desa melalui program sekolah berbasis teknologi mengunakan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, interview dan studi dokumentasi. Keabsaan data diproses melalui uji deraajat kepercayaan, uji keteralihan, uji kebergantungan dan uji kepastian. Sampling 18 pedagang pasar dipilih dengan teknik sampling purposive selanjutnya data dianalisis mengikuti kaidah kualitatif Creswell (2016). Penelitian ini bertujuan mengekplorasi bagaimana fenomenaa kebijakan revitalisasi pasar desa melalui Program Digitalisasi Pasar di Pasar Kolombo Kalurahan Condongcatur. Hasil penelitian menunjukan pedagang mampu melakukan penjualan berbasis teknologi informasi melalui media facebook page pasar kolombo, instraagram @pasarkolombo, Twitter @pasar kolombo dan email pasardesakolombo@gmail.com. Kebijakan revitaslisasi pemerintah Kalurahan Condongcatur diterima oleh pedagang pasar dan masyarakat sebab pedagang mampu meningkatkan omsetnya dan masyrakat dapat berbelanja dengan aplikasi secara praktis, efisien dan fleksibel.
Kata Kunci : Fenomena, Kebijakan, Digitalisasi, Revitalisasi Pasar Kolombo

Full Text:

PDF

References

Ariyani, N. I., & Nurcahyono, O. H. (2014). DIGITALISASI PASAR TRADISIONAL. Jurnal Analisa Sosiologi, 3(April), 1–12.

Awan Santoso. (2021). Laporan Akhir Sekolah Pasar Rakyat Di Pasar Kolombo Kalurahan Condongcatur Untuk Penguatan Kelembagaan Pasar dan Pembuatan Fasilitas Belanja Daring. Mubyarto Institute UGM.

Awan, S., Imam, S., & Sumiyarsih, S. (2020). Digitalisasi Pasar Tradisional Di Masa Pandemi. MBridge Press, Yogyakarta.

Budiarta, Kustoro, Ginting, S. O., & Simarmata, J. (2020). Ekonomi dan Bisnis Digital. Yayasan Kita Menulis.

Creswell, J. W. (2010). Research Design, Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed (A. Fawaid (ed.); 1st ed.). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Creswell, John W. (2016). Reflections on the MMIRA The Future of Mixed Methods Task Force Report. Journal of Mixed Methods Research, 10(3), 215–219. https://doi.org/10.1177/1558689816650298

Dahlberg, K., Dahlberg, H., & Nyström, M. (2008). Reflective Lifeworld Research. IndoPacific Journal of Phenomenology, 9(May), 1–3. http://www.amazon.com/Reflective-Lifeworld-Research-Karin-Dahlberg/dp/9144049250

Fuad, M. (2006). Pengantar Bisnis (V). PT Gramedia Pustaka Utama.

Garza, G. (2007). Varieties of phenomenological research at the University of Dallas: An emerging typology. Qualitative Research in Psychology, 4(4), 313–342. https://doi.org/10.1080/14780880701551170

Giorgi, A. (1997). The theory, practice and evaluation of the phenomenological method as a qualitative research procedure. Journal of Phenomenological Psychology, 28, 235–260. https://doi.org/10.1163/156916297X00103

Herdiansyah, H. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Salemba Humanika.

Husserl, E. (1983). Phenomenology and the foundations of the sciences (Original w). Boston: Martinus Hijhoff Publishers.

Littlejohn, S. W., & Karen, A. F. (2009). Encyclopedia of communication theory.

Lofland dan Lofland dikutip oleh Dr.Lexy J Moleong. (2006). Metode Penelitian Kualitatif. bandung : Rosdakarya.

Moleong, L. J. (2012). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung.

Moustakas, C. (1994). Phenomenological Research Methods. Thousand Oaks, CA: Sage.

Mubyarto. (2021). Sekolah Pasar Rakyat di Pasar Kolombo Kalurahan Condongcatur. Sleman: Mubyarto Institut.

Permana, I. P. H., Meinarni, N. P. S., Desnanjaya, I. G. M. N., Radhitya, M. L., & Winatha, K. R. (2021). Pemanfaatan Teknologi Informasi Untuk Bisnis UMKM. STMIK STIKOM INDONESIA. website: https://stiki-indonesia.ac.id

Rohimah, A. (2019). Era Digitalisasi Media Pemasaran Online dalam Gugurnya Pasar Ritel Konvensional. KANAL: Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(2), 91. https://doi.org/10.21070/kanal.v6i2.1931

Sugiyanto. (2004). Yogyakarta Kota Pendidikan Dan Ekonomi Alternatif. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 3(3), 523–547. https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.7594

Sugiyanto, & Musoli. (2017). Pengembangan Kreativitas Sumberdaya Manusia Pelaku Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Dinas Koperasi Ukm Tenaga Kerja Dan Transmigrasi. Jurnal Bisnis Teori Dan Implementas, 8(2), 136–144. http://journal.umy.ac.id/index.php/bti

Refbacks

  • There are currently no refbacks.