HEDONIC SHOPPING MOTIVATION: IMPULSE BUYING IN SURABAYA CONSUMER

Authors

  • Fachrudy Asj’ari
  • I Made Bagus Dwiarta Department of Management Faculty of Economics Universitas PGRI Adi Buana, Indonesia
  • Sigit Prihanto Utomo
  • Hartono Hartono

DOI:

https://doi.org/10.29040/ijebar.v5i4.3430

Abstract

This research intended to asses the hedonic shopping motivation to the royal plaza Surabaya consumer impulse buying which must be performed in connection with performance of the employee. This research was conducted at the royal plaza Surabaya which covered consumer as respondent. This research by utilizing Structural Equation Modeling (SEM), the technique was processed with AMOS program 6.0 to analyze some hypothesis. The intercorrelation models between these variables in this study revealed that hypothesis have significant correlation. The result of this research were empirical date of the development of the theoretical of marketing and practice management.

References

Amalia, Yunie. 2017. Pengaruh Hedonic Shopping Motivation dan Faktor Demoografis Terhadap Impulsive Buying Pengunjung Mal. Skripsi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Darma, Lizamary Angelina dan Japarianto, Edwin. 2014. Analisis pengaruh hedonic shopping value terhadap impulse buying dengan shopping lifestyle dan positive emosi sebagai variabel intervening pada mall ciputra word Surabaya. Jurnal manajemen pemasaran. 8(2): 80-89.

Hermanto, Elleinda Yulia. 2016. Pengaruh Fashion Involvement Terhadap Impulse Buying Behavior Masyarakat Surabaya dengan Hedonic Shopping Motivation dan Positive Emotion Sebagai Variabel Intervening Pada Merek Zara. Jurnal Manajemen Pemasaran. 10(1) : 11-19.

Kosyu, Dayang Asning dan Kadarisman Hidayat dan Yusri Abdillah. 2014. Pengaruh Hedonic Shopping Motives Terhadap Shopping Lifestyle Dan Impulse Buying (Survey Pada Pelanggan Outlet Stradivarius Di Galaxy Mall Surabaya). Jurnal Administrasi Bisnis. 14(2): 1-7.

Mowen, Jhon C dan Michael Minor. 2002. Perilaku Konsumen. Edisi 5. Jakarta : Erlangga.

Ntuna, Liliyanti. 2015. Hubungan Antara Emosi Positif Dan Pembelian Impulsif Pada Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Paramita, Adiska Octa dan Zainul Arifin dan Sunarti. 2014. Pengaruh Nilai Belanja Hedonis Terhadap Pembelian Impulsif Pada Toko Online Denga Emosi Positif Sebagai Variabel Perantara. Jurnal Administrasi Bisnis. 8(2) : 1-9. Pasien Gigi. Skripsi. Universitas Sumatera Utara Medan.

Silaen, Sofar dan Widiyono. 2013. Metodelogi Penelitian Sosial Untuk Penulisan Skripsi Dan Tesis. Jakarta: In Media.

Sopiah dan Syihabuddin. 2008. Manajemen Bisnis Ritel. Edisi 1. Yogyakarta : Andi Offset.

Subagio, Hartono. 2011. Pengaruh Atribut Supermarket Terhadap Motif Belanja Hedonic Motif Belanja Utilitarian Dan Loyalitas Konsumen. Jurnal Manajemen Pemasaran. 6(1): 8-21.

Sutisna. 2002. Perilaku Konsumen Dan Komunikasi Pemasaran. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Tjantoko, Laura Elisabeth dan Edwin Japarianto. 2015. Analisa Penganruh Promosi Dan Hedonic Motivation Terhadap Impulse Buying Di Ron’s Laboratory Galaxy Mall Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran. 3(1) : 1-7.

Tjiptono, F. 2008. Pemasaran Strategik. Yogyakarta: Andi.

Utami, Chistina Whidya. 2010. Manajemen Ritel Strategi Dan Implementasi Operasional Bisnis Ritel Modern Di Indonesia. Jakarta: Salemba Empat.

Yanthi, Devi dan Edwin Japarianto. 2014. Analisis Pengaruh Hedonic Shopping Tendency Dan Visual Merchandising Terhadap Impulse Buying Dengan Positive Emotion Sebagai Variabel Intervening Pada Area Ladies Matahari Department Store Tunjungan Plaza Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran. 2(2): 1-9.

Yistiani, Ni Nyoman Manik dan Ni Nyoman Kerti Yasa dan I G A Ketut Gede Suasana. 2012. Pengaruh Atmosfer Gerai Dan Pelayanan Ritel Terhadap Nilai Hedonik Dan Pembelian Impulsif Pelanggan Matahari Department Store Duta Plaza Di Denpasar. Jurnal Manajemen Strategi Bisnis Dan Kewirausahaan. 6(2): 139-149.

Downloads

Published

2021-12-28

How to Cite

Asj’ari, F., Dwiarta, I. M. B., Utomo, S. P., & Hartono, H. (2021). HEDONIC SHOPPING MOTIVATION: IMPULSE BUYING IN SURABAYA CONSUMER. International Journal of Economics, Business and Accounting Research (IJEBAR), 5(4). https://doi.org/10.29040/ijebar.v5i4.3430

Citation Check

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>