PURCHASING DECISION: DO YOU NEED SERVICE QUALITY, PRODUCT QUALITY AND WORD OF MOUTH?

Midori Aiko Yano, Mastur Mujib Ikhsani, Tri Septin Puji Rahayu, Alfato Yusnar Kharismasyah

Abstract

This study aims to analyze the effect of service quality, product quality and word
of mouth on purchasing decisions. The population is consumers at Purwokerto
Cosmetic Warehouse. The sample of this study amounted to 100 respondents
with the roscoe quota technique. The data analysis technique used is Structural
Equation Modeling (SEM) Part Least Square (PLS). The results of this study
show that service quality has a positive effect on purchasing decisions, product
quality has a positive effect on purchasing decisions, word of mouth has a
positive effect on purchasing decisions.

Keywords: Purchasing decision, quality of service, product quality, word of mouth

Full Text:

PDF

References

Agustini, N. P. E., & Suasana, I. Gst. A. Kt. Gd. (2020). Pengaruh Ekuitas Merek, Harga Dan

Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Gerai Starbucks Di Bali.

Buletin Studi Ekonomi, 52. https://doi.org/10.24843/bse.2020.v25.i01.p04

Ajrina, R. T., & Prihatini, A. E. (2020). Pengaruh Kualitas Produk dan Word Of Mouth

Terhadap Keputusan Pembelian Produk Lipstik Revlon (Studi Pada Konsumen

Lipstik Revlon Di Kota Semarang). In Jurnal Administrasi Bisnis: Vol. IX.

Apriani, S., & Khairul Bahrun. (2021). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk Terhadap

Keputusan Pembelian Kosmetik Maskara Maybelline.

Astini, N. L. P., & Amrita, N. D. A. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Keragaman

Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada CV Mutiara Permai

Cantika Kosmetik Di Gianyar. WACANA EKONOMI (Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan

Akuntansi), 22(1), 42–51. https://doi.org/10.22225/we.22.1.2023.42-51

Chu, S., & Kim, J. (2018). The current state of knowledge on electronic word-of-mouth in

advertising research.

Chu, S.-C., & Kim, J. (2018). International Journal Of Advertising (S.-C. Chu & J. Kim, Eds.;

Vol. 37).

Cynthia, D., Hermawan, H., & Izzudin, A. (2022). Pengaruh Lokasi Dan Kualitas Pelayanan

Terhadap Keputusan Pembelian.

Dwi, D. M. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Diskon, Dan Keputusan pembelian

Online Maharani prima Skin Care Di Blitar.

Falaah, A. (2020). Pengaruh Promosi, Kualitas Produk, Label Halal Dan Harga Terhadap

Keputusan Pembelian Konsumen Wardah Exclusive Matte Lip Cream (Studi Kasus

pada Konsumen Toko Agung Supplier Purwokerto) SKRIPSI.

Hapsari, F. (2023). Pengaruh Store Atmosphere, Kelengkapan Produk Dan Experiental

Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Di Gudang Kosmetik Purwokerto.

Herliani, Maryono, & Hidayati, N. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Kepercayaan Merek,

dan Komunikasi dari Mulut Ke Mulut terhadap Keputusan Pembelian Produk

Skincare Korea Pada Konsumen di Banjarmasin. 2(2), 1–9.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2016). Prinsip-prinsip Pemasaran (12th ed., Vol. 1).

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Manajemen Pemasaran (12th ed., Vol. 1). PT. Indeks.

Kusnadi, A. H. (2020). Pengaruh Product Involment Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan

Pembelian Kosmetik Asal Korea Merek Etude The House (Studi Kasus Konsumen

di Kota Medan).

Larasati, F. S., Safitri, R. U., Rahayu, P. L., Ekonomi, F., & Boyolali Jl Pandanaran No, U.

(2021). Pengaruh Kualitas Produk, Promosi Dan Potongan Harga Terhadap

Keputusan Pembelian Produk Wardah Kosmetik (Studi Kasus Pada Keputusan

Pembelian Produk Wardah Kosmetik Di Toko Eviaa Cosmetik Kartasura). Jurnal

Ilmu Manajemen Dan Akuntansi, 9(2), 2021.

Latifah, F., Pujianto, A., & Mulyati, D. J. (2023). Analisis Komparasi Word Of Mouth, Promosi

Melalui Instagram Dan Keputusan Pembelian Studi Kasus Toko Kosmetik

Pandalovely Dan Ayucitra Cosmetics.

Maimunah, S., Putri, Y. D., & Suriana. (2023). Pengaruh Labelisasi BPOM, Word of Mouth

dan Faktor Psikologis Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Produk Fair and

Lovely.

Manafe, R. G. K., Goenadhi, lydia, & Maulidayamti. (2020). Pengaruh Citra Merek Dan

Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Lip Cream Merek Makeover

(Studi Kasus Toko Princess Banjarnegara) (Vol. 21, Issue 2).

Nababan, W. M. C. (2023). www.kompas.id.

https://www.kompas.id/baca/ekonomi/2023/07/23/pertumbuhan-industrikecantikan-ditopang-impor-bahan-baku

Nafiisah, adatun, Nuringwahyu, S., & Krisdianto, D. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan

Testimoni Produk Di Media Sosial Terhadap keputusan Pembelian (Studi Di Toko

Kosmetik Griya Ayu Gresik ). In JIAGABI (Vol. 10, Issue 2).

Nicelocal.id. (2023). https://nicelocal.id/jawa-tengah/shops/gudang_kosmetik_purwokerto/

Nuriyah, S., Ekonomi, F., Universitas, B., Gresik, M., Alamat, ), & Surianto, M. A. (2022).

Pengaruh Citra Toko, Harga, Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian

Pelanggan Pada Toko Bening Bungah Program Studi Manajemen S1 (Vol. 2, Issue

.

Pangastuti, J., Sudjiono, S., & Prastiti, E. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga

Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah Pada Counter Wardah

Di Borobudur Kediri. JIMEK : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi, 2(1), 69.

https://doi.org/10.30737/jimek.v2i1.424

Peter, & Olson. (2018). Perilaku Konsumen & Strategi Pemasaran.

Prabowo, F. I., Keke, Y., & Istidjab, B. (2021). Pengaruh Strategi Pemasaran Dan Kualitas

Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di PT Sarana Bandar

Logistik. https://doi.org/10.9744/pemasaran.15.2.75─82

Prasetya, A. Y., Ernah, & M, D. A. M. (2022). Analisis Pengaruh Religiusitas, Label Halal Dan

Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah Di Toko

Candra Semarang. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Akuntansi Terapan (JIMAT), 13(2).

Prasetyo, A., Fadhilah, M., & Cahyani, P. D. (2021). Pengaruh Store Atmosphere, Kualitas

Pelayanan, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada

Mahasiswa Konsumen Produk Dazzle Di Yogyakarta). In Jurnal Manajemen

Diversifikasi (Vol. 1, Issue 4). www.instagram.com/dazzleyogyakarta

Puspasari, M., Afriliani, N., & Oktariani. (2023). Pengaruh Word Of Mouth Brand Image Dan

Brand AwarnessTerhadap Keputusan Pembelian Lipstik Pixy.

Sa’diyah, N. (2022, September 30). PDberger.com. PDberger.Com.

https://pdberger.com/toko/kosmetik-purwokerto

Saputra, E. (2023). Pengaruh Persepsi Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan

Pembelian.

Saputra, G. W., & Ardani, I. G. A. K. S. (2020). Pengaruh Digital Marketing, Word Of Mouth,

Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian. E-Jurnal Manajemen

Universitas Udayana, 9(7), 2596.

https://doi.org/10.24843/ejmunud.2020.v09.i07.p07

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. CV. Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Statistika Untuk Penelitian. CV. Alfabeta.

Tjiptono. (2014). Pemasaran Jasa. Bayumedia Publishing.

UkmIndonesiaid. (2022, August 8). Pentingnya Ulasan, Bintang, dan Data Laporan.

UkmIndonesiaid.

Ustazah, R. P., & Prabowo, R. E. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga dan Word

of Mouth terhadap Keputusan Pembelian Sabun Pembersih Wajah Merek Pond’s di

Kota Semarang. SEIKO : Journal of Management & Business, 6(1), 734–741.

Wulandari, L., & Saragih, D. R. U. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, dan

Suasana Toko terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah di Watsons dan

Guardian Mall Cipinang Indah.

Wulansari, E. (2022). Pengaruh Citra Merek, Word Of Mouth dan Harga Terhadap Keputusan

Pembelian Produk Kosmetik Pixy.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.