PURCHASING DECISION: DO YOU NEED SERVICE QUALITY, PRODUCT QUALITY AND WORD OF MOUTH?
Abstract
of mouth on purchasing decisions. The population is consumers at Purwokerto
Cosmetic Warehouse. The sample of this study amounted to 100 respondents
with the roscoe quota technique. The data analysis technique used is Structural
Equation Modeling (SEM) Part Least Square (PLS). The results of this study
show that service quality has a positive effect on purchasing decisions, product
quality has a positive effect on purchasing decisions, word of mouth has a
positive effect on purchasing decisions.
Keywords: Purchasing decision, quality of service, product quality, word of mouth
Full Text:
PDFReferences
Agustini, N. P. E., & Suasana, I. Gst. A. Kt. Gd. (2020). Pengaruh Ekuitas Merek, Harga Dan
Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Gerai Starbucks Di Bali.
Buletin Studi Ekonomi, 52. https://doi.org/10.24843/bse.2020.v25.i01.p04
Ajrina, R. T., & Prihatini, A. E. (2020). Pengaruh Kualitas Produk dan Word Of Mouth
Terhadap Keputusan Pembelian Produk Lipstik Revlon (Studi Pada Konsumen
Lipstik Revlon Di Kota Semarang). In Jurnal Administrasi Bisnis: Vol. IX.
Apriani, S., & Khairul Bahrun. (2021). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk Terhadap
Keputusan Pembelian Kosmetik Maskara Maybelline.
Astini, N. L. P., & Amrita, N. D. A. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Keragaman
Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada CV Mutiara Permai
Cantika Kosmetik Di Gianyar. WACANA EKONOMI (Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan
Akuntansi), 22(1), 42–51. https://doi.org/10.22225/we.22.1.2023.42-51
Chu, S., & Kim, J. (2018). The current state of knowledge on electronic word-of-mouth in
advertising research.
Chu, S.-C., & Kim, J. (2018). International Journal Of Advertising (S.-C. Chu & J. Kim, Eds.;
Vol. 37).
Cynthia, D., Hermawan, H., & Izzudin, A. (2022). Pengaruh Lokasi Dan Kualitas Pelayanan
Terhadap Keputusan Pembelian.
Dwi, D. M. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Diskon, Dan Keputusan pembelian
Online Maharani prima Skin Care Di Blitar.
Falaah, A. (2020). Pengaruh Promosi, Kualitas Produk, Label Halal Dan Harga Terhadap
Keputusan Pembelian Konsumen Wardah Exclusive Matte Lip Cream (Studi Kasus
pada Konsumen Toko Agung Supplier Purwokerto) SKRIPSI.
Hapsari, F. (2023). Pengaruh Store Atmosphere, Kelengkapan Produk Dan Experiental
Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Di Gudang Kosmetik Purwokerto.
Herliani, Maryono, & Hidayati, N. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Kepercayaan Merek,
dan Komunikasi dari Mulut Ke Mulut terhadap Keputusan Pembelian Produk
Skincare Korea Pada Konsumen di Banjarmasin. 2(2), 1–9.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2016). Prinsip-prinsip Pemasaran (12th ed., Vol. 1).
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Manajemen Pemasaran (12th ed., Vol. 1). PT. Indeks.
Kusnadi, A. H. (2020). Pengaruh Product Involment Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan
Pembelian Kosmetik Asal Korea Merek Etude The House (Studi Kasus Konsumen
di Kota Medan).
Larasati, F. S., Safitri, R. U., Rahayu, P. L., Ekonomi, F., & Boyolali Jl Pandanaran No, U.
(2021). Pengaruh Kualitas Produk, Promosi Dan Potongan Harga Terhadap
Keputusan Pembelian Produk Wardah Kosmetik (Studi Kasus Pada Keputusan
Pembelian Produk Wardah Kosmetik Di Toko Eviaa Cosmetik Kartasura). Jurnal
Ilmu Manajemen Dan Akuntansi, 9(2), 2021.
Latifah, F., Pujianto, A., & Mulyati, D. J. (2023). Analisis Komparasi Word Of Mouth, Promosi
Melalui Instagram Dan Keputusan Pembelian Studi Kasus Toko Kosmetik
Pandalovely Dan Ayucitra Cosmetics.
Maimunah, S., Putri, Y. D., & Suriana. (2023). Pengaruh Labelisasi BPOM, Word of Mouth
dan Faktor Psikologis Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Produk Fair and
Lovely.
Manafe, R. G. K., Goenadhi, lydia, & Maulidayamti. (2020). Pengaruh Citra Merek Dan
Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Lip Cream Merek Makeover
(Studi Kasus Toko Princess Banjarnegara) (Vol. 21, Issue 2).
Nababan, W. M. C. (2023). www.kompas.id.
https://www.kompas.id/baca/ekonomi/2023/07/23/pertumbuhan-industrikecantikan-ditopang-impor-bahan-baku
Nafiisah, adatun, Nuringwahyu, S., & Krisdianto, D. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan
Testimoni Produk Di Media Sosial Terhadap keputusan Pembelian (Studi Di Toko
Kosmetik Griya Ayu Gresik ). In JIAGABI (Vol. 10, Issue 2).
Nicelocal.id. (2023). https://nicelocal.id/jawa-tengah/shops/gudang_kosmetik_purwokerto/
Nuriyah, S., Ekonomi, F., Universitas, B., Gresik, M., Alamat, ), & Surianto, M. A. (2022).
Pengaruh Citra Toko, Harga, Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian
Pelanggan Pada Toko Bening Bungah Program Studi Manajemen S1 (Vol. 2, Issue
.
Pangastuti, J., Sudjiono, S., & Prastiti, E. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga
Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah Pada Counter Wardah
Di Borobudur Kediri. JIMEK : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi, 2(1), 69.
https://doi.org/10.30737/jimek.v2i1.424
Peter, & Olson. (2018). Perilaku Konsumen & Strategi Pemasaran.
Prabowo, F. I., Keke, Y., & Istidjab, B. (2021). Pengaruh Strategi Pemasaran Dan Kualitas
Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di PT Sarana Bandar
Logistik. https://doi.org/10.9744/pemasaran.15.2.75─82
Prasetya, A. Y., Ernah, & M, D. A. M. (2022). Analisis Pengaruh Religiusitas, Label Halal Dan
Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah Di Toko
Candra Semarang. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Akuntansi Terapan (JIMAT), 13(2).
Prasetyo, A., Fadhilah, M., & Cahyani, P. D. (2021). Pengaruh Store Atmosphere, Kualitas
Pelayanan, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada
Mahasiswa Konsumen Produk Dazzle Di Yogyakarta). In Jurnal Manajemen
Diversifikasi (Vol. 1, Issue 4). www.instagram.com/dazzleyogyakarta
Puspasari, M., Afriliani, N., & Oktariani. (2023). Pengaruh Word Of Mouth Brand Image Dan
Brand AwarnessTerhadap Keputusan Pembelian Lipstik Pixy.
Sa’diyah, N. (2022, September 30). PDberger.com. PDberger.Com.
https://pdberger.com/toko/kosmetik-purwokerto
Saputra, E. (2023). Pengaruh Persepsi Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan
Pembelian.
Saputra, G. W., & Ardani, I. G. A. K. S. (2020). Pengaruh Digital Marketing, Word Of Mouth,
Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian. E-Jurnal Manajemen
Universitas Udayana, 9(7), 2596.
https://doi.org/10.24843/ejmunud.2020.v09.i07.p07
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. CV. Alfabeta.
Sugiyono. (2016). Statistika Untuk Penelitian. CV. Alfabeta.
Tjiptono. (2014). Pemasaran Jasa. Bayumedia Publishing.
UkmIndonesiaid. (2022, August 8). Pentingnya Ulasan, Bintang, dan Data Laporan.
UkmIndonesiaid.
Ustazah, R. P., & Prabowo, R. E. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga dan Word
of Mouth terhadap Keputusan Pembelian Sabun Pembersih Wajah Merek Pond’s di
Kota Semarang. SEIKO : Journal of Management & Business, 6(1), 734–741.
Wulandari, L., & Saragih, D. R. U. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, dan
Suasana Toko terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah di Watsons dan
Guardian Mall Cipinang Indah.
Wulansari, E. (2022). Pengaruh Citra Merek, Word Of Mouth dan Harga Terhadap Keputusan
Pembelian Produk Kosmetik Pixy.
Refbacks
- There are currently no refbacks.