ANTARA PERSEPSI DAN PENGARUH LINGKUNGAN TERDEKAT, FAKTOR PENENTU KONSUMEN PADA PEMBELIAN SEPEDA MOTOR “HONDA”

Authors

  • Andri Nurtantiono Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Surakarta, Indonesia
  • Ismail Marzuki Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Surakarta
  • Aditya Chinintyawan Kayohakicky Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Surakarta, Indonesia
  • Maruti Oktalina

DOI:

https://doi.org/10.29040/jie.v5i2.2988

Abstract

The purpose of this study was to analyze the influence of family, reference groups and perceptions on purchasing decisions for Honda motorcycles in Surakarta City. This research approach uses quantitative research methods, in the form of empirical research with the object of the people of Surakarta City who have Honda motorcycles with 128 respondents as the research sample. All hypotheses in this study were proven, namely that either partially or simultan the Family, Reference Groups and Perceptions Variables had a significant positive effect on purchasing decisions. Perception Variables become the dominant variable influencing the Purchase Decision. Keywords : Purchase Decision, Family, Reference Group, Perception

References

Andrianto. (2014). Pengaruh faktor-faktor sosial terhadap keputusan konsumen melakukan pembelian motor merek Honda pada PT. Nusantara Surya Sakti di Kabupaten Malinau. eJournal Ilmu Administrasi Bisnis, 2(2), 275-289.

Ferrinadewi, E. (2008). Merek dan Psikologi Konsumen :Implikasi pada Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Graha ilmu.

Hair, J.F. JR., Anderson, R.E, Tatham, R.L. & Black, W.C. (2006). Multivariate Data Analysis. Six Edition. New Jersey: Pearson Educational, Inc.

Haryono, G. (2017). Analisis persepsi konsumen, kelompok referensi dan keluarga Terhadap Keputusan Pembelian pada Mahasiswa STIE-Sak pada Pembelian Samsung. Jurnal EKOBISTEK Fakultas Ekonomi, 6(2), 200-207

Hendratono, T. (2017). Pengaruh Persepsi Harga dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Online Travel Agent Traveloka di Jakarta. Jurnal Hospitality dan Pariwisata., 3(2), 294-374.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2004). Principles of Marketing (10th ed.). New Jersey: Prentice Hall.

Kotler, P., & Lane, K. K. (2007). Manajemen Pemasaran. Edisi 13 Jilid 1. Jakarta: PT. Indek.

Lailasari, Hufron, M., & Khairul. (2017). Analisis pengaruh faktor lingkungan eksternal terhadap keputusan pembelian handphone layar sentuh merek Samsung di kalangan mahasiswa FE UNISMA. e-jurnal Riset Manajemen, 1(1), 139-151.

Listyorini, S. (2012). Analisis Faktor-faktor gaya hidup dan pengaruhnya terhadap pembelian rumah sehat sederhana (Studi pada pelanggan perumahan Puri Dinar Mas PT. Ajisaka di Semarang). Jurnal Administrasi Bisnis, 1(1), 12-24.

Novita, N.N., Sulistyowati, L., & Musfar, T. F. (2014). Pengaruh keluarga dan kelompok referensi terhadap keputusan konsumen membeli kosmetika khusus pria (studi kasus merek Vaseline Men di Pekanbaru). JOM Fekon. 1(2), 1-11.

Prasetyo, A. Y., Fauzi DH, A., & Sanawiri, B. (2018). Pengaruh persepsi terhadap keputusan pembelian (survei pada mahasiswa S1 Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis angkatan 2014/2015, 2015/2016, dan 2016/2017 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya yang membeli dan menggunakan sepatu Converse). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 61(3), 207-214.

Putra, F. D. (2017). Analisis pengaruh keluarga, kelompok referensi, dan persepsi konsumen terhadap keputusan pembelian Smartphone Android merek Samsung (studi kasus pada mahasiswa Universitas Sanata Dharma Yogyakarta). Skripsi. Universitas Sanata Dharma Yogyakarta

Santoso, R. P. (2018). Analisa faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam membeli makanan Gethuk Pisang khas Kediri (studi pada konsumen yang membeli makanan Gethuk Pisang khas Kediri di Pertokoan Pusat Oleh-oleh Jalan Patimura dan Jalan Kertosono-Kediri).. e-jurnal Manajemen, 1(2), 33-40.

Sari, A. K. (2013). Pengaruh Citra Merek dan Keluarga Terhadap Keputusan Pembelian Honda Beat. Jurnal Ilmu Manajemen, 1(1), 285-296.

Schiffman, L. G., & Kanuk, L. L. (2007). Perilaku Konsumen. Jakarta: PT. Indeks.

Schiffman, L. G., & Wisenblit, J. (2015). Consumer Behaviour. London: Pearson Education Limited.

Sumarwan, U. (2011). Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya Dalam Pemasaran. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.

Syahrum, & Salim. (2012.). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Bandung: Citapustaka Media.

Towoliu, J. E., & Tumbuan, W. (2017). Pengaruh faktor pribadi dan faktor keluarga terhadap keputusan pembelian di rumah makan Waroeng Tepi Laut Manado. Jurnal EMBA, 5(2), 308 – 322.

Downloads

Published

2021-08-28

How to Cite

Nurtantiono, A., Marzuki, I., Kayohakicky, A. C., & Oktalina, M. (2021). ANTARA PERSEPSI DAN PENGARUH LINGKUNGAN TERDEKAT, FAKTOR PENENTU KONSUMEN PADA PEMBELIAN SEPEDA MOTOR “HONDA”. JURNAL ILMIAH EDUNOMIKA, 5(02), 1360–1370. https://doi.org/10.29040/jie.v5i2.2988

Citation Check