PENGARUH PENYAJIAN LAPORAN KEUANGAN DAERAH TERHADAP AKUNTABILITAS PENGELOLAAN KEUANGAN DAERAH (STUDI PADA SATUAN KERJA PERANGKAT DAERAH KABUPATEN PONOROGO)

Authors

  • Titin Eka Ardiana Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Indonesia
  • Nanang Cendriono Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Indonesia
  • Diana Pramudya Wardhani Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29040/jie.v8i4.16393

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penyajian laporan keuangan daerah terhadap akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah (studi pada Satuan Kerja Perangkat Daerah Kabupaten Ponorogo). Adapun yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah pengaruh penyajian laporan keuangan daerah secara parsial terhadap akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah. Populasi dalam penelitian ini adalah pegawai perangkat daerah Kabupaten Ponorogo yang terlibat langsung dalam pengelolaan keuangan daerah meliputi Kepala Bagian Keuangan, Bendahara, dan Staff Keuangan. Teknik sampling yang digunakan oleh peneliti adalah metode purposive sampling. Data yang diambil untuk melakukan penelitian ini adalah data primer dengan menggunakan instrumen kuesioner. Pengujian analisis kualitas data digunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Kemudian untuk pengujian hipotesis menggunakan uji koefisien regresi secara persial (uji t), uji signifikansi simultan, dan koefisien determinan. Metode analisis data yang digunakan adalah regresi linier sederhana. Rencana luaran dalam penelitian ini adalah artikel jurnal nasional terakreditasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penyajian laporan keuangan daerah berpengaruh terhadap akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah. Artinya, semakin baik penyajian laporan keuangan daerah, maka akan semakin meningkat juga akuntabilitas pengelollan keuangan daerah.

References

Alim, S. A., Mawardi, M., & Bafadhal, A. S. (2018). Pengaruh Persepsi Label Halal Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fesyen Muslim. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Vol. 62 No. 1, 127-134.

Amilia, S. (2017). Pengaruh Citra Merek, Harga, dan Kualitas Produk terhadap. Jurnal Manajemen Dan Keuangan, Vol.6, No.1, 660-669.

Aristo, S. F. (2016). Pengaruh Produk, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen WOLES CHIPS. Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis Vol. 1, No.4, 1-7.

Dianah, N., & Welsa, H. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Manajemen Vol 7, No 1 (2017), 16-26.

Fakaubun, U. F. (2019). Pengaruh Citra Merek Terhadap Minat Beli Ulang Sepatu. Jurnal Manajemen Volume 4 Nomor 2 September 2019, 1-14.

Fatriana, E. (2016). Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Android Samsung Di Kota Palembang. Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Terapan , 1-8.

Fiani, M., & Japarianto, E. (2012). Analisa Pengaruh Food Quality Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Roti Kecik Toko Roti Ganep’s Di Kota Solo. Jurnal Manajemen Pemasaran Vol. 1, No. 1, , 1-6.

Giri, I. W., & Jatra, I. M. (2014). Pengaruh Promosi Dan Citra Merek. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana.

Karlina, N. N., & Seminari, N. (2015). Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pt. Karya Pak Oles Tokcer Denpasar. E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 4, No. 6, 2015: 1610-1623, 1610-1623.

Ong, I. A., & Sugiharto, D. (2013). Analisa Pengaruh Strategi Diferensiasi, Citra Merek, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan Di Cincau Station Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran Vol. 1, No. 2, , 1-11.

Parengkuan, V., Tumbel, A., & Wenas, R. (2014). Analisis Pengaruh Brand Image Dan Celebrity Endorsment Terhadap Keputusan Pembelian Produk Shampo Head And Shoulders. Jurnal EMBA, 1792-1802.

Prasastiningtyas, T. R. (2016). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Seluler. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen : Volume 5, Nomor 7, Juli 2016, 1-15.

Prasastiningtyas, Tabhita Ratna;. (2016). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Seluler. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen : Volume 5, Nomor 7, 1-15.

Putri, M. W. (2016). Analisis Pengaruh Citra Merek, Kesadaran Merek, Persepsi. Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan Vol. 16 No 2 Juni 2016: 234 – 241, 234-241.

Rahmawati, E. R. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Tupperware. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Putra Bangsa , 1-17.

Ratela, G. D., & Taroreh, R. (2016). Analisis Strategi Diferensiasi, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Di Rumah Kopi Coffee Island. Jurnal EMBA Vol.4 No.1 , 460-471.

Sugiyono, 2009, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung : Alfabeta.

Sulistyawati, P. (2011). Analisis Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Laptop Merek Acer di Kota Semarang. (Doctoral Dissertation, Universitas Diponegoro).

Sumpu, N., & Tumbel, A. L. (2018). Analisis Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung. Jurnal EMBA, Volume 6, Nomor 4, 2528-2537.

Supangkat, Aditya Hangga;. (2017). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Harga Terhadap Keputusan Pembelian Tas Di Intako. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen Volume 6, Nomor 9, 1-18.

Supangkat, A. H. (2017). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Harga Terhadap Keputusan Pembelian Tas Di Intako. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen Volume 6, Nomor 9, , 1-19.

Weenas, J. R. (2013). Kualitas Produk, Harga, Promosi Dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Spring Bed Comforta. Jurnal EMBA Vol.1 No.4 , 607-618.

Downloads

Published

2024-12-31

How to Cite

Ardiana, T. E., Cendriono, N., & Wardhani, D. P. (2024). PENGARUH PENYAJIAN LAPORAN KEUANGAN DAERAH TERHADAP AKUNTABILITAS PENGELOLAAN KEUANGAN DAERAH (STUDI PADA SATUAN KERJA PERANGKAT DAERAH KABUPATEN PONOROGO). JURNAL ILMIAH EDUNOMIKA, 8(4). https://doi.org/10.29040/jie.v8i4.16393

Issue

Section

Articles

Citation Check