Preferensi wakaf uang pada Masyarakarat Surakarta.
DOI:
https://doi.org/10.29040/jiei.v8i1.3551Keywords:
Wakaf, e-banking. Religiusitas, PendapatanAbstract
References
Adhim, F. (2009). Pengaruh Religiusitas Terhadap Prestasi Kerja Pegawai Alumni Dan Bukan Alumni Pesantren. Jurnal Ekonomi MODERNISASI, 5, 127–154.
Al Basya, M. F. Y., Mawardi, M. K., & Nuralam, I. P. (2018). Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Keputusan Menggunakan Jasa Kursus Bahasa Inggris (Studi Pada Pelanggan Lembaga Kursus Bahasa Inggris di Kampung Inggris Pare). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 58(2), 197–205.
Amalia, A. N., & Puspita, P. (2018). Minat Masyarakat Jakarta dalam Berwakaf Uang pada Lembaga Wakaf. Syi`ar Iqtishadi : Journal of Islamic Economics, Finance and Banking, 2(2), 1. https://doi.org/10.35448/jiec.v2i2.4382
Ananta, Y. (2019). Ini Sumber Masalah Ekonomi Dunia Versi Menkeu. Retrieved January 6, 2021, from cnbcindonesia.com website: https://www.cnbcindonesia.com/market/20190130100126-17-53002/ini-sumber-masalah-eknomi-dunia-versi-menkeu
Ash-shiddiqy, M. (2018). Pengaruh Pendapatan, Religiusitas, Jarak Lokasi, Tingkat Pendidikan dan Akses Informasi Terhadap Minat Masyarakat Untuk Berwakaf uang di Badan Wakaf Uang Tunai MUI DIY. PANANGKARAN Jurnal Penelitian Agama Dan Masyarakat, 2(2).
BWI. (2021). Menelisik Manfaat Potensi Wakaf Uang untuk Bantu Kaum Dhuafa. Retrieved February 5, 2021, from 05 Februari 2021 website: www.bwi.go.id/5926/2021/02/05/menelisik-manfaat-potensi-wakaf-uang-untuk-bantu-kaum-dhuafa/
Erinda, A., Kumadji, S., & Sunarti. (2016). Analisis Faktor-faktor Preferensi Pelanggan Dan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Terhadap Pe langgan McDonald ’ s di Indonesia dan Malaysia). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 30(1), 87–95.
Faisal, M. (2019). Sikap, Norma Subjektif, Religiusitas, an Partisipasi Terhadap Wakaf Tunai. Li Falah, 4(1), 235–250.
Fatmah. (2018). Potensi, Preferensi dan Perilaku Masyarakat Muslim Surabaya Terhadap Wakaf Tunai Sebagai Instrumen Pembiayaan Pembangunan. OECONOMICUS Journal Of Economics, 4.
Fauzan. (2014). Hubungan Religiusitas Dan Kewirausahaan: Sebuah Kajian Empiris Dalam Perspektif Islam. Jurnal Modernisasi, 147–157.
Hamid, F. (n.d.). Kamus Ilmiah Populer Lengkap. Surabaya: APPOLO.
Handayani, R. P., & Kurnia, T. (2015). Analisis persepsi masyarakat kota bogor terhadap wakaf tunai bogor people perception analysis to the cash waqf. Jurnal Syarikah, 1(2), 61–70.
Hasim, K., Lubis, D., & Ali, K. M. (2016). Analisis Faktor-Faktor yang Memengaruhi Penghimpunan Wakaf Uang di Indonesia ( Pendekatan Analytical Network Process ) Analysis of Factors Affecting The Level of Cash Waqf Raising in Indonesia ( Analytical Network Process Approach ) 1 Pendahuluan. Jurnal Al-Muzara’ah, 4(2), 127–141.
Htay, S. N. N., Mohamed, M., & Osman, A. F. (2012). Determinants of Cash Waqf Giving in Malaysia: Survey of selected works. Workshop Antarbangsa Pembangunan Berteraskan Islam V, 10.
Ilman, M. Z. (2019). Pengaruh Tingkat Pendidikan, Religiusitas, Akses Media Informasi, Dan Pengetahuan Wakaf Uang Terhadap Persepsi Masyarakat Tentang Wakaf Uang (Studi Pada Jamaah Masjid Al-Ghifari , Masjid Muhajirin , dan Masjid Ramadan Griya Shanta Kota Malang). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 8(1).
Iman, A. H. M., & Mohammad, M. T. S. H. (2017). Waqf as a framework for entrepreneurship. Humanomics, 33(4), 419–440. https://doi.org/10.1108/H-01-2017-0015
indotelko.com. (2020). Pemerintah permudah wakaf uang melalui kanal digital. Retrieved April 28, 2020, from indotelko.com website: https://www.google.com/amp/read/1557703157/wakaf-uang
Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). (n.d.). Retrieved from https://kbbi.web.id
Karim, H. (2002). Fiqh Muamalah. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
KNKS. (2019). Menangkap Peluang Tren Wakaf Produktif. INSIGHT Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS). Retrieved from https://knks.go.id
Maulida, S. (2016). Pengaruh Religiusitas Terhadap Perilaku Beramal (Charitable Behavior) Masyarakat Kota Yogyakarta. JESI (Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia). https://doi.org/10.21927/jesi.2013.3(1).1-16
Mohsin, M. I. A. (2013). Financing through cash-waqf: a revitalization to finance different needs. International Journal of Islamic and Middle Eastern Finance and Management, 6(4), 304–321. https://doi.org/10.1108/IMEFM-08-2013-0094
Murhaban, & Merawati. (2018). Pengaruh Tingkat Pendapatan Dan Pengelolaan Dana Zakat Terhadap Kepatuhan Membayar Zakat Di Kabupaten Bireuen. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 6(23), 25–40.
Nizar, A. (2014). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Persepsi Wakif Tentang Wakaf Uang. ESENSI Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 4(1), 21–36.
Rahmawati, H. K. (2016). Kegiatan Religiusitas Masyarakat Marginal Di Argopuro. Jurnal Community Development, 1(2), 37–38.
Rizal, H., & Amin, H. (2017). Perceived ihsan, Islamic egalitarianism and Islamic religiosity towards charitable giving of cash waqf. Journal of Islamic Marketing, 8(4), 669–685. https://doi.org/10.1108/JIMA-05-2015-0037
Salmawati, & Fitri, M. (2018). Pengaruh tingkat pendapatan, religiusitas, akuntabilitas dan kualitas pelayanan terhadap minat muzakki membayar zakat di baitul mal kota banda aceh. Jimeka.
Shaikh, S. A., Ismail, A. G., & Mohd Shafiai, M. H. (2017). Application of waqf for social and development finance. ISRA International Journal of Islamic Finance, 9(1), 5–14. https://doi.org/10.1108/IJIF-07-2017-002
Sugianto, A., & Rahman, S. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Lampu Shinyoku Di CV. Sinar Abadi Pekanbaru. Procuratio: Jurnal Ilmiah Manajemen, 7(2), 174–184.
Suhari, Y. (2008). Keputusan Membeli Secara Online dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jurnal Teknologi Informasi Dinamik, XIII(2), 140–146.
Supandi, E. D. (2012). Pendekatan Conjoint Analysis untuk Mengukur Tingkat Preferensi Mahasiswa terhadap Layanan Sistem Informasi Akademik di UIN Yogyakarta. Jurnal FOURIER, 1(1), 1–12.
Thaker, M. A. B. M. T., Mohammed, M. O., Duasa, J., & Abdullah, M. A. (2016). Developing cash waqf model as an alternative source of financing for micro enterprises in Malaysia. Journal of Islamic Accounting and Business Research, 7(4), 254–267. https://doi.org/10.1108/JIABR-09-2014-0029
Wahyuningsih, S. (2014). Preferensi Konsumen Terhadap Jasa Pos Di Yogyakarta. Jurnal Penelitian Pos Dan Informatika, 4(1).
Zahri, Y., & Hafasnuddin. (2016). Pengaruh Religiusitas Terhadap Minat Beli Produk/Jasa Bank Syariah Dengan Sikap (Studi Pada Nasabah Bank Konvensional Di Kota Banda Aceh). 1(1), 75–91.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
The copyright of the article fully belongs to the Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam and publishing rights belong entirely to LPPM STIE AAS Surakarta
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.