THE EFFECT OF TEACHER CERTIFICATION PROGRAMS AND EDUCATION AND TRAINING MODES ON IMPROVING PEDAGOGIC COMPETENCIES ON ELEMENTARY SCHOOL TEACHER IN DKI JAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.29040/ijebar.v3i02.566Abstract
References
Arifin. 2011. Kompetensi Guru dan Strategi Pengembangannya. Sleman: Lilin.
Depdiknas. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa Edisi ke Empat. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Echols, John M., & Hassan Shadily. 2003. Kamus Inggris Indonesia (An English-Indonesian Dictionary). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Fauziah, Nurul. 2016. Dampak Sertifikasi Guru Terhadap Kompetensi Guru Dalam Mengajar (Studi di SDIT Al-Mubarak Jakarta. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. UIN Syarif Hidayatullah. Jakarta.
Gudmundsdottir, Sigrun.,and Shulman, L. 1987. Pedagogical Content Knowledge in Social Studies.ScandinavianJournal ofEducationalResearch, volume 31, 59â€70. https://doi.org/10.1080/0031383870310201.Diakses pada 6 Oktober 2018 pukul 21.30.
Gultom, Syawal. 2010. Kompetensi Guru. Medan: Universitas Negeri Medan.
Hamzah. 2017. Profesi Kependidikan, Problema, Solusi dan Reformasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Herujito, Yayat M. 2001.Dasar – Dasar Manajemen. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.
Herring, Mary C., ‎Matthew J. Koehler., and Punya Mishara. 2016.Handbook of Technological Pedagogikal Content Knowledge (TPACK) for Educators: Edition 2. New York: Routledge.
Abli, Kodri Supirian. 2011. Pengaruh Mengikuti Pendidikan Dan Pelatihan (Diklat) Terhadap Kompetensi Guru Di SMA Negeri 1 Kecamatan Bunut Kabupaten Pelalawan. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Riau.
Khine, Myint Swe. 2015. New Directions in Technological Pedagogikal Content Knowledge Research: Multiple Perspective. Charlotte, NC: IAP.
Kristiawan, Muhammad., Dian Safitri., dan Rena Lestari. 2017. Manajemen Pendidikan.Yogyakarta: Deepublish.
Mahfud, C. 2011. Pendidikan Multikultural. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.
Meliana, Desi Eka., Adelina Hasyim., Yunisca N. 2018. Pengaruh Sertifikasi Guru Terhadap Kompetensi Pedagogik Dalam Mengajar Di SMAN 1 Bangunrejo. [online]. (https://media.neliti.com/media/publications/248821-pengaruh-sertifikasi-guru-terhadap-kompe-4d9c8ca1.pdf, diakses tanggal 6 Oktober 2018 pukul 20.15).
Murniati. 2016. Pengaruh Pendidikan Dan Pelatihan Terhadap Kinerja Guru Di SMK Negeri 1 Bungoro Kabupaten Pangkep. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Makassar. Makassar.
Mulyasa, E. 2007. Standar Kompetensi Guru dan Sertifikasi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, E. 2005.Menjadi Guru Profesional, Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Rosdakarya.
Musfah, Jejen. 2016.Analisis Kebijakan Pendidikan. Jakarta: PT. Kharisma Putra Utama.
Notoadmodjo, Soekidjo. 2007.Kesehatan Masyarakat : Ilmu dan Seni. Jakarta: Rineka Cipta.
Pananrangi, Andi Rasyid. 2017. Manajemen Pendidikan.Makassar: Celebes Media Perkasa.
Poerwadarminta, W.J.S. 2007. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: PN Balai Pustaka
Rizali, Ahmad.,Indra Djati Sidi., dan Satria Dharma. 2009. Dari Guru Konvensional Menuju Guru Profesional. Jakarta: Grasindo.
Rusdiana. 2011. Pengaruh Kelompok Kerja Guru dan Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Mengajar Guru Sekolah Dasar di Wilayah IV Kabupaten Sumedang. Tesis. SPS UPI Bandung. Bandung. 2011.
Sagala, Syaiful. 2012. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Samani, Muchlas. 2006.Mengenal Sertifikasi Guru di Indonesia, SIC dan Asosiasi Peneliti Pendidikan Indonesia. Jakarta: PT. Kencana.
Sheldrake, John. 2014.Teori Manajemen. Zifatama Publisher.
S, I Wayan A.2010. Standarisasi kompetensi guru: & Standar guru nasional ; serta, Sertifikasi guru tahun 2010. Yogyakarta: Az-Zahra.
Suardi, Edi. 1979.Pedagogik. Bandung: Angkasa Offset.
Sukarna. 2011. Dasar-dasar Manajemen. Bandung: Mandar Maju.
Terry, George R. 2006. Prinsip-prinsip Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara.
Republik Indonesia. 2005. Undang-Undang Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru danDosen. Lembaran Negara RI Tahun 2005, No. 157. Kemendiknas. Jakarta.
Republik Indonesia. 2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 18 tahun 2007 tentang Sertifikasi bagi Guru dalam Jabatan. Kemendiknas. Jakarta.
Republik Indonesia. 2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru. Kemendiknas. Jakarta.
Republik Indonesia. 2016. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 21 Tahun 2016 Tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah. Berita Negara RI Tahun 2016 Nomor 954. Kemendikbud. Jakarta.
Republik Indonesia. 2016. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 24 Tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti Dan Kompetensi Dasar Pelajaran dalam Kurikulum 2013 Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah. Berita Negara RI Tahun 2016 Nomor 971. Kemendikbud. Jakarta.
Republik Indonesia. 2017. Peraturan Pemerintah Nomor 74 tahun 2008 juncto Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2017 tentang Guru. Kemendikbud. Jakarta.
Republik Indonesia. 2017. Pedoman Penetapan Peserta Sertifikasi Guru Dalam Jabatan Tahun 2017. Kemendikbud. Jakarta.
Republik Indonesia. 2017. Rambu-rambu Pelaksanaan Pendidikan dan Pelatihan Guru, 2017. Kemendikbud. Jakarta.
Hidayat, Anwar. 2017. Penjelasan Lengkap ANOVA sebagai Analisis Statistik, [online], (https://www.statistikian.com/2017/06/anova-sebagai-analisis-statistik.html, diakses tanggal 13 Oktober 2018, pukul 02.30).
Hidayat, Anwar. 2013. Uji Normalitas dengan Menggunakan Excel, [online], (https://www.statistikian.com/2013/01/tutorial-cara-uji-normalitas-dengan-excel.html, diakses tanggal 20 Oktober 2018, pukul 21.30).
Sayfullah, Ageng. 2013. ANOVA Satu Arah dan Dua Arah, [online], (https://analisispertanian.wordpress.com/2013/01/21/anova-satu-arah-dan-anova-dua-arah/, diakses tanggal 14 Oktober 2018, pukul 23.10).
Triyono, Iyon. Analisis ANOVA Dua Faktor, [online], (http://www.academia.edu/12058834/anova_dua_faktor,diakses tanggal 15 Oktober 2018, pukul 09.40).