Pengaruh Choi Siwon Sebagai Brand Ambassador, Brand Image, dan Cita Rasa Terhadap Keputusan Pembelian Mie Sedaap Korean Spicy Chicken

Penulis

  • Sofia Ilmi Universitas Islam Batik Surakarta, Indonesia
  • Supawi Pawenang
  • Fithri Setya Marwati

DOI:

https://doi.org/10.29040/jie.v4i01.822

Abstrak

Penelitian ini bertujuan penjelaskan: untuk mengetahui prosentase Choi Siwon sebagai brand ambassador, brand image, dan cita rasa terhadap keputusan pembelian mie sedaap Korean spicy chicken. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di Universitas Batik Surakarta angkatan 2017-2019 dengan persyaratan yang sudah mengkonsumsi mie sedaap Korean spicy ckicken. Teknik pengambilan menggunakan purposiive sampling. Tekik analisis yang digunakan adalah analisis linier berganda dengan uji f dan uji t. Hasil dari analisis regresi berganda diperoleh bahwa tiap-tiap variabel yaitu variabel brand ambassador, brand image dan cita rasa secara bersama-sama dan parsial berpengaruh dan signifikan terhadap keputusan pembelian mie sedaap Korean spicy ckicken. Uji f menghasilkan fhitung 18.077 dengan f tabel 2.728 dengan signifikan 000b . sedangkan untuk uji t diperoleh dari tiap variabel brand ambassador thitung 2.120 dengan ttabel 0,037 untuk brand image diperoleh thitung 2.675 dengan ttabel 0,009 serta cita rasa diperoleh thitung 3.411 dengan ttabel 0,001 maka dapat disimpulkan bahwa tiap variabel berpengaruh dan signifikan terhadap keputusan pembelian mie Korean spicy chicken. Diketahui juga variabel yang mendominasi dari tiap variabel yaitu brand image. Kata kunci : brand ambassador, brand image, cita rasa dan keputusan pembelian.

Biografi Penulis

Sofia Ilmi, Universitas Islam Batik Surakarta

Pengaruh Choi Siwon Sebagai Brand Ambassador, Brand Image, dan Cita Rasa Terhadap Keputusan Pembelian Mie Sedaap Korean Spicy Chicken

Referensi

Akhmad, et all. (2018). "Pengaruh Lokasi, Citra Merek Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Konsumenmie Ayam Solo Bangsal Jember." Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia : 127-143.

Alex Neman, (2019). Wings (Perusahaan). (Online). (diakses tanggal 28 November 2018). Tersedia di Word Wide Web: https://id.wikipedia.org/wiki/Wings_(perusahaan).

Arliza Nurliana, Nurliana Putri, and Astuti Miguna. (2019) "Pengaruh Iklan, Selebriti Pendukung Dan Pemasaran Dari Mulut Ke Mulut Terhadap Kesadaran Merek Pada Produk Mie Sedaap." Jurnal Manajemen 11: 24-34.

Atika, Wiguna, and Suyoto. (2016). Analisis Pengaruh Iklan Televisi, Ekuitas Merek, Dan Daya Tarik Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetikwardah." Jurnal Manajemen dan Bisnis Media Ekonomi XVI : 1-9.

Bagas Chrisara, (2019). Choi Siwon. (Online). (diakses tanggal 2 Desember 2019). Tersedia di Word Wide Web: https://id.wikipedia.org/wiki/Choi_Siwon.

ENGGAR, et all. (2018). Analisis Pengaruh Iklan Dan Citra Merekterhadap Keputusan Pembelian Konsumen Mieinstan Merek Indomie Di Kota Pangkalpinang (Studi Kasus Pada PT. Nusantara Permai Sejahtera Kota Pangkalpinang). Jurnal Ilmiah Progresif Manajemen Bisnis (JIPMB) 24 : 1-7.

Faizan, Aklis. (2014). Pengaruh Kreativitas Iklan Dan Endorser Terhadap Proses Keputusan Pembelian Konsumen Mie Sedaap. Management Analysis Journal, : 1-8.

Ghozali, Imam. 2009. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Edisi Keempat. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Indri, Pratiwi, and Moeliono Nadya (2015). Pengaruh Celebrity Endorser Maudy Ayunda Terhadap Minat Beli Produk Teh Javana (Studi Pada Masyarakat Di Kota Bandung). e-Proceeding of Management 3 : 3576.

Istiatin. (2017). Modul metodologi penelitian . surakarta: .

Njoto, Tommy Kurniawan (2016). Pengaruh Desain Kemasan, Cita Rasa, Dan Variasi Produkterhadap Keputusan Pembelian Konsumen Bumianugerah. Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis 1 : 455 - 463.

Nurul, Setyaningrum, Djoko W2 Handoyo, and Wijaya Andi. (2013) Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek Dan Promosi Penjualandalam Pengambilan Keputusan Pembelian Produk Mie Sedaap Studi Kasus pada Konsumen Mie Sedaap di Kecamatan Tembalang. Diponegoro Journal Of Social And Politic, : 1-10.

Rafika, Alfiananda Azari, and Hadi Musthofa. (2018). Pengaruh Daya Tarik Dan Kredibilitas Celebity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian Mi Burung Dara. J A B Jurnal Aplikasi Bisnis 4 : 1-5.

Rennyta, Yusiana, and Maulida Rifaatu. (2015). Pengaruh Gita Gutawa Sebagai Brand Ambassador Pond’s Dalam Mempengaruhi Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Mahasiswi Universitastelkom Jurusan D3 Manajemen Pemasaran)." E c o d e m i c a, : 1-6.

Rossa Vania, (2019). Siwon Choi Jadi Brand Ambassador Mi Indonesia. (Online). (diakses tanggal 23 November 2019). Tersedia di Word Wide Web: https://www.suara.com/lifestyle/2019/09/02/124855/siwon-choi-jadi-brand-ambassador-mi-indonesia

Said, Muhammad, and Sangen Marijati. (2017). Pengaruh Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Telepon Seluler Merek Samsung Di Banjarmasin. Jurnal Wawasan Manajemen 5 : 1-18.

Sunarti, Fatih Imantoro Suharyono. (2018). Pengaruh Citra Merek, Iklan, Dan Cita Rasa Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Terhadap Konsumen Mi Instan Merek Indomiedi Wilayah Um Al- Hamam Riyadh). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), : No.1.

Yuli Prasetyo Wibowo, Rahayu Triastity, Sunarso. (2016). Pengaruh Cita Rasa, Harga Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Berpindah Merek (Survei di Desa Pakel Kecamatan Andong Kabupaten Boyolali). Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan Vol. 1 2 6 : 1 – 9.

Yuli, Prasetyo Wibowo, Triastity Rahayu, and Sunarso. (2016). Pengaruh Cita Rasa, Harga Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Berpindah Merek (Survei di Desa Pakel Kecamatan Andong Kabupaten Boyolali). Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan 16 : 1-9.

Diterbitkan

2020-03-07

Cara Mengutip

Ilmi, S., Pawenang, S., & Marwati, F. S. (2020). Pengaruh Choi Siwon Sebagai Brand Ambassador, Brand Image, dan Cita Rasa Terhadap Keputusan Pembelian Mie Sedaap Korean Spicy Chicken. JURNAL ILMIAH EDUNOMIKA, 4(01). https://doi.org/10.29040/jie.v4i01.822

Citation Check

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 4 > >>