ANALISIS HALAL, CITA RASA, DAN VARIASI PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (STUDI KASUS PADA ARABIANS KEBAB DI UMS SURAKARTA)

Authors

  • Insan Setiawan Fakultas Ekonomi Manajemen Univesitas Islam Batik Surakarta, Indonesia
  • Eny Kustiyah
  • Siti Maryam

DOI:

https://doi.org/10.29040/jie.v6i1.2268

Abstract

This study aims to analyze and discuss the effect of halal, taste, product variation on product purchasing decisions at Arabians Kebab UMS Surakarta. The research used is descriptive quantitative research. The population in this study were the customers of Arabians Kebab UMS Surakarta. The sample consisted of 100 respondents using accidental sampling technique. The data analysis technique used Multiple Linear Regression Analysis. The F test results show that halal, taste, and product variations simultaneously have a significant effect on purchasing decisions. While the t test results show that partially halal has a positive and significant effect on purchasing decisions, taste partially has a positive and significant effect on purchasing decisions and also product variations partially have a positive and significant effect on purchasing decisions at Arabians Kebab UMS Surakarta. Keywords: halal, taste, product variation, purchase decision.

References

Adrian Junio Adiwidjaja dan Zeplin Jiwa Husada Tarigan. 2017. Pengaruh Brand Image Dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Converse.Agora Vol. 5, No : 3

Assauri, S. 2004. Manajemen Pemasaran. Edisi II. Jakarta: Rajawali Press

Chi, H. K, Yeh,H. K, & Chiou C. Y. 2009. The effects of brand affect on female cosmetic users brand loyalty in Taiwan. The Journal of American Academy of Bussiness, 14(2), 230-236.

Devik Fatmawati, Rahayu Triastity Dan Sunarso.2017.Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Kepercayaan Sebagai Variabel Intervening Pada Konsumen Lumbung Batik Surakarta.Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan Vol. 17 No. 2, Hal 317 – 329

Devi Indrawati.2015.Pengaruh Citra Merek Dan Gaya Hidup Hedonis Terhadap Keputusan Pembelian Jilbab “Zoyaâ€.Journal Of Research In Economics And Management,Volume 15, No. 2, Halaman 302-319

Erma Setiawati, Nursiam Dan Zulfikar .2015. Pengembangan Komoditas Batik: Determinasi Budaya Ekonomi Dan Perubahan Struktur Kebijakan Terhadap Perkembangan Usaha Ekonomi Lokal (Studi Tentang Pengusaha Batik Laweyan Surakarta). Jurnal Ekonomi dan Bisnis Volume XVIII No. 1, Hal 119-134

Kotler, P. dan G. Amstrong. 2008. Prinsip – prinsip Pemasaran. Edisi 12. Jilid 2. Jakarta: Erlangga

Kotler, Philip dan Keller, 2007, Manajemen Pemasaran, Jilid I, Edisi Kedua belas, PT. Indeks, Jakarta.

Krestiawan Wibowo Santoso, Handoyo Djoko Waluyo Dan Sari Listyorini.2013.Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Permen Tolak Angin Di Semarang Studi Kasus Pada Pengguna Permen Tolak Angin Di Kelurahan Tembalang Semarang.Diponegoro Journal Of Social And Politic, Hal. 1-10

Nela Evelina, Handoyo DW Dan Sari Listyorini.2012.Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Perdana Telkomflexi Studi Kasus Pada Konsumen Telkomflexi Di Kecamatan Kota Kudus Kabupaten Kudus.Diponegoro Journal Of Social And Politic, Hal. 1-11

Siti Annisa Rahmawati Dan Ibnu Widiyanto. 2013.Antecedent Keputusan Pembelian Online.Diponegoro Journal Of ManagementVolume 2 , Nomor 3, Halaman 1-11

Sugiyono, 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B. Bandung: Alfabeta.

----------------.2015. Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Sunarto.2015.Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Kerajinan Kulit Kartika Magetan.Equilibrium, Volume 3, Nomor 2, hal 191-205.

Sunyoto, Danang. 2012. Konsep Riset Pemasaran & Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Center For Academic Publishing Service.

Swastha, Basu dan Irawan, 2005. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty.

Downloads

Published

2022-01-20

How to Cite

Setiawan, I., Kustiyah, E., & Maryam, S. (2022). ANALISIS HALAL, CITA RASA, DAN VARIASI PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (STUDI KASUS PADA ARABIANS KEBAB DI UMS SURAKARTA). JURNAL ILMIAH EDUNOMIKA, 6(1), 259–267. https://doi.org/10.29040/jie.v6i1.2268

Citation Check

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>