MENGGALANG LOYALITAS PELANGGAN MELALUI KUALITAS PELAYANAN, KUALITAS PRODUK DAN CITRA MEREK (Studi Pada Pelanggan PT Indofarma Global Medika di wilayah Surakarta)
DOI:
https://doi.org/10.29040/jie.v4i02.1209Abstrak
Permasalahan, bahwa pelanggan PT Indofarma Global Medika di wilayah Surakarta semakin kritis didalam memilih produk obat yang sesuai dengan harapannya. Sejalan masalah tersebut, pelanggan harapannya penting dipenuhi selanjutnya akan loyal. Upaya perusahaan menggalang loyalitas pelanggan amat penting diwujudkan, diantaranya dilakukan melalui peningkatan kualitas pelayanan, produknya berkualitas dan memperkuat citra pada merek. Tujuan, menganalisis kualitas dari pelayanan, kualitas dari produk, dan citra merek pengaruhnya pada loyalitas khususnya pelanggan PT Indofarma Global Medika di wilayah Surakarta. Objek penelitian ini PT Indofarma Global Medika di wilayah Surakarta, sampel 100 responden. Kuesioner sebagai alat kumpul data, regresi linier berganda sebagai analisis data, uji t. Kesimpulan, kualitas pelayanan, kualitas produk serta citra merek terbukti dapat mempengaruhi loyalitas pelanggan, artinya menerima seluruh hipotesis. Untuk mempertahankan pelanggan agar tetap loyal, perusahaan diharapkan untuk selalu memberikan pelayanan bekualitas, produk ditingktakan kualitasnya, citra positif pada merek juga dikuatkan.
Kata kunci :loyalitas, kualitas pelayanan, kualitas produk, citra merek
Referensi
Anita, T.H. 2015. Pengaruh Atribut Produk terhadap Loyalitas Pelanggan Green Product, Management Analysis Journal, 12(2):1-7.
Tahir, M., Kaltom A., and Mustapha M.S., 2014, Antecedents Loyalty in Airline Industry of Malaysia: Examination of Higher-Order Measurement Model, Proceedings of 3rd Asia Pacific Business Research Conference Kuala Lumpur 25 - 26 February: 1-14.
Shimp, T.A. 2014. Intergrated Marketing Communication in Advertising and Promotion. Salemba Empat. Jakarta.
Tjiptono, Fandy. 2008. Service Management: Mewujudkan Layanan Prima. Andi, Yogyakarta.
Unduhan
Diterbitkan
2020-08-28
Cara Mengutip
Wicaksono, A., Mursito, B., & Sarsono, S. (2020). MENGGALANG LOYALITAS PELANGGAN MELALUI KUALITAS PELAYANAN, KUALITAS PRODUK DAN CITRA MEREK (Studi Pada Pelanggan PT Indofarma Global Medika di wilayah Surakarta). JURNAL ILMIAH EDUNOMIKA, 4(02). https://doi.org/10.29040/jie.v4i02.1209
Terbitan
Bagian
Articles