Pengaruh Strategi Pemasaran Syariah, Kepuasan Konsumen, dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Loyalitas Konsumen (Studi Kasus Pada Naughti Hijab Store)

Penulis

  • Sumadi Sumadi Program Studi Ekonomi Syariah, ITB AAS Indonesia Surakarta, Indonesia
  • Muhammad Tho’in Program Studi Ekonomi Syariah, ITB AAS Indonesia Surakarta, Indonesia
  • Tino Feri Efendi ITB AAS Indonesia, Indonesia
  • Diyah Permatasari ITB AAS Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29040/jiei.v7i2.2562

Kata Kunci:

Sharia Marketing Strategy, Consumer Satisfaction, Consumer Trust, Consumer Loyalty.

Abstrak

This study aims to find evidence of the influence of Sharia Marketing Strategy, Consumer Satisfaction, and Consumer Confidence. This type of research is quantitative research. The population in this study are consumers at Naughti Hijab Store. The sampling technique used is using the Slovin formula. The sample in this study in this amounted to 100 respondents Naughti Hijab Store cunsumers. In this study using four variables, namely sharia marketing strategy, consumer satisfaction, and consumer confidence as independent variables and consumer loyalty as the dependent variable. This study uses multiple linear regression analysis method with the help of SPSS. The results showed that the sharia marketing strategy had a positive and significant effect on consumer loyalty, consumer satisfaction did not have a positive and significant effect on consumer loyalty, and consumer confidence had a positive and significant effect on consumer loyalty. From the results of multiple linear regression analysis, the coefficient of each variable is obtained, namely sharia marketing strategy 0,000, consumer satisfaction at 0.081, and consumer confidence at 0,016.

Referensi

Akila. 2017. “Pengaruuh Insentif dan Pengawasaan Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Pada CV.Vaselâ€. Palembang: Fakultas Ekonomi universitas PGRI Palembang.

Ghozali, I. 2018. “Aplikasi Analisis Multivariate Program IBM SPSS 25â€. Edisi 9. Semarang: UNDIP.

Halin, Hamid. Wijaya, Hendy. Yulsilpi Rinda. 2017. “Pengaruh Harga Jual Kaca Putri Silver Terhadap Nilai Penjualan Pada CV. Karunia Kacaâ€. Palembang: Fakultas Ekonomi UIGM Palembang.

Monika, Damayanti. 2018. “Analisis data Pihak Ketiga Tingkat Bagi Hasil dan Moodal Sendiri Terhadap Pembiayaan Bagi Hasil Mudharabahâ€. Skripsi. Surakarta: Program Studi Akuntansi STIE Surakarta.

Mubarok, Nurul. 2017. “Strategi Pemasaran Islami Dalam Meningkatkan Penjualan Pada Butik Calistaâ€. Strategi Pemasaran Islam. Vol. 3. No. 1.

Roselendro, Eddy Nugroho. 2014. “ Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi pengangguran di Indonesiaâ€. Jakarta: Manajemen Universitas Mercu Buana Jakarta.

Sri Mulyani, Fetty Rahayu. Hufron, M. Khoirun ABS, M. 2018. “Pengaruh Penerapan Marketing Syariah, Kepuasan Nasabah, dan Kepercayaan Nasabah Terhadap Loyalitas Nasabah Pada BPRS Bumi Rinjani Kepanjenâ€. Malang: Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Islam Malang.

Sugiyono. (2010). Memahami Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sumadi, S. (2017). Peran Manajemen Syariah Terhadap Peningkatan Kepuasan Pelanggan Pada Rumah Sakit Islam Di Kota Surakarta. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 3(02), 112-124.

Usrina, Nura. Anggraini Renni Isya M. 2017. †Analisa Karakteristik Tarikan Pergerakan Pengunjung Kedai Kopiâ€. Banda Aceh: Teknik Sipil Universitas Syiah Kuala.

Diterbitkan

2021-07-05

Cara Mengutip

Sumadi, S., Tho’in, M., Efendi, T. F., & Permatasari, D. (2021). Pengaruh Strategi Pemasaran Syariah, Kepuasan Konsumen, dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Loyalitas Konsumen (Studi Kasus Pada Naughti Hijab Store). Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(2), 1117–1127. https://doi.org/10.29040/jiei.v7i2.2562

Citation Check

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 > >>