Etika Pemasaran Islam dan Kualitas Layanan sebagai Faktor Penentu Kepuasan Konsumen Fashion Muslim Shopee

Penulis

  • Mohamad Mondir Universitas Islam Negeri KH Achmad Siddiq, Indonesia
  • Siti Habibatur Rahma Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Utsmani Bondowoso, Indonesia
  • Imrohatul Hasanah Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Utsmani Bondowoso, Indonesia

Kata Kunci:

E-commerce, Muslim Fashion, Islamic Marketing Ethics, Service Quality, Customer Satisfaction

Abstrak

Komoditas Halal menjadi salah satu komoditi yang paling banyak diminati oleh masyarakat Indonesia yang mayoritas beragama Islam. Fashion Muslim merupakan salah satu komoditas yang paling banyak diminati oleh muslim Indonesia. Hadirnya E-Commerce seperti Shoppe dan lainnya, membuat Muslim Indonesia semakin mudah untuk mendapatkan fashion muslim kekinian

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh etika pemasaran Islam dan Kualitas Layanan terhadap kepuasaan pelanggan E-commerce Shopee di Kota Bondowoso. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dimana ada 100 responden yang dijadikan sebagai sampel penelitian. Adapun temuan dalam penelitian ini adalah etika pemasaran Islam merupakan variabel bebas yang berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan fashion muslim e-commerce Shopee di Bondowoso. kualitas layanan merupakan variabel bebas yang berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan fashion muslim ecommerce Shopee di Bondowoso. Temuan dalam penelitian ini juga menemukan terdapat pengaruh signifikan variabel etika pemasaran Islam dan kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan secara simultan. Hasil riset ini bisa menjadi acuan bagi pelaku bisnis online untuk lebih meningkatkan etika dan pelayanan guna meningkatkan bisnis

Biografi Penulis

Mohamad Mondir, Universitas Islam Negeri KH Achmad Siddiq

Saya adalah peneliti muda yang berfokus kepada pengembangan ekonomi Syariah di Indonesia. Pernah menimba ilmu ekonomi Syariah di Pesantren Salafiyah Syafi'iyah Sukorejo dan UIN KH Achmad Siddiq Jember

Referensi

Aamir Abbas, Qasim Ali Nisar, Mahmood A. Husain Mahmood, Abderrahim Chenini, A. Z. (2022). The role of Islamic marketing ethics towards customer satisfaction. Journal of Islamic Marketing, 11(4), 1001–1018. https://doi.org/10.1108/JIMA-11-2017-0123

Agus Sriyanto, & Riko Ulanda. (2024). The Influence of Product Quality, Trust, and Service Quality on Consumer Satisfaction. International Journal of Management Research and Economics, 2(2), 12–23. https://doi.org/10.54066/ijmre-itb.v2i2.1705

Akmal, E., Panjaitan, H. P., & Ginting, Y. M. (2023). Service Quality, Product Quality, Price, Promotion, and Location on Customer Satisfaction and Loyalty in CV. Restu. Journal of Applied Business and Technology, 4(1), 39–54. https://doi.org/10.35145/jabt.v4i1.118

Akmala, Z., & Ridwan, A. A. (2022). Pengaruh Etika Pemasaran Islami Dan Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Fashion Muslim E-Commerce Shopee dengan Kepuasan sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Ekonomika Dan Bisnis Islam, 5(3), 199. https://doi.org/10.26740/jekobi.v5n3.p195-213

Azizah, N. F., Puspakaritas, N. F., Pramesti, V. A., Putri, Y. A. S., & Azizah, N. (2021). Pengaruh Kualitas Layanan E-Commerce Shopee Terhadap Loyalitas Pengguna Shopee. JABEISTIK : Jurnal Analitika Bisnis, Ekonomi, Sosial Dan Politik, 1(1), 56.

Dwi Jayanti, S. (2022). Analysis of Self-Service Quality on Customer Satisfaction at All You Can Eat Restaurants in Bandung City, Indonesia Analisis Kualitas Layanan Self-Service terhadap Kepuasan Pelanggan di Restoran All You Can Eat Kota Bandung, Indonesia. International Journal Administration, Business and Organization (IJABO) |, 3(3), 71–80.

Efraim Turban, Jon Outland, David King, Jae Kyu Lee, Ting-Peng Liang, Deborrah C. Turban, E. (2018). Electronic Commerce: A Managerial and Social Networks Perspective. In Springer International Publishing AG. Springer International Publishing AG.

Febriana, A., & Lestari, D. (2024). PENGARUH ETIKA BISNIS ISLAM DAN KUALITAS THE INFLUENCE OF ISLAMIC BUSINESS ETHICS AND SERVICE QUALITY ON CUSTOMER SATISFACTION OF IKHLAS BERAMAL. 10(02), 236–250. https://doi.org/10.19109/zfg3be70

Ferdinand. (2014). Metode Penelitian Manajamen. BP Universitas.

Fitria, T. N. (2017). Bisnis Jual Beli Online (Online Shop) dalam Hukum Islam dan Hukum Negara. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 3(01), 52–62. https://doi.org/10.29040/jiei.v3i01.99

Fitria, T. N. (2025). E-Commerce Marketing Strategies: Exploring Promotional Tools in the Muslim Fashion Industry. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 11(02). https://doi.org/10.29040/jiei.v11i02.16968

Huda, N. (2017). Pemasaran Syariah Teori Dan Aplikasi. Kencana.

Ika Susanti, N., & Eka Nurdiana, M. (2023). Pengaruh Etika Bisnis Islam, Kualitas Pelayanan, Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Ausath Mart 1 Pondok Pesantren Darussalam Blokagung Banyuwangi. Jurnal Ekonomi Syariah Darussalam, 4(1), 124–143. https://doi.org/10.30739/jesdar.v4i1.1975

Isnaini Nur Safitri, & Unik Dwi Lestari. (2023). The Effect of Service Quality on Customer Satisfaction, Customer Loyalty, and Customer Engagement for Private Bank Customers in Tangerang. Formosa Journal of Sustainable Research, 2(9), 2305–2320. https://doi.org/10.55927/fjsr.v2i9.5641

Melania, F. A., & Ridlwan, A. A. (2022). Pengaruh Penerapan Etika Pemasaran Islami Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Pelanggan Produk Chiztikk Surabaya). Jurnal Iqtisaduna, 8(1), 43–56. https://doi.org/10.24252/iqtisaduna.v8i1.29069

Moh. Nasuha. (2006). Islamic Marketing (1st ed.). Lingkar Media.

Mondir, M., & Rahma, S. H. (2024). The mediating effect of perceived value on customer loyalty of BMT NU East Java. Review of Islamic Social Finance and Entrepreneurship, 3(1), 93–103. https://doi.org/10.20885/risfe.vol3.iss1.art7

Nasuka, M., Wijaya, T., & Hidayat, A. (2021). The role of Islamic marketing ethics for customer loyalty in Islamic banking through customer satisfaction. Economic Annals-XXI, 187(1–2), 189–196. https://doi.org/10.21003/EA.V187-18

RI, K. P. (2024). Kemendag Terima 7.707 Laporan Pengaduan dari Konsumen Sepanjang 2023, Ini Rinciannya. https://www.kemendag.go.id/berita/pojok-media/kemendag-terima-7707-laporan-pengaduan-dari-konsumen-sepanjang-2023-ini-rinciannya

Sajjad Shokouhyar, Sina Shokoohyar, S. S. (2022). Research on the influence of after-sales service quality factors on customer satisfaction. Journal of Retailing and Consumer Services, 56, 102–139. https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2020.102139.

Shahzad, K., Quresh, M., Ahmed, M., Khan, M. H. N., & Jamshed, K. (2023). The Role of Marketing Ethics in Ensuring Clients’ Satisfaction. Journal of Social Sciences Review, 3(2), 871–882. https://doi.org/10.54183/jssr.v3i2.325

Syafi’i, M., Mondir, M., Zikwan, M., & Anwar, Z. (2023). The Effect of Islamic Marketing Mix towards Costumer Loyalty and Customer Satisfaction on Shopee Millennial Muslim. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 9(3), 4209. https://doi.org/10.29040/jiei.v9i3.9685

Tengku Ine, H., & Irawan, N. (2024). The Influence of Service Quality on Customer Satisfaction: A Case Study. International Journal of Applied Finance and Business Studies, 11(4), 913–921. https://doi.org/10.35335/ijafibs.v11i4.261

Diterbitkan

2025-04-29 — Diperbaharui pada 2025-05-09

Versi

Cara Mengutip

Mondir, M., Siti Habibatur Rahma, & Imrohatul Hasanah. (2025). Etika Pemasaran Islam dan Kualitas Layanan sebagai Faktor Penentu Kepuasan Konsumen Fashion Muslim Shopee. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 11(02). Diambil dari https://www.jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/jei/article/view/16941 (Original work published 29 April 2025)

Citation Check

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.