UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA MATERI MEMAHAMI SISTEM REPRODUKSI MANUSIA MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS IX C SMP NEGERI 6 SUKOHARJO SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2017/2018
DOI:
https://doi.org/10.29040/jie.v2i01.181Abstrak
Abstrak Bahasa Indonesia :
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar IPA materi memahami sistem reproduksi manusia pada siswa kelas IX C SMP Negeri 6 Sukoharjo semester I Tahun Pelajaran 2017/2018 melalui penerapan pendekatan kontekstual. Penelitian ini menggunakan bentuk penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus, dilaksanakan di SMP Negeri 6 Sukoharjo dengan subjek penelitian seluruh siswa kelas IX C SMP Negeri 6 Sukoharjo yang berjumlah 21 siswa. Metode penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi dan tes. Analisis data dilakukan dengan 3 (tiga) tahapan meliputi: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hipotesis menyatakan diduga melalui penerapan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan prestasi belajar IPA materi memahami sistem reproduksi manusia pada siswa kelas IX C SMP Negeri 6 Sukoharjo semester I Tahun Pelajaran 2017/2018. Dari data empirik menyatakan melalui penerapan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan prestasi belajar IPA materi memahami sistem reproduksi manusia dari kondisi awal nilai rata-rata 70 dengan ketuntasan 52,38% ke kondisi akhir pada siklus II nilai rata-rata 80 dengan ketuntasan 85,71% pada siswa kelas IX C SMP Negeri 6 Sukoharjo semester I Tahun Pelajaran 2017/2018. Sehingga dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan prestasi belajar IPA materi memahami sistem reproduksi manusia pada siswa kelas IX C SMP Negeri 6 Sukoharjo semester I Tahun Pelajaran 2017/2018.
Kata Kunci: prestasi belajar, IPA, memahami sistem reproduksi manusia, pendekatan kontekstual
Â
Â
Abstrak Bahasa Inggris :
This study aims to improve the learning achievement of science material to understand the human reproductive system in the students of class IX C of Junior High School 6 Sukoharjo first semester of Lesson 2017/2018 through the application of contextual approach. This study uses a classroom action research conducted in 2 (two) cycles, conducted in SMP Negeri 6 Sukoharjo with the subject of the study of all students of class IX C SMP Negeri 6 Sukoharjo which amounted to 21 students. Research method using Classroom Action Research. Data collection is done through observation, documentation and test. Data analysis was done with 3 (three) stages including: data reduction, data presentation and conclusion or verification. Hypothesis states allegedly through the application of contextual approach can improve learning achievement IPA materials understand the human reproductive system in students of class IX C SMP Negeri 6 Sukoharjo first semester Lesson 2017/2018. From the empirical data states through the application of contextual approach can improve learning achievement IPA materials understand the human reproductive system from the initial condition of the average value of 70 with the completeness of 52.38% to the final condition in cycle II the average value of 80 with a complete 85.71% on students of class IX C SMP Negeri 6 Sukoharjo first semester Lesson 2017/2018. So it can be concluded that through the application of contextual approach can improve learning achievement IPA materials understand the human reproductive system on the students of class IX C SMP Negeri 6 Sukoharjo first semester Lesson 2017/2018.
Keywords: learning achievement, science, understanding of human reproduction system, contextual approach
Â
Â
Referensi
Ahmadi. (1998). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
A. Sardiman. (2012). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT
Rajagrafindo Persada.
Burhan Nurgiyantoro. (2012). Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.
Ditjen Dikdasmen, Depdiknas RI. (2003). Pendekatan Kontekstuan/Contextual Teaching and Learning (CTL), Jakarta: Ditjen Dikdasmen, Depdiknas RI.
Dimyati dan Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta
Kilmiah. Dkk. (2005). Metode Pengajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Yogyakarta: PP Muhammadiyah.
Kokom Komalasari. (2013). Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: PT Refika Aditama.
Kunandar. (2007). Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses Sertifikasi Guru. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
La Iru, & La Ode Safiun Arihi. (2012). Analisis Penerapan Pendekatan, Metode, Strategi, dan Model-Model Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Presindo.
M. Sobri Sutikno. (2010). Strategi Belajar Mengajar Melalui Penanaman Konsep Umum dan Konsep Islami. Bandung: Refika Aditama.
Muhibudin Syah (1998). Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nasution S. 1990. Pengertian Belajar. Bandung : Bumi Aksara
Poerwanto, Ngalim. 1986. Prinsip-prinsip dan Tehnik Evaluasi Pengajaran.
Bandung: Remaja Karya
Slameto. (2000). Belajar dan Faktor-faktor Yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Supriyadi. (2006). Pembelajaran sastra yang Apresiatif dan Integratif di Sekolah Dasar. Jakarta: Depdiknas.
Tho’in, M. (2017). Pembiayaan Pendidikan Melalui Sektor Zakat. Al-Amwal: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syari'ah, 9(2).
Wina Sanjaya. (2011). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media.
Winkel, W.S. 1996. Psikologi Pengajaran. Jakarta: Grasindo.