ANALISIS INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT PADA DINAS PMPTSP KABUPATEN TORAJA UTARA TAHUN 2024

Penulis

  • Oktaviani Kati Universitas Kristen Indonesia Toraja, Indonesia

Abstrak

Analisis Indeks Kepuasan Masyarakat Pada Dinas PMPTSP Kabupaten Toraja Utara”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan publik berdasarkan Indeks Kepuasan Masyarakat. Sampel berjumlah 48 kuisioner yang diisi oleh 21 orang penerima layanan perizinan Nomor Induk Berusaha (NIB) selama 2 kali atau lebih di tahun 2024. Perhitungan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) pada penelitian ini mengacu pada Peraturan Menteri PAN-RB Nomor 14 Tahun 2017 tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggara Pelayanan Publik. Nilai konversi IKM sebesar = 88,08 yang berada pada interval 76,61 - 88,30, berada pada tingkat “B”, sehingga hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Toraja Utara termasuk kategori Baik.

                 

                  Kata Kunci : Pelayanan Publik; Kepuasan Masyarakat; Perizinan

 

Diterbitkan

2025-02-27

Cara Mengutip

Oktaviani Kati. (2025). ANALISIS INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT PADA DINAS PMPTSP KABUPATEN TORAJA UTARA TAHUN 2024. JURNAL ILMIAH EDUNOMIKA, 9(1). Diambil dari https://www.jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/jie/article/view/16698

Terbitan

Bagian

Articles

Citation Check