PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SINTETIK DENGAN BAHAN AJAR GAMIFIKASI: KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS (SELF-EFFICACY)
DOI:
https://doi.org/10.29040/jie.v5i2.2462Abstract
References
Arzita, O. M. (2021). Mengembangkan Kemampuan Komunikas Matematis Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Probing Prompting. Semadik, 3(1), 52-59.
Eliza, R., & Aulia, F. (2017). Pembelajaran Matematika dengan Model Search, Solve, Create and Share (SSCS) di MAN 1 Muara Labuh. Math Educa Journal, 1(2), 200-210.
Febriyanto, B., Haryanti, Y. D., & Komalasari, O. (2018). Peningkatan pemahaman konsep matematis melalui penggunaan media kantong bergambar pada materi perkalian bilangan di Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(2), 32-44.
Hasanah, A. (2021). Penerapan Model Penerapan Model Pembelajaran Interaksi Sosial Untuk Meningkatkan Karakter Peserta Didik. Jurnal Pendidikan, 9(1), 22-32.
Hendriana, H., & Kadarisma, G. (2019). Self-efficacy dan kemampuan komunikasi matematis siswa SMP. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 3(1), 153-164.
Jaya, F. (2018). Pengaruh Pemahaman Model Active Learning, Kemampuan Merancang, Dan Sikap Profesi Guru Terhadap Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Kota Medan (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Meddan).
Meinalufi, Y., Supandi, S., & Harun, L. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 3(2), 122-129.
Nurdyansyah, N., Arifin, M. B. U. B., & Rosid, M. A. (2021). Pengembangan Media Alat Peraga Edukatif Interaktif (APEI) Laboratorium Bengkel Belajar Berbasis Custom By User. Educate: Jurnal Teknologi Pendidikan, 6(1), 54-71.
Pramusinta, Y., & Rifanah, F. D. (2020). The Effect of Synectic Learning Models in Developing Student Creativity. Madrosatuna: Journal of Islamic Elementary School, 4(2), 89-94.
Putri, J. G. S., & Alamin, R. Y. (2021). Perancangan Boardgame tentang Sejarah Aliran Gaya Desain dengan Metode Gamifikasi Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Sains dan Seni ITS, 9(2), F170-F177.
Rahmah, A. N., Zulkarnain, Z., & Hutapea, N. M. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Model Problem Based Learning Untuk Memfasilitasi Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Kelas VII SMP/MTs. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 125-138.
Ratnaningsih, C. (2020). Jelajah Alam Sekitar Dengan Strategi Partisipatif Dan Pendekatan Sistem Among Sebagai Suatu Upaya Meningkatkan Minat Dan Prestasi Belajar Himpunan Siswa Kelas Vii J Smp N 1 Cikampek. Pasundan Journal of Mathematics Education Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1).
Rembulan, A., & Putra, R. W. Y. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Gamifikasi pada Materi Statistika Kelas VIII. JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 3(2), 84-98
Saraswati, L. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Matematika pada Materi Lingkaran bagi Siswa Kelas VI di MI Ma'arif Polorejo (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo).
Sari, L. K. (2020). Hubungan Antara Efikasi Diri Dengan Kesiapan Belajar Mahasiswa (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Malang).
Silvi, F., Witarsa, R., & Ananda, R. (2020). Kajian Literatur tentang Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dengan Model Problem Based Learning pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 3360-3368.
Sutiono, S. (2020). Peningkatan Kemampuan Menulis Cerpen Melalui Pembelajaran Model Sinektik Kelas XI IPA3 SMA Negeri 1 Kencong Tahun Ajaran 2019-2020. Jurnal Edukasi, 7(3), 16-21.
Tambunan, L. (2021). Implementasi Pembelajaran Cooperative Learning dan Locus of Control dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1051-1061.
Umami, R. (2021). Pengembangan instrumen tes untuk mengukur Higher Order Thinking Skills (HOTS) berorientasi Programme for International Student Asessment (PISA) pada peserta didik. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika), 7(1), 57-68.