KINERJA PEMASARAN DITINJAU DARI INOVASI PRODUK , LINGKUNGAN DAN ORIENTASI PASAR (Studi Kasus UMKM Kuliner yang Terdaftar di Rumah BUMN Solo)

Penulis

  • Sri Lestari Universitas Islam Batik Surakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29040/jie.v5i1.1993

Abstrak

Abstrak Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk meganalisis pengaruh dari variabel inovasi produk, lingkungan dan orientasi pasar secara simultan maupun parsial terhadap kinerja pemasaran UMKM Kuliner yang terdaftar di Rumah BUMN Solo. Jenis penelitian ini merupakan penelitian menggunakan analisis kuantitatif yang mengambil sampel 40 orang pemilik UMKM Kuliner yang terdaftar di Rumah BUMN Solo. Teknik pengumpulan data pada penelitianpini menggunakan kuesioner dengan skala likert. Analisis data dalam ppenelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linier berganda. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa variabel inovasi produk tidak berpengaruh dan signifikan terhadap kinerja pemasaran. Lingkungan berpengaruh tidak signifikan terhadap kinerja pemasaran. Orientasi pasar berpengaruh signifikan terhadap kinerja pemasaran. Hasil uji R2 menunjukkan inovasi produk, lingkungan dan orientasi pasar memberikan kontribusi 36,6% terhadap kinerja pemasaran UMKM Kuliner yang terdaftar di Rumah BUMN Solo. Kata kunci: Inovasi Produk, Lingkungan, Orientasi Pasar dan Kinerja Pemasaran.

Biografi Penulis

Sri Lestari, Universitas Islam Batik Surakarta

Mahasiswa UNIBA Surakarta

Referensi

Jasmani. (2018). Pengaruh Orientasi Pasar dan Inovasi Produk untuk Meningkatkan Kinerja Pemasaran pada PT. Bisma Narendra Jakarta. Jurnal MADANI , 363-381.

Kusuma, N. T. (2018). Pengaruh Orientasi Pasar, Inovasi Produk Terhadap Kinerja Pemasaran pada UKM di Provinsi Yogyakarta. Jurnal UKM Dewantara , 51-56.

Melanny Methasari, G. K. (2018). Analisis Orientasi Pasar, Inovasi dan Kreativitas Terhadap Kinerja Pemasaran pada UMKM di Kabupaten Madiun. Jurnal Dinamika Governance FISIP UPN Veteran Jatim , 176-187.

Purwanto, A. (2016). Pengaruh Lingkungan Eksternal, Lingkungan Internal dan Program. Bussines Development Service terhadap Kinerja Usaha UMKM di Kabupaten Sukoharjo.Jurnal Ekonomika , 86-96.

Puspitasari, R. H. (2015). Orientasi Pasar dan Inovasi Produk sebagai Strategi Untuk Meningkatkan Kinerja Pemasaran Perusahaan Mebel Jepara. Prosiding Seminar Nasional Kebangkitan Teknologi , 135-148.

Sarjita. (2017). Pengaruh Orientasi Pasar dan Inovasi Produk Terhadap Kinerja Pemasaran pada Sentra Industri Kecil Pembuatan Bakpia di Kabupaten Bantul. JBMA , 27-37.

Samsul Haji, R. A. (2017). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Inovasi Produk, Keunggulan Bersaing Terhadap Kinerja Pemasaran Usaha Cengkeh di Bawean. E-Jurnal Riset Manajemen.83-95.

Udriyaha, J. T. (2019). The Effectsiof Market Orientation and Innovation on Competitive Advantageiand Business Performance. Management ScienceiLetters , 1421-1428.

Ulya,Z. (2019). Pengaruh Orientasi Pasar, Orientasi Pembelajaran dan Inovasi Produk Terhadap Kinerja Pemasaran . Journal IAIN Langsa , 114-125.

Diterbitkan

2021-02-28

Cara Mengutip

Lestari, S. (2021). KINERJA PEMASARAN DITINJAU DARI INOVASI PRODUK , LINGKUNGAN DAN ORIENTASI PASAR (Studi Kasus UMKM Kuliner yang Terdaftar di Rumah BUMN Solo). JURNAL ILMIAH EDUNOMIKA, 5(1), 495–501. https://doi.org/10.29040/jie.v5i1.1993

Citation Check