UPAYA MENINGKATAN HASIL BELAJAR MENJELASKAN HAKIKAT DEMOKRASI INDONESIA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHEIVEMENT DIVISION (STAD) PADA SISWA KELAS VIII E SEMESTER 1 TAHUN 2017/2018 SMP NEGERI 7 SUKOHARJO
DOI:
https://doi.org/10.29040/jie.v2i01.173Abstract
Abstrak Bahasa Indonesia
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar menjelaskan hakikat demokrasi Indonesia melalui model pembelajaran student team acheivement division (STAD) pada siswa kelas VIII E SMP Negeri 7 Sukoharjo Semester I Tahun Pelajaran 2017/2018. Metode penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus setiap siklus terdiri dua kali pertemuan, dengan empat tahap penelitian: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas VIII E SMP Negeri 7 Sukoharjo tahun ajaran 2017/2018. Dengan jumlah 24 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar menjelaskan hakikat demokrasi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan hasil belajar siswa pada siklus I siswa yang berhasil mendapat nilai KKM, meningkat dari 14 siswa (58,33%) menjadi 16 siswa atau 66,67% atau terdapat peningkatan sebesar 8,34%. Sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 20 siswa yang mendapat nilai diatas KKM atau 83,33% atau terdapat peningkatan sebesar 16,66% dari sebelumnya. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran student team acheivement division dapat meningkatkan hasil belajar menjelaskan hakikat demokrasi Indonesia pada siswa kelas VIII E SMP Negeri 7 Sukoharjo Semester I Tahun Pelajaran 2017/2018.
Kata kunci: hasil belajar, hakikat demokrasi Indonesia, student team acheivement division (STAD)
Abstrak bahasa Inggris
 This study aims to improve learning outcomes explain the essence of Indonesian democracy through student learning model of acheivement division (STAD) in grade VIII E SMP Negeri 7 Sukoharjo Semester I Lesson 2017/2018. The research method using Classroom Action Research which is carried out in two cycles each cycle consists of two meetings, with four stages of research: planning, implementation, observation and reflection. The subject of this research is the students of class VIII E Junior High School 7 Sukoharjo academic year 2017/2018. With 24 students. Data collection techniques used are observation, interviews, tests, and documentation. Data analysis used in this research is descriptive qualitative analysis. The result of this study is to improve learning outcomes explaining the nature of Indonesian democracy. This is evidenced by the increase in student learning outcomes in the first cycle of students who managed to get KKM score, increased from 14 students (58.33%) to 16 students or 66.67% or an increase of 8.34%. While in the second cycle increased to 20 students who got a value above the KKM or 83.33% or an increase of 16.66% from the previous. Based on the results of this study can be concluded that with the implementation of learning model student team acheivement division can improve learning outcomes explain the essence of Indonesian democracy in students of class VIII E Junior High School 7 Sukoharjo Semester I Lesson 2017/2018.
Keywords : learning result, the essence of Indonesian democracy, student team achievement division (STAD)
Â
References
Ahmadi, Abu. 1998. Psikologo Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta
Cholisin. (2000). Materi Pokok Ilmu Kewarganegaraan Pendidikan Kewarganegaraan. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).
Depdiknas, 2006. Kurikuilum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.
Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Heriawan, Adang dkk. 2012. Metodologi Pembelajaran Kajian Teoritis Praktis
Ismail 2011. Manajemen Perbankan. Jakarta: Prenada Media Group
Isjoni. 2010. Cooperative Learning Efektifitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta
Muhibbin Syah.1999.Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru.Bandung:PT Remaja Rosdakarya
M. Sobry Sutikno. 2010. Strategi Belajar Mengajar Melalui Penanaman Konsep Umum & Konsep Islami. Refika Aditama: Bandung.
Nasution. 1995. Metode Research. Jakarta : PT. Bumi Aksara
Ngalim Purwanto. 1986. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Noornia. 1997. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Dengan Metode STAD Pada Pengajaran Persen di Kelas VI SD Ma'arif 02 Singosari, Tesis Tidak Diterbitkan. Malang: Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang
Samsuri. (2011). Pendidikan Karakter Warga Negara. Yogyakarta: Diandra Pustaka Indonesia.
Slameto. 2000. Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Rineka Cipta,Jakarta
Slavin, Robert E. (1995). Cooperative Learning Theory, Research and Practice Massachuset, USA: Allimand and Bacon.
Soemantri, Numan (2001). Menggagas Pembaharuan Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Suprijono, Agus. 2011. Model Pembelajaran Kooperatif. Jakarta: Bumi Aksara
Teti Sobari. (2006). Pembelajaran Kooperatif. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Tho’in, M. (2017). Pembiayaan Pendidikan Melalui Sektor Zakat. Al-Amwal: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syari'ah, 9(2).
Tim ICCE. (2005). Pendidikan Kewarganegaraan. Jakartra: UIN: Universitas Islam Negeri Jakarta.
Winkel, W. S. 2004. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.