STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM DIGITAL MERKETING DI INDIE LIGHT (PT. NICKY TRI CAHAYA)

Authors

  • Achmad Nuari Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia
  • Syahrul Abidin Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29040/jie.v7i2.9251

Abstract

Penelitian ini membahas strategi komunikasi pemasaran yang efektif dalam konteks digital marketing di Indie Light (PT. Nicky Tri Cahaya). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi strategi yang dapat meningkatkan kehadiran merek dan mencapai target audiens dengan efektif. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan wawancara mendalam dan analisis konten untuk mendapatkan pemahaman yang komprehensif tentang strategy komunikasi pemasaran yang diterapkan oleh Indie Light. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang berhasil melibatkan audiens melalui platform media sosial, kampanye konten yang kreatif, dan kerjasama dengan influencer yang relevan. Ditemukan bahwa penggunaan data analitik dan alat-alat pemantauan performa sangat penting untuk mengukur efektivitas strategi komunikasi pemasaran. Berdasarkan temuan ini, disarankan agar Indie Light terus memperkuat kehadiran mereka di media sosial, meningkatkan interaksi dengan audiens melalui konten yang menarik, dan terus memantau dan mengevaluasi kinerja kampanye mereka. Penelitian ini memberikan wawasan berharga bagi Indie Light dan perusahaan sejenis dalam mengembangkan strategi komunikasi pemasaran yang efektif dalam konteks digital marketing.

References

Afrilial Pogram Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Tidar Jalan Kapten Suparman No. 39, Potrobangsan, Magelang Utara. E-mail: mettaafrilia@untidar.ac.id

elch GE and M.A Belch.2004. Advertising And Promotion, An Integrated marketing Communication Perspective, Sixth Edition, The mcGrew Hill/Irwin: New York. Cangara, Hafied. 2012. Pengantar Ilmu Komunikasi. Depok: Raja Grafindo Persada Danim, Sudarwan. 2002. Menjadi Peneliti Kualitatif. Bandung: CV.Pustaka Setia.

Effendy, Onong Uchjana. 1989. Kamus Komunikasi. Bandung: PT. Mandar Maju

Fabyana, Deka Cahya. 2018. Pengaruh Instagram Terhadap Minat Berkunjung Konsumen. Surakarta: Universitas Sebelas Maret

Hetz, P.R, Dawson, C.L & Cullen, T.A. 2015. Social Media Use And The Fear Of Missing Out (Fomo) While Studying Abroad. Journal of Research on Technology in Education.

Impact of digital marketing development entrepreneurship Kenzhegul Bizhanoval*, Arafat Implementasi Digital Marketing dalam Membangun Brand Awareness Femi Oktavianil Femi Oktavianil dan Diki on

Rustandi2 1,2Universitas BSI Kadir, Abdul. 2007. Pengenalan Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi Offset

Kazakh National University, 050040, Almaty, Kazakhstan 2Kazakh Innovative HumanitarianJuridical University, 11, Mangilik el str, Semey, Kazakhstan Mamyrbekov1, Ilkhom Umarov1. Akmaral

Orazymbetoval, and Aziza Khairullaeva2 1Al- Farabi MENENGAH, Ira Promasanti Rachmadewi, Auliya Firdaus, Qurtubi*, Wahyudhi Sutrisno, Chancard Basumerda

Nasrullah, Rulli.2017. Media Sosial: Perspektif Komunikasi, Budaya dan Sosioteknologi, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rachmawati, F. (2018). Penerapan digital marketing sebagai strategi komunikasi pemasaran terpadu produk usaha kecil dan menengah (UKM) pahlawan ekonomi surabaya (Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya).

Salim, A. D. (2014). Imc: Promosi, iklan dan sponsor rokok strategi perusahaan menggiring remaja untuk merokok. Benefit: Jurnal Manajemen dan Bisnis, 17(1), 58-65.

Suswanto, P., & Setiawati, S. D. (2020). Strategi Komunikasi Pemasaran Shopee Dalam Membangun Positioning Di Tengah Pandemi Covid-19 Di Indonesia. Linimasa: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(2), 16-29.

Suyanto, M. (2003). Strategi periklanan pada e-commerce perusahaan top dunia. Penerbit Andi.

Suparno, I. P. (2012). Pengaruh Iklan Produk Dan Iklan Event Pendukung Pada Kelompok Responden Bukan Perokok, Perokok La Lights Dan Perokok Merek Lain (Doctoral dissertation, STIE Indonesia Banking School).

Sulistiono, G. T. (2020). Fungsi Band Hardcore Punk Wollfeet Surabaya Bagi Penggemarnya (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS AIRLANGGA).

Downloads

Published

2023-06-09

How to Cite

Nuari, A., & Abidin, S. (2023). STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM DIGITAL MERKETING DI INDIE LIGHT (PT. NICKY TRI CAHAYA). JURNAL ILMIAH EDUNOMIKA, 7(2). https://doi.org/10.29040/jie.v7i2.9251

Issue

Section

Articles

Citation Check