STRATEGI PEMASARAN ONLINE DALAM MENARIK MINAT CUSTOMER BERKUNJUNG KE SUDAMALA RESORT

Authors

  • Putu Ayu Titha Paramita Pika Universitas Pendidikan Nasional, Indonesia
  • Elisabeth Lustiana Hormat Universitas Pendidikan Nasional, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29040/jie.v7i2.8818

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana strategi pemasaran online yang diterapkan oleh Sudamala Resort untuk menarik minat customer. Lokasi Penelitian ini dilakukan pada Sudamala Resort Labuan Bajo, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Metode yang digunakan yaitu metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pemilihan informan dilakukan dengan teknik purposive sampling dan untuk pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi sumber. Untuk analisis datanya dilakukan terhadap data hasil studi pendahuluan, atau data sekunder, yang digunakan untuk menentukan fokus penelitian. Hasil dari penelitian tersebut yaitu strategi pemasaran online yang dilakukan oleh Sudamala Resort dilakukan dengan seach engine optimization, sosial media marketing, iklan dan affliate marketing yang dilakukan untuk menjangkau pasar yang lebih luas dan mengurangi berbagai keterbatasan yang waktu dan jarak karena mampu diakses kapanpun dan dimana saja. Website merupakan akses utama bagi konsumen untuk mendapatkan informasi yang mendalam mengenai Sudamala Resort sehingga diharapkan pihak manajamen memperhatikan informasi yang ditampilkan dan meningkatkan kemudahan akses informasi tersebut untuk membantu konsumen dalam mencari informasi dengan lebih mudah.

Author Biography

Putu Ayu Titha Paramita Pika, Universitas Pendidikan Nasional

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

References

Afifa Fahrika, (2019). “Pengaruh Online Marketing dan E-Service Quality terhadap Loyalitas dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening Pada Online Shop Joyism Malang,†dalam Jurnal Ilmiah Riset Manajemen, Vol. 1, No. 04, hal. 53.

Ira Setiawati dan Penta Widyartati, (2017) “Pengaruh Strategi Pemasaran Online Terhadap Peningkatan Laba UMKM,†dalam Journal Proceedings, Vol. 1.

Kasmir, (2018). Pemasaran Bank (Jakarta: Kecana)

Kotler, P., Keller, K. L., Ang, S. H., Tan, C. T., & Leong, S. M. (2018). Marketing management: an Asian perspective. London: Pearson.

Sugiono, (2018). Memahami Penelitian Kualitatif, (Bandung: ALFABETA)

Suyadi Prawirosentono, (2018), Filosofi Baru Tentang Manajemen Terpadu Total Quality Management Abad 21 Studi Kasus & Analisis (Jakarta: PT Bumi Aksara),

Theresia Pradiani. (2017).“Pengaruh Sistem Pemasaran Digital Marketing Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Hasil Industri Rumahan,†dalam Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, Vol. 11, No. 2.

Downloads

Published

2023-05-06

How to Cite

Pika, P. A. T. P., & Hormat, E. L. (2023). STRATEGI PEMASARAN ONLINE DALAM MENARIK MINAT CUSTOMER BERKUNJUNG KE SUDAMALA RESORT. JURNAL ILMIAH EDUNOMIKA, 7(2). https://doi.org/10.29040/jie.v7i2.8818

Issue

Section

Articles

Citation Check