ADAB SEBAGAI ASAS PENDIDIKAN DI PONDOK MODERN DARUSSALAM GONTOR

Penulis

  • Agus Budiman Universitas Darussalam Gontor, Indonesia
  • Heru Wahyudi Universitas Darussalam Gontor, Indonesia
  • Amir Reza Kusuma Universitas Darussalam Gontor, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29040/jie.v7i2.8575

Abstrak

Pondok pesantren merupakan lembaga pendidikan Islam yang sangat penting di tanah Melayu dalam mempengaruhi dan memberikan corak perkembangan intelektual serta budaya hidup Islam, bahkan pesantren menjadi sebab perkembangan sekolah-sekolah agama.Apabila tanah Melayu tidak dijajah oleh bangsa Barat niscaya pesantren akan tumbuh berkembang menjadi universitas tersohor layaknya universitas-universitas yang ada di Eropah pada saat ini yang berawal dari madrashah-madrashah, salah satu yang berpengaruh ialah Pondok Modern Darussalam Gontor yang menggunakan adab dalam mendidik santri supaya mendapatkan pendidikan yang kafah, makalah ini akan menjelaskan bagaimana konsep adab di aplikasikan di gontor adab sebagai, “disiplin tubuh, jiwa, dan ruh; disiplin yang menegaskan pengenalan dan pengakuan tempat yang tepat dalam hubungannya dengan kemampuan dan potensi jasmaniah, intelektual, dan ruhaniah; pengenalan dan pengakuan akan kenyataan bahwa ilmu dan wujud ditata secara hierarkis sesuai dengan berbagai tingkat (maratib) dan derajatnya (darajah).

Referensi

Abdul, G. B. I. (2013). Syarh Ma’arif al-Ghaibah fi Syarh ‘Ainiyyah. Darul Kutub Islamiah.

Abdul, R, Amir, R. K, M. A. F. (2022). The Essence of ’Aql as KamÄl Al-Awwal in the view of Ibnu SÄ«nÄ and its Relation to Education. Jurnal Dialogia, 20(1), 176–205. https://doi.org/DOI: 10.21154/dialogia.v20i1.3533

Abu Hamid al-Ghazali. (1986). At-Tibr al-Masbuk fi nasīhat al-Muluk. alMu’asasat al-Jami’iyat.

Adian, H. (2020). Mengenal sosok dan pemikiran Syed Muhammad Naquib al-Attas dan Wan mohd nor Wan Daud. At-Taqwa.

Al-Maudūdī. (1990). The Islamic Law and Constitution, terj. Asep Hikmat, Hukum dan Konstitusi Sistem Politik Islam. Mizan.

Al-Attas, S. M. N. (1993). Islam and Secularism. ISTAC.

Al-Attas, S. M. N. (1995). Prolegomena to The Metaphysics of Islam: An Exposition of The Fundamental Element of The Worldview of Islam. ISTAC.

Al-Attas, S. M. N. (2001). Risalah Untuk Kaum Muslimin. ISTAC.

Amir Reza Kusuma & Didin Ahmad Manca. (2022). Pendekatan Kecerdasan Emosional Dalam Pembelajaran Daring Bahasa Arab. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bestari, 1(3), 115–122. https://doi.org/10.55927/jpmb.v1i3.653

Atabik, S., Ghozali, M., & Kusuma, A. R. (t.t.). Analisis Penerapan Akad Wakalah Bil-Ujrah pada layanan Go-Mart (Studi Analisis).

Budiman, A., & Hilman, F. (2018). Efforts Kulliyatul Mu’allimin Al-Islamiyyah (KMI) In Improving Teacher Professionalism In Pondok Modern Darussalam Gontor Ponorogo. Educan : Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 1. https://doi.org/10.21111/educan.v2i2.3261

Fadillah, N. H., Kusuma, A. R., & Anwar, R. A. (2022). Comparative Study of Ijtihad Methods Between Ahlussunnah and Syiah. Tasfiyah: Jurnal Pemikiran Islam, 6(1), 83. https://doi.org/10.21111/tasfiyah.v6i1.6837

Fahamsyah, M. H. (2020). Spiritual Marketing Gontor dalam Mempertahankan Positioning. TSAQAFAH, 16(1), 147. https://doi.org/10.21111/tsaqafah.v16i1.4337

Fahmy Zarkasyi, H. (2012). Misykat: Refleksi Tentang Westernisasi, Liberalisasi, dan Islam. INSISTS dan MIUMI.

Husaini, A. (2007). Mengapa Barat Menjadi Sekuler-Liberal. CIOS.

Husaini, A. (2013). Pendidikan Karakter Berbasis Ta’dîb. TSAQAFAH, 9(2), 371. https://doi.org/10.21111/tsaqafah.v9i2.58

Ibnu Katsir. (1999). Tafsir al-Quranil ‘Adzim. Dar l-Kutub Islami.

Ihsan, N. H., Kusuma, A. R., Sakti, D. A. B., & Rahmadi, A. (t.t.). Worldview sebagai landasan filsafat dan sains 31. https://doi.org/DOI: 10.28944/reflektika.v17i1.445

Kubro, S., Armayanto, H., & Kusuma, A. R. (2022). Telaah kritis konsep tuhan agama baha'i 18(2). https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.14421/rejusta.2022.1802-06

Kusuma, A. R. (2021). problem konsep komunikasi barat (Upaya Integrasi dan Islamisasi Ilmu Komunikasi). Ath Thariq Jurnal Dakwah dan Komunikasi, 5(2), 162. https://doi.org/10.32332/ath_thariq.v5i2.3622

Kusuma, A. R. (2022a). Konsep Jiwa Menurut Ibnu Sina dan Aristoteles. Tasamuh: Jurnal Studi Islam, 14(1), 30. https://doi.org/10.47945/tasamuh.v14i1.492

Kusuma, A. R. (2022b). Konsep Psikologi Syed Muhammad Naquib al-Attas. 15. https://doi.org/DOI : 10.15548/alqalb.v13i2.4386

Latief, M., Ash-Shufi, C. G. F., Kusuma, A. R., & Fadhlil, F. D. (t.t.). Framework Richard Walzer Terhadap Filsafat Islam Dalam Bukunya; Greek Into Arabic Essay On Islamic Philosophy. 7(1), 14. https://doi.org/DOI :10.15575/jaqfi.v7i1.12095

Latief, M., Rizqon, A., Kusuma, A. R., & Kubro, S. (2022). The Problem of Religious Freedom In the Practice of Amar Ma’ruf Nahi Munkar. Analisis: Jurnal Studi Keislaman, 22(1), 95–110. https://doi.org/10.24042/ajsk.v22i1.12274

Latief, M., Zarkasyi, A. F., & Kusuma, A. R. (2022). Problem Sekuler Hubungan Agama dan Negara Menurut Ali Abdul Raziq. 7. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.25217/jf.v7i2.2542

M. Sayyid Qutb. (t.t.). Muqawwamât al-Tasawwur al-Islâmî. Dâr al-Shurûq.

Mahmudi, I., Manca, D. A., & Kusuma, A. R. (t.t.). Literature Review: Arabic Language Education in the Digital Age. 14.

Muhammad Syifa’urrahman & Amir Reza Kusuma. (2022). قضية ØµÙØ§Øª الله عند المعتزلة وأبي الحسن الأشعري وابن تيمية. Rausyan Fikr: Jurnal Ilmu Studi Ushuluddin dan Filsafat, 18(1), 153–188. https://doi.org/10.24239/rsy.v18i1.876

Muslih, M., Rahman, R. A., Kusuma, A. R., Rohman, A., & Suntoro, A. F. (2021). Mengurai Disrupsi Paham Keislaman Indonesia Dalam Perspektif Tipologi Epistimologi Abid Al- Jabiri. 6(2), 16. https://doi.org/DOI :10.15575/jaqfi.v6i2.14028

Rahman, R. A. (t.t.). Diskursus Fenomenologi Agama Dalam Studi Agama-agama. 32.

Saleh, S. Z., Rohman, A., Hidayatullah, A., & Kusuma, A. R. (2017). Ikhbar Al-quran ‘an mazaya khasais naml: DirÄsah ‘alÄ al-I’jÄz al-‘IlmÄ« fÄ« sÅ«rat an-Naml. QOF, 5(1), 59–74. https://doi.org/10.30762/qof.v5i1.3583

Syamsuri, Hanif Fadillah Nirhamna, Amir Reza Kusuma, & Jamal. (t.t.). Analisis Qanun (Lembaga Keuangan syariah) Dalam Penerapan Ekonomi Islam Melalui Perbankan Syariah di Aceh. 12. https://doi.org/DOI: http://dx.doi.org/10.29040/jiei.v7i3.3662

Syamsuri, J. (2016). Eksistensi dan Kontribusi Pondok Modern Darussalam Gontor Dalam Pembangunan Sumber Daya Manusia. At Ta’dib, 11(2). https://doi.org/10.21111/at-tadib.v11i2.776

Syed Muhammad Naquib Al-Attas. (1963). Some Aspects of Shūfism as Understood and Practised Among the Malays. Malaysian Sociological Research Institute.

Syed Muhammad Naquib Al-Attas. (1980). The Concept of Education in Islam: A Framework for An Philosophy of Education. Muslim Youth Movement of Malaysia (ABIM).

Syed Muhammad Naquib Al-Attas. (2015). On Justice and Nature of Man. IBFIM.

Wan Mohd Nor Wan Daud. (1997). Budaya Ilmu: Makna dan Manifestasi dalam Sejarah dan Masa Kini. Dewan Bahasa &Pustaka Kuala Lumpur.

Zaid, A. H., Kusuma, A. R., & Fadillah, N. H. (2023). problem ekonomi konvensional dan dam dampaknya terhadap pendidikan. 07(01). DOI : 10.29040/jie.v7i1.7511

Zarkasyi, H. F. (2013). Worldview Islam dan Kapitalisme Barat. TSAQAFAH, 9(1), 15. https://doi.org/10.21111/tsaqafah.v9i1.36

Zarkasyi, H. F. (2020). Imam Zarkasyi’s Modernization of Pesantren in Indonesia (A Case Study of Darussalam Gontor). QIJIS (Qudus International Journal of Islamic Studies), 8(1), 161. https://doi.org/10.21043/qijis.v8i1.5760

Diterbitkan

2023-03-22

Cara Mengutip

Budiman, A., Wahyudi, H., & Kusuma, A. R. (2023). ADAB SEBAGAI ASAS PENDIDIKAN DI PONDOK MODERN DARUSSALAM GONTOR. JURNAL ILMIAH EDUNOMIKA, 7(2). https://doi.org/10.29040/jie.v7i2.8575

Terbitan

Bagian

Articles

Citation Check