ADAB SEBAGAI ASAS PENDIDIKAN DI PONDOK MODERN DARUSSALAM GONTOR
DOI:
https://doi.org/10.29040/jie.v7i2.8575Abstrak
Referensi
Abdul, G. B. I. (2013). Syarh Ma’arif al-Ghaibah fi Syarh ‘Ainiyyah. Darul Kutub Islamiah.
Abdul, R, Amir, R. K, M. A. F. (2022). The Essence of ’Aql as KamÄl Al-Awwal in the view of Ibnu SÄ«nÄ and its Relation to Education. Jurnal Dialogia, 20(1), 176–205. https://doi.org/DOI: 10.21154/dialogia.v20i1.3533
Abu Hamid al-Ghazali. (1986). At-Tibr al-Masbuk fi nasīhat al-Muluk. alMu’asasat al-Jami’iyat.
Adian, H. (2020). Mengenal sosok dan pemikiran Syed Muhammad Naquib al-Attas dan Wan mohd nor Wan Daud. At-Taqwa.
Al-Maudūdī. (1990). The Islamic Law and Constitution, terj. Asep Hikmat, Hukum dan Konstitusi Sistem Politik Islam. Mizan.
Al-Attas, S. M. N. (1993). Islam and Secularism. ISTAC.
Al-Attas, S. M. N. (1995). Prolegomena to The Metaphysics of Islam: An Exposition of The Fundamental Element of The Worldview of Islam. ISTAC.
Al-Attas, S. M. N. (2001). Risalah Untuk Kaum Muslimin. ISTAC.
Amir Reza Kusuma & Didin Ahmad Manca. (2022). Pendekatan Kecerdasan Emosional Dalam Pembelajaran Daring Bahasa Arab. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bestari, 1(3), 115–122. https://doi.org/10.55927/jpmb.v1i3.653
Atabik, S., Ghozali, M., & Kusuma, A. R. (t.t.). Analisis Penerapan Akad Wakalah Bil-Ujrah pada layanan Go-Mart (Studi Analisis).
Budiman, A., & Hilman, F. (2018). Efforts Kulliyatul Mu’allimin Al-Islamiyyah (KMI) In Improving Teacher Professionalism In Pondok Modern Darussalam Gontor Ponorogo. Educan : Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 1. https://doi.org/10.21111/educan.v2i2.3261
Fadillah, N. H., Kusuma, A. R., & Anwar, R. A. (2022). Comparative Study of Ijtihad Methods Between Ahlussunnah and Syiah. Tasfiyah: Jurnal Pemikiran Islam, 6(1), 83. https://doi.org/10.21111/tasfiyah.v6i1.6837
Fahamsyah, M. H. (2020). Spiritual Marketing Gontor dalam Mempertahankan Positioning. TSAQAFAH, 16(1), 147. https://doi.org/10.21111/tsaqafah.v16i1.4337
Fahmy Zarkasyi, H. (2012). Misykat: Refleksi Tentang Westernisasi, Liberalisasi, dan Islam. INSISTS dan MIUMI.
Husaini, A. (2007). Mengapa Barat Menjadi Sekuler-Liberal. CIOS.
Husaini, A. (2013). Pendidikan Karakter Berbasis Ta’dîb. TSAQAFAH, 9(2), 371. https://doi.org/10.21111/tsaqafah.v9i2.58
Ibnu Katsir. (1999). Tafsir al-Quranil ‘Adzim. Dar l-Kutub Islami.
Ihsan, N. H., Kusuma, A. R., Sakti, D. A. B., & Rahmadi, A. (t.t.). Worldview sebagai landasan filsafat dan sains 31. https://doi.org/DOI: 10.28944/reflektika.v17i1.445
Kubro, S., Armayanto, H., & Kusuma, A. R. (2022). Telaah kritis konsep tuhan agama baha'i 18(2). https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.14421/rejusta.2022.1802-06
Kusuma, A. R. (2021). problem konsep komunikasi barat (Upaya Integrasi dan Islamisasi Ilmu Komunikasi). Ath Thariq Jurnal Dakwah dan Komunikasi, 5(2), 162. https://doi.org/10.32332/ath_thariq.v5i2.3622
Kusuma, A. R. (2022a). Konsep Jiwa Menurut Ibnu Sina dan Aristoteles. Tasamuh: Jurnal Studi Islam, 14(1), 30. https://doi.org/10.47945/tasamuh.v14i1.492
Kusuma, A. R. (2022b). Konsep Psikologi Syed Muhammad Naquib al-Attas. 15. https://doi.org/DOI : 10.15548/alqalb.v13i2.4386
Latief, M., Ash-Shufi, C. G. F., Kusuma, A. R., & Fadhlil, F. D. (t.t.). Framework Richard Walzer Terhadap Filsafat Islam Dalam Bukunya; Greek Into Arabic Essay On Islamic Philosophy. 7(1), 14. https://doi.org/DOI :10.15575/jaqfi.v7i1.12095
Latief, M., Rizqon, A., Kusuma, A. R., & Kubro, S. (2022). The Problem of Religious Freedom In the Practice of Amar Ma’ruf Nahi Munkar. Analisis: Jurnal Studi Keislaman, 22(1), 95–110. https://doi.org/10.24042/ajsk.v22i1.12274
Latief, M., Zarkasyi, A. F., & Kusuma, A. R. (2022). Problem Sekuler Hubungan Agama dan Negara Menurut Ali Abdul Raziq. 7. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.25217/jf.v7i2.2542
M. Sayyid Qutb. (t.t.). Muqawwamât al-Tasawwur al-Islâmî. Dâr al-Shurûq.
Mahmudi, I., Manca, D. A., & Kusuma, A. R. (t.t.). Literature Review: Arabic Language Education in the Digital Age. 14.
Muhammad Syifa’urrahman & Amir Reza Kusuma. (2022). قضية ØµÙØ§Øª الله عند المعتزلة وأبي Ø§Ù„ØØ³Ù† الأشعري وابن تيمية. Rausyan Fikr: Jurnal Ilmu Studi Ushuluddin dan Filsafat, 18(1), 153–188. https://doi.org/10.24239/rsy.v18i1.876
Muslih, M., Rahman, R. A., Kusuma, A. R., Rohman, A., & Suntoro, A. F. (2021). Mengurai Disrupsi Paham Keislaman Indonesia Dalam Perspektif Tipologi Epistimologi Abid Al- Jabiri. 6(2), 16. https://doi.org/DOI :10.15575/jaqfi.v6i2.14028
Rahman, R. A. (t.t.). Diskursus Fenomenologi Agama Dalam Studi Agama-agama. 32.
Saleh, S. Z., Rohman, A., Hidayatullah, A., & Kusuma, A. R. (2017). Ikhbar Al-quran ‘an mazaya khasais naml: DirÄsah ‘alÄ al-I’jÄz al-‘IlmÄ« fÄ« sÅ«rat an-Naml. QOF, 5(1), 59–74. https://doi.org/10.30762/qof.v5i1.3583
Syamsuri, Hanif Fadillah Nirhamna, Amir Reza Kusuma, & Jamal. (t.t.). Analisis Qanun (Lembaga Keuangan syariah) Dalam Penerapan Ekonomi Islam Melalui Perbankan Syariah di Aceh. 12. https://doi.org/DOI: http://dx.doi.org/10.29040/jiei.v7i3.3662
Syamsuri, J. (2016). Eksistensi dan Kontribusi Pondok Modern Darussalam Gontor Dalam Pembangunan Sumber Daya Manusia. At Ta’dib, 11(2). https://doi.org/10.21111/at-tadib.v11i2.776
Syed Muhammad Naquib Al-Attas. (1963). Some Aspects of Shūfism as Understood and Practised Among the Malays. Malaysian Sociological Research Institute.
Syed Muhammad Naquib Al-Attas. (1980). The Concept of Education in Islam: A Framework for An Philosophy of Education. Muslim Youth Movement of Malaysia (ABIM).
Syed Muhammad Naquib Al-Attas. (2015). On Justice and Nature of Man. IBFIM.
Wan Mohd Nor Wan Daud. (1997). Budaya Ilmu: Makna dan Manifestasi dalam Sejarah dan Masa Kini. Dewan Bahasa &Pustaka Kuala Lumpur.
Zaid, A. H., Kusuma, A. R., & Fadillah, N. H. (2023). problem ekonomi konvensional dan dam dampaknya terhadap pendidikan. 07(01). DOI : 10.29040/jie.v7i1.7511
Zarkasyi, H. F. (2013). Worldview Islam dan Kapitalisme Barat. TSAQAFAH, 9(1), 15. https://doi.org/10.21111/tsaqafah.v9i1.36
Zarkasyi, H. F. (2020). Imam Zarkasyi’s Modernization of Pesantren in Indonesia (A Case Study of Darussalam Gontor). QIJIS (Qudus International Journal of Islamic Studies), 8(1), 161. https://doi.org/10.21043/qijis.v8i1.5760