ANALISA FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN NASABAH DALAM MEMILIH KOPERASI SIMPAN PINJAM DAN PEMBIAYAAN SYARIAH (KSPPS)

Authors

  • Abu Bakar Akbar Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Swasta Mandiri Surakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29040/jie.v5i2.3325

Abstract

Tujuan pelaksanaan penelitian ini yaitu untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan nasabah (budaya, sosial, pribadi, dan psikologis) dalam memilih koperasi simpan pinjam dan pembiayaan syariah (KSPPS). Dalam penelitian ini yang tempat yang dijadikan penelitian yaitu KSPPS BMT Tumang Cabang Solo. Dalam penelitian ini populasi yang digunakan adalah nasabah BMT Tumang Cabang Solo. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode convenience sampling sebanyak 91 sampel. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan dengan kuesioner. Metode analisis data yang digunakan adalah uji statistik deskriptif, uji validitas, uji reliabilitas. Pengujian hipotesis menggunakan uji regresi linier berganda, uji parsial (uji t), uji simultan (uji F), dan dengan menggunakan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial faktor budaya berpengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah dalam memilih BMT Tumang Cabang Solo. Secara parsial faktor sosial, faktor pribadi atau personal, maupun faktor psikologis tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah dalam memilih BMT Tumang Cabang Solo. Faktor budaya, sosial, pribadi, dan psikologis secara simultan mempengaruhi keputusan nasabah dalam memilih BMT Tumang Cabang Solo.

References

Imaniyati, N. S., & Bakti, P. C. A. (2010). Aspek-Aspek Hukum BMT (Baitul Maal wat Tamwil). Citra Aditya Bakti.

Febryani, L. (2019). Motif Masyarakat Bertransaksi Pada Bank Konvensional Studi Kasus Desa Sido Makmur Kecamatan Kabawetan Kabupaten Kepahiang (Doctoral dissertation, IAIN Curup).

Kotler, Philip dan Amstrong, Gery. 2004. Dasar-dasar Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Indeks.

Muktar, B. (2016). Bank dan Lembaga Keuangan Lain. Prenada Media.

Sahir, S. H., Mardia, M., Mistriani, N., Sari, O. H., Dewi, I. K., Purba, B., & Murdana, I. M. (2021). Dasar-Dasar Pemasaran. Yayasan Kita Menulis.

Safitri, Devita Ayu. 2017. Penyelesaian Pembiayaan Bermasalah pada Koperasi BMT Syariah Makmur Bandar Lampung. Sumatra: Skripsi Universitas Lampung.

Syauqoti, R., & Ghozali, M. (2018). Analisis sistem lembaga keuangan syariah Dan lembaga keuangan konvensional. Jurnal Iqtishaduna, 14(1), 19-21.

Sudarsono, H. (2020). Manajemen Pemasaran. Pustaka Abadi.

Suharno dan Yudi Sutarno. 2010. Marketing in Practice. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Zulkifli, Z., Hamzah, Z., & Hamzah, H. (2016). Analisa permasalahan baitul maal wat tamwil (BMT) melalui pendekatan analytical network process (ANP). Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan, 13(1), 18-29.

Downloads

Published

2021-09-25

How to Cite

Akbar, A. B. (2021). ANALISA FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN NASABAH DALAM MEMILIH KOPERASI SIMPAN PINJAM DAN PEMBIAYAAN SYARIAH (KSPPS). JURNAL ILMIAH EDUNOMIKA, 5(02), 1440–1448. https://doi.org/10.29040/jie.v5i2.3325

Citation Check