PENGARUH MEDIA SOSIAL TERHADAP KEPEMIMPINAN GENERASI MILENIAL DAN GEN Z

Penulis

  • Anita Tri Utami Universitas Surakarta , Indonesia
  • Widyantoro Yuliatmojo Universitas Surakarta , Indonesia
  • Nindita Pramuktisari Universitas Surakarta , Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29040/jie.v9i2.17110

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh media sosial terhadap gaya dan praktik kepemimpinan pada generasi milenial dan Gen Z melalui pendekatan studi kualitatif kepustakaan. Dalam era digital saat ini, media sosial telah menjadi bagian integral dalam kehidupan sehari-hari, terutama bagi dua generasi ini yang tumbuh bersama perkembangan teknologi. Studi ini menganalisis berbagai literatur ilmiah, artikel, dan publikasi yang relevan untuk memahami bagaimana media sosial membentuk persepsi, komunikasi, serta pengaruh kepemimpinan. Hasil temuan menunjukkan bahwa media sosial mempercepat pembentukan identitas kepemimpinan, memperluas jangkauan pengaruh, serta mengubah cara komunikasi antara pemimpin dan pengikut. Namun demikian, tantangan seperti citra diri palsu, tekanan sosial, dan kurangnya otentisitas juga menjadi isu penting. Studi ini memberikan kontribusi terhadap pemahaman peran media sosial dalam membentuk gaya kepemimpinan yang khas pada generasi muda.

Kata Kunci: Media Sosial, Kepemimpinan, Generasi Milenial, Gen Z, Studi Kepustakaan

Diterbitkan

2025-06-14

Cara Mengutip

Utami, A. T., Widyantoro Yuliatmojo, & Nindita Pramuktisari. (2025). PENGARUH MEDIA SOSIAL TERHADAP KEPEMIMPINAN GENERASI MILENIAL DAN GEN Z . JURNAL ILMIAH EDUNOMIKA, 9(2). https://doi.org/10.29040/jie.v9i2.17110

Terbitan

Bagian

Articles

Citation Check