ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT MASYARAKAT MENGGUNAKAN LAYANAN FINANCIAL TECHNOLOGY PEER TO PEER LENDING
DOI:
https://doi.org/10.29040/jie.v8i2.13151Abstract
References
Agustin, H., & Mulyani, E. (2018). Penerimaan dan Penggunaan Sistem E-Learning di Kalangan Dosen Akuntansi Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta di Padang: Kajian Empiris Berdasarkan Model UTAUT. Kemajuan Penelitian Ekonomi, Bisnis dan Manajemen, 57. http://e-learning.unp.ac.id
Amrullah, A., & Priyono, A. (2018). Integrasi aspek risiko dalam kesatuan teori penerimaan dan model penggunaan teknologi untuk menganalisis penerimaan teknologi go-ride. Jurnal Ilmiah Manajemen, 8(1), 33. https://doi.org/10.22441/mix.2018.v8i1.003
Angelina, C., & Aswin Rahadi, R. (2020). Kajian Konseptual Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Niat Penggunaan E-wallet di Jawa. Dalam Jurnal Internasional Akuntansi, Keuangan dan Bisnis (IJAFB). (Vol.5, Edisi 27).
APJII. (2020). Buletin APJII. Di Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. https://apjii.or.id/content/read/104/503/BULETIN APJII-EDISI-74---November-2020
Bagla, RK, & Sancheti, V. (2018). Kesenjangan dalam kepuasan pelanggan terhadap dompet digital: tantangan bagi keberlanjutan. Jurnal Pengembangan Manajemen, 37 (6), 442–451. https://doi.org/10.1108/JMD-04-2017-0144
Chang, CM, Liu, LW, Huang, HC, & Hsieh, HH (2019). Faktor-faktor yang mempengaruhi Pemesanan Hotel Online: Memperluas UTAUT2 dengan usia, jenis kelamin, dan pengalaman sebagai moderator. Informasi (Swiss) , 10 (9). https://doi.org/10.3390/info10090281
Chang, SE, Shen, WC, & Yeh, CH (2017). Sebuah studi perbandingan niat pengguna untuk merekomendasikan konten di jejaring sosial seluler. Alat dan Aplikasi Multimedia , 76 (4), 5399–5417. https://doi.org/10.1007/s11042-016-3966-1
Davis, FD (1989). Kegunaan yang dirasakan, kemudahan penggunaan yang dirasakan, dan penerimaan pengguna terhadap teknologi informasi. MIS Triwulanan: Sistem Informasi Manajemen , 13 (3), 319–339. https://doi.org/10.2307/249008
Dewi, CK, Mohaidin, Z., & Murshid, MA (2020). Penentu niat membeli online: pendekatan PLS-SEM: bukti dari Indonesia. Jurnal Studi Bisnis Asia , 14 (3), 281–306. https://doi.org/10.1108/JABS-03-2019-0086
Faridhal, M. (2019). Analisis Transaksi Pembayaran Non Tunai Melalui E-Wallet: Perspektif Modifikasi Model Unified Theory of Acceptance and Use of Technology 2. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB Universitas Brawijaya , 7 (2).
Gayatrie, MS, Kusyanti, A., & Saputra, MC (2017). Analisis Penerimaan OS Windows 10 dengan Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT2). Jurnal Perkembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer , 1 (6), 514–523. http://j-ptiik.ub.ac.id
Huei, CT, Cheng, LS, Seong, LC, Khin, AA, & Leh Bin, RL (2018). Studi awal tentang sikap konsumen terhadap produk dan layanan fintech di Malaysia. Jurnal Internasional Teknik dan Teknologi (UEA) , 7 (2), 166–169. https://doi.org/10.14419/ijet.v7i2.29.13310
Indah, M., & Agustin, H. (2019). Penerapan Model Utaut (Unified Theory of Acceptance and Use of Technology) untuk memahami niat dan perilaku sebenarnya pengguna Go-Pay di kota Padang. Jurnal Eksplorasi Akuntansi, 1(4). http://jea.ppj.unp.ac.id/index.php/jea/issue/view/16
Indrawati, & Putri, DA (2018). Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi niat untuk melanjutkan adopsi pembayaran elektronik menggunakan Model UTAUT 2 yang dimodifikasi: (Studi kasus Go-Pay dari Indonesia). Konferensi Internasional ke-6 tentang Teknologi Informasi dan Komunikasi 2018, ICoICT 2018 , 167–173. https://doi.org/10.1109/ICoICT.2018.8528748
Lavenia, IMIA (2018). Pengaruh Technology Acceptance Model (Tam) dan Electronic Word of Mouth (Ewom) Terhadap Kepuasan Pelanggan (Survei Pelanggan Go-Jek Di Kota Kediri). Jurnal Administrasi Bisnis , 60 (3).
Muhammad, RFFHKA (2021). Faktor Penentu Potensi Kegagalan Islamic Peer-to-Peer Lending: Persepsi Stakeholder di Indonesia. Jurnal Keuangan Asia, Ekonomi dan Bisnis , 8 (2).
Nugroho. P. Winarno, WW, dan Hartanto R. (2017). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Niat Menggunakan Pembayaran Seluler dengan Pendekatan Diperluas Teori Terpadu Penerimaan dan Penggunaan Teknologi. Prosiding Seminar Nasional CITEE 2017
Nuriska, AASSRR (2018). Faktor-faktor yang mempengaruhi niat perilaku dalam menggunakan go-pay dengan model penerimaan dan penggunaan teknologi terpadu yang dimodifikasi 2 model (utaut2). Jurnal Internasional Ekonomi dan Bisnis Muhammadiyah , 1 (2). http://journals.ums.ac.id/index.php/mijeb
Otoritas Jasa Keuangan. (2019). Data dan Statistik Perkembangan Fintech Lending Periode 31 Agustus 2019. Diakses dari https://www.ojk.go.id/id/kanal/iknb/data-danstatistik/fintech/Documents/Perkembangan%20Fintech%20Lending%20Periode% 20Jul i% 202019.pdf.
Otoritas Jasa Keuangan. (2019). Publikasi Penyelenggara Fintech yang Terdaftar dan Berizin di OJK Per 30 September 2019. Diakses dari https://www.ojk.go.id/id/berita-dan aktivitas/publikasi/Pages/Penselenggara-Fintech-Reregister-dan-Berizin- di- OJK-as-7-Agustus-2019.aspx.
Putro, AH (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Individu Dalam Menggunakan Peer To Peer Lending Dan Equity Crowd Funding Di DKI Jakarta. Manajemen Keuangan , 9 (1).
Rahi, S., Othman Mansour, MM, Alghizzawi, M., & Alnaser, FM (2019). Integrasi model UTAUT dalam konteks adopsi internet banking: Peran mediasi dari ekspektasi kinerja dan ekspektasi upaya. Jurnal Penelitian Pemasaran Interaktif , 13 (3), 411–435. https://doi.org/10.1108/JRIM-02-2018-0032
Sabatini, N. (2017) Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Niat Perilaku Nasabah dalam Menggunakan Internet Banking, Program Studi Manajemen Bisnis, Sekolah Tinggi Manajemen PPM, Jakarta, Indonesia.
Saragih, AH, & Septamia, NU (2019). Analisis Penerimaan Pengguna Terhadap E-Filing Menggunakan Model Unified Theory Acceptance and Use of Technology (UTAUT). Jurnal Studi Akuntansi, 3(1), 1-17.
orang Sudan. MA & Aziz E. (2018). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penggunaan E-Money pada Generasi Milenial (Studi Kasus Mahasiswa S1 IPB) E Prosiding Manajemen. 5(3): 3104-311
Taylor, Shirley. Todd. PA (1995). memahami penggunaan teknologi informasi: pengujian model yang bersaing. Penelitian Sistem Informasi , 6 (2).
Tsamara, B. (2021). Faktor-faktor yang mempengaruhi minat bertransaksi menggunakan financial technology (fintech) (studi pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Ar-Raniry Banda Aceh). Tesis.
Venkatesh, V., Morris, MG, Davis, GB, & Davis, FD (2003). Penerimaan Pengguna terhadap Teknologi Informasi: Menuju Pandangan Terpadu. Dalam Sumber: MIS Quarterly (Vol. 27, Edisi 3).
Welly, Y., Supitriyani, S., Yusnaini, Y., & Sudirman, A. (2020). Faktor Penggunaan Pembayaran Non Tunai Terhadap Tingkat Konsumsi Pelajar Di Kota Pematangsiantar. Jurnal Bisnis dan Manajemen , 7 (1). https://doi.org/10.26905/jbm.v7i1.4041