THE INFLUENCE OF ONLINE CUSTOMER REVIEWS AND ONLINE CUSTOMER RATINGS ON INTEREST IN PURCHASING PRODUCTS ON SHOPEE WITH TRUST AS A MEDIATION VARIABLE
DOI:
https://doi.org/10.29040/jie.v8i1.12010Abstrak
Referensi
Aldilla, Firda Ayu. (2021). Pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating terhadap Purchase Intention melalui Customer Trust. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 3(April), 49–58.
Arifin, Angga Abdul & Irmawati. (2020) Analisis Pengaruh Marketplace, Sosial Media dan Website terhadap Minat Bertransaksi Secara Online pada Mahasiswa FEB UMS. Skripsi, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Banurea, L. A., Malau, A. R., Silaban, P. H., & Sipayung, L. D. (2023). Analisis SEM Pada Online Customer Review dan Online Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian. 16(2), 400–406.
Bauerová, R., & Klepek, M. (2018). Technology Acceptance as a Determinant of Online Grocery Shopping Adoption. Acta Universitatis Agriculturae et Silviculturae Mendelianae Brunensis, 66(3), 737–746. https://doi.org/10.11118/actaun201866030737
Cahyonugroho, Andi Dwi & Irmawati. (2021) Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Merek, dan Promosi terhadap Niat Pembelian Sepeda Polygon. Skripsi, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Dwidienawati, D., Tjahjana, D., Abdinagoro, S. B., Gandasari, D., & Munawaroh. (2020). Customer review or influencer endorsement: which one influences purchase intention more? Heliyon, 6(11). https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2020.e05543
Gabriela, Yoshua, & Mulyandi, M. R. (2022). Pengaruh Online Customer Review Dan Online Customer Rating Terhadap Minat Beli Pelanggan E-Commerce. Jurnal Jempper : Jurnal Ekonomi, Manajemen Parawisata Dan Perhotelan, 1(1), 121–125.
Gavilan, D., Avello, M., & Martinez-Navarro, G. (2018). The influence of online ratings and reviews on hotel booking consideration. Tourism Management, 66, 53–61. https://doi.org/10.1016/j.tourman.2017.10.018
Haris, H., Adiwijaya, N. O., & Ar Ruhimat, Q. A. (2022). Pengaruh Rating, Review, dan Response Penjual terhadap Kepercayaan dan Minat Beli Pengguna Shopee Se-Karesidenan Besuki. Informal: Informatics Journal, 7(3), 199. https://doi.org/10.19184/isj.v7i3.35398
Ichsan M, Jumhur ,HH, um Md. S. (2018). Pengaruh Consumer Online Rating and Review Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Marketplace Tokopedia Di Wilayah Dki Jakarta Effect of Consumer Online Rating and Review To Buying. E-Proceeding of Management, 5(2), 1828–1835.
Komariyah, D. I. (2022). Pengaruh Online Customer Review dan Rating Terhadap Minat Pembelian Online Shopee ( Studi Kasus Pada Santri Putri Pondok Pesantren Salafiyah Syafi ’ iyah Seblak Jombang ) Pendahuluan Pesatnya perkembangan internet memberikan dampak yang besar bagi aspek s. Journal of Business and Innovation Management, 4, 343–358.
Lee, S., Lee, S., & Baek, H. (2021). Does the dispersion of online review ratings affect review helpfulness? Computers in Human Behavior, 117(August 2020), 106670. https://doi.org/10.1016/j.chb.2020.106670
Maulana, F., & Santy, R. D. (2021). Pengaruh Ulasan Online Terhadap Niat Beli Dengan Kepercayaan Sebagai Intervening (Studi Kasus Terhadap Pengguna Aplikasi Tokopedia di Kota Bandung). Journal of Economics, Management, Business and Accounting, 1(1), 84–92. https://doi.org/10.34010/jemba.v1i1.5022
Park, C. W., Sutherland, I., & Lee, S. K. (2021). Effects of online reviews, trust, and picture-superiority on intention to purchase restaurant services. Journal of Hospitality and Tourism Management, 47(August 2020), 228–236. https://doi.org/10.1016/j.jhtm.2021.03.007
Putri, N. K. R. W. D. (2021). Jurnal EMAS. Jurnal Emas, 2(1), 51–70.
Rahmawati, A. I. (2021). Pengaruh Online Customer Review, Online Customer Rating Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Online (Studi Kasus Pada Mahasiswa Feb Universitas Pgri Semarang). Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Ekonomi Kreatif, 1(1), 18–23. https://doi.org/10.26877/jibeka.v1i1.3
Ramadhani, T., Budimansyah, & Sanajaya, V. F. (2021). Pengaruh Rating Dan Online Consumer Review Terhadap Minat Beli Dengan Kepercayaan Sebagai Pemediasi Pada Marketplace Shopee Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Jurnal Manajemen Bisnis Islam, 2(2), 143–162.
Renaldy, Yogi Ihza and & Irmawati. (2023). Pengaruh Kemudahan Dan Keamanan Terhadap Niat Beli Ulang Belanja Online Di Shopee Dengan Kepercayaan Sebagai Variabel Mediasi. Skripsi, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Risma, O. :, Munte, N., Girsang, R., & Safitri, A. (2020). Pengaruh Online Consumer Review Dan Rating Terhadap Kepercayaan Dan Minat Marketplace Shopee. Jurnal Education and Development, 8(3), 187–192. https://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/1910/996
Rohmatulloh, C., & Sari, D. (2019). Pengaruh Online Customer Review Terhadap Minat Beli Dengan Kepercayaan Sebagai Variabel Intervening Pada Shopee. Tjyybjb.Ac.Cn, 3(2), 58–66. http://www.tjyybjb.ac.cn/CN/article/downloadArticleFile.do?attachType=PDF&id=9987
Sa’adah, A. N., Rosma, A., & Aulia, D. (2022). Persepsi Generasi Z Terhadap Fitur Tiktok Shop Pada Aplikasi Tiktok. Transekonomika: Akuntansi, Bisnis Dan Keuangan, 2(5), 131–140. https://doi.org/10.55047/transekonomika.v2i5.176
Safitri, A. (2022). Pengaruh Online Customer Rating Terhadap Minat Beli Fashion Melalui Shopee Dengan Kepercayaan Sebagai Variabel Intervening ….http://repository.unwidha.ac.id:880/2877/%0Ahttp://repository.unwidha.ac.id:880/2877/1/Anita Fix.pdf
Safitri, Keny E. W. (2022). Pengaruh Online Customer Review, Rating, Dan Kepercayaan Terhadap Niat Beli Konsumen Pada Aplikasi Tokopedia. Jurnal Manajemen Dan Sistem Informasi, 21(2), 119. http://eprints.ums.ac.id/101988/
Tusanputri, A. V., & Amron. (2021). Pengaruh iklan dan program gratis ongkir terhadap keputusan pembelian pada platform e-commerce Tiktok shop. Journal FEB UNMUL, Vol. 23(4), hlm. 632-639.
Wibowo, N. A., & Safitri, K. (2022). Trust Memediasi Online Customer Review Dan Rating Terhadap Minat Beli Melalui Martketplace Shopee. Eqien - Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 11(04), 201–207. https://doi.org/10.34308/eqien.v11i04.1256