Pengaruh Pengetahuan Riba Dan Kebutuhan Mahasiswa Terhadap Keputusan Menggunakan Pinjaman Online (Studi Pada Mahasiswa Universitas Majalengka Yang Menggunakan Layanan Pinjaman Online)
Keywords:
Riba, Kebutuhan, Literasi Keuangan IslamAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh pengetahuan riba dan kebutuhan mahasiswa terhadap keputusan menggunakan pinjaman online di kalangan mahasiswa Universitas Majalengka. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif verifikatif dengan pendekatan metode kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan non probability sampling dari populasi Mahasiswa Universitas Majalengka yang menggunakan pinjaman online, Berdasarkan analisis regresi linier berganda terhadap 102 responden, ditemukan bahwa secara simultan, pengetahuan riba dan kebutuhan mahasiswa berpengaruh signifikan terhadap keputusan menggunakan pinjaman online, dengan nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 76,3%. Namun secara parsial, hanya variabel kebutuhan mahasiswa yang menunjukkan pengaruh signifikan dan sangat kuat (β = 0,864, sig = 0,000), sedangkan pengetahuan riba tidak berpengaruh signifikan (β = 0,078, sig = 0,115). Temuan ini menunjukkan bahwa meskipun sebagian mahasiswa menyadari larangan riba, faktor kebutuhan ekonomi, seperti biaya pendidikan dan gaya hidup lebih dominan dalam memengaruhi keputusan finansial mereka. Hasil ini menegaskan pentingnya literasi keuangan berbasis syariah agar mahasiswa dapat membuat keputusan keuangan yang bijak dan terhindar dari jerat utang riba.
References
Adi, A. A., Mukhtar Lutfi, & Nasrullah Bin Sapa. (2022). Riba Dan Bunga Perspektif Ekonomi Syariah. Moneta: Jurnal Manajemen & Keuangan Syariah, 1(2), 23–30. https://doi.org/10.35905/moneta.v1i2.3488
Aji, N. M. B., & Bagana, B. D. (2024). Pengaruh Literasi Keuangan, Kepercayaan, dan Risiko terhadap Minat Menggunakan Pinjaman Online : Studi Kasus Pada Mahasiswa PTN dan PTS di Kota Semarang. Journal Of Administration and Educational Management (ALIGNMENT), 7(1), 449–459. https://doi.org/10.31539/alignment.v7i1.9234
Alfiyanti, N. (2023). PENGARUH PENGETAHUAN HUKUM RIBA TERHADAP KEPUTUSAN MENGAMBIL PINJAMAN ONLINE. 2020.
Aquino, A., Waldelmi, I., & ... (2022). Analisis Literasi Keuangan Syariah Tentang Riba Pada Anggota BMT/Koperasi Syariah. Jurnal Ilmiah Ekonomi …, 8(02), 1782–1791. https://www.jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/jei/article/view/2715
Aris. (2021). Teori Kebutuhan Maslow: Pengertian, Konsep & Pembagiannya – Gramedia Literasi. Gramedia. https://www.gramedia.com/literasi/teori-kebutuhan-maslow/#Pengertian_dari_Teori_Hierarki_Kebutuhan_Maslow
Bisri, H. (2024). Ketidakpedulian pada Praktik Riba : Penggunaan “ Epistemologi Ketidaktahuan ” untuk Memahami Perilaku Nasabah Perbankan Umum Konvensional. 2(1), 1–10.
Buana, G. (2025). Teori Maslow Hierarki Kebutuhan Manusia. https://mediaindonesia.com/humaniora/762337/teori-maslow-hierarki-kebutuhan-manusia
Conyers, A., Lynn, V., Stone, M., & Banks, A. (2025). A Dual Perspective on the Needs of Women on Probation. Victims and Offenders, 00(00), 1–23. https://doi.org/10.1080/15564886.2025.2460047
Fahmi, T. (2022). Konsep Riba Dalam Fiqih Muamalah Maliyyah Dan Praktiknya Dalam Bisnis Kontemporer. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 8(02), 1270–1285.
Ghozali, I. (2021). Aplikasi Analisis Multivariate. In Badan Penerbit Universitas Diponegoro (X, Vol. 1, Issue 1, pp. 1–99). Badan Penerbit universitas Diponegoro.
Hakim, A. A. (2011). Fiqih Perbankan Syariah (S. A. Mifka (ed.); 2019th ed.). PT Refika Aditama.
Harinie, L. T., Triyono, A., Saputri, M. E., Hanafiah, H., Arissaputra, R., Wijaya, N. P. N. P., Suyatno, A., & Rahayu, T. (2023). PERILAKU KONSUMEN DAN STRATEGI PEMASARAN. CV. Intelektual Manifes Media. https://books.google.co.id/books?id=3tO-EAAAQBAJ
Herdinata, C., Aepp, & Pranatasari, F. D. (2020). Literasi Keuangan berbasis FUNTECH. 1–23.
McLeod, S. (2024). Hirarki Kebutuhan Maslow. Simply Psychology. https://www.simplypsychology.org/maslow.html
Mehfooz, M. (2024). The Growth of Islamic Finance and Banking. In H. M.-D. Qadri & M. I. Bhatti (Eds.), The Growth of Islamic Finance and Banking. https://doi.org/10.4324/9780429262432
Mubaraq, A., Rusandry, R., & Atiqah, N. (2024). Analisis Pemahaman Mahasiswa Muslim Tentang Riba. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 10(1), 436. https://doi.org/10.29040/jiei.v10i1.11389
Muttaqin, I., & Nuryanti, L. (2023). Online loan phenomenon among students: micro and macro psychological analysis. Psikologia: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Psikologi, 18(2), 171–184. https://doi.org/10.32734/psikologia.v18i2.13873
Nursjanti, F., Amaliawiati, L., & Utami, E. M. (2023). Peningkatan Literasi Keuangan Syariah Bagi Milenial dan Gen Z di Jawa Barat. Madaniya, 4(1), 54–67. https://madaniya.pustaka.my.id/journals/contents/article/view/345%0Ahttps://madaniya.pustaka.my.id/journals/index.php/contents/article/download/345/234
Nury, H. R., & Prajawati, M. I. (2022). Financial Technology Peer to Peer Lending. Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia, 7(5), 6363–6373. https://www.jurnal.syntaxliterate.co.id/index.php/syntax-literate/article/view/7175
Paudel, S. (2024). Between Morality and Reality : Muslim Students ’ Dilemma Regarding Interest-based Loans in Norway.
Pinto, M. S. S. (2020). PENGARUH KEPERCAYAAN DAN LITERASI KEUANGAN TERHADAP MINAT MELAKUKAN PINJAMAN ONLINE DENGAN KUALITAS INFORMASI SEBAGAI VARIABEL MODERATING. https://repository.stie-mce.ac.id/1722/
Siregar, P. H., & Marpaung, R. F. (2022). Perbedaan Pengetahuan Sebelum dan Sesudah Masa Penyuluhan Mencuci Tangan pada Pandemi Covid-19 pada Lansia. PT Inovasi Pratama Internasional. https://books.google.co.id/books?id=gxBsEAAAQBAJ
Sudarta Bachtiar, T., & Bakhrul Muchtasib, A. (2022). Pengaruh Pengetahuan Riba, Motivasi Konsumen dan Gaya Hidup terhadap Keputusan Penggunaan PayLater dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Generasi Milenial Muslim Pengguna ShopeePayLater di Jabodetabek). Prosiding SNAM PNJ .
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. In M. Dr. Ir.Sutopo. S.Pd (Ed.), Alfabeta (Kedua).
Sukmawan, N., Putri, A. D., Setyaningrum, D., Juliano, M. W., & Hilal, R. S. (2024). Pengaruh Peminjaman Online terhadap Dinamika Kehidupan Mahasiswa di Universitas Pendidikan Indonesia. Al-Istimrar: Jurnal Ekonomi Syariah, 3, 22–32.
Tillah, A., Amin, H. Al, Halim, A., Bisnis, J., Negeri, P., Jurusan, D., Politeknik, B., & Lhokseumawe, N. (2024). PENGARUH LITERASI KEUANGAN DAN INFORMASI AKUNTANSI TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN PEER TO PEER LENDING SYARIAH PADA MAHASISWA TATA NIAGA. JURNAL EKONOMI DAN BISNIS, 26(2).
Yudawisastra, H. G., Bander, S. E., Mumu, S., Harinie, L. T., Sastradinata, D. N., Muljono, B. E., Rahmadona, L., Simanjuntak, V. C., & Siagian, H. S. P. (2024). TEORI-TEORI PERILAKU KONSUMEN. CV. Intelektual Manifes Media. https://books.google.co.id/books?id=5e0SEQAAQBAJ
Downloads
Published
Versions
- 16-05-2025 (5)
- 16-05-2025 (4)
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
The copyright of the article fully belongs to the Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam and publishing rights belong entirely to LPPM STIE AAS Surakarta
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.