Analisis Pengaruh Literasi Keuangan, Inklusi Keuangan,dan Brand Image Terhadap Penggunaan Layanan Digital Perbankan Syariah di Indonesia

Penulis

  • Erna Fatmawati Fatmawati Universitas Diponegoro, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29040/jiei.v9i1.7756

Abstrak

Bank syariah berupaya memberikan kemudahan bagi nasabahnya melalui layanan berbasis teknologi digital, namun pangsa pasar bank syariah lebih rendah dibandingkan bank konvensional. Hal ini mungkin diakibatkan oleh rendahnya tingkat pemahaman keuangan syariah, inklusi keuangan syariah dan brand image bank syariah. Penelitian ini memiliki tujuan guna menganalisis apakah literasi keuangan, inklusi keuangan dan brand image berpengaruh terhadap penggunaan layanan digital oleh bank syariah atau tidak. Sampel penelitian kali ini yaitu 96 partisipan dengan menggunakan purposive sampling, disebarkan secara online melalui kuesioner. Metode analisisnya yaitu regresi linier berganda dengan menggunakan program SPSS Statistics 15. Hasil Penelitian memperlihatkan bahwa variabel literasi keuangan, inklusi keuangan, dan brand image terdapat pengaruh positif dan signifikan secara simultan terhadap penggunaan layanan digital perbankan syariah. Secara parsial, literasi keuangan dan inklusi keuangan memiliki pengaruh positif dan signifikan, akan tetapi brand image terdapat pengaruh positif namun tidak signifikan terhadap penggunaan layanan digital perbankan syariah. Ketiga variabel memiliki tingkat efek yg relatif kuat ditunjukan menggunakan nilai koefisien determinasi sebesar 60%.

Biografi Penulis

Erna Fatmawati Fatmawati, Universitas Diponegoro

Program Studi Ekonomi Islam Fakultas Ekonomika dan Bisnis

Diterbitkan

2023-03-16

Cara Mengutip

Fatmawati, E. F. (2023). Analisis Pengaruh Literasi Keuangan, Inklusi Keuangan,dan Brand Image Terhadap Penggunaan Layanan Digital Perbankan Syariah di Indonesia. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 9(1), 1023–1033. https://doi.org/10.29040/jiei.v9i1.7756

Citation Check