PENGARUH PENGGUNAAN DIGITAL MARKETING TERHADAP VOLUME PENJUALAN DI MASA PANDEMI COVID-19: STUDI KASUS PRODUK UMKM MAKANAN KHAS BANTEN DI KOTA SERANG

Erwan Darmawan, Raga Aqino

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengelaborasi kinerja Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di masa pandemi Covid-19 berdasarkan tingkat penjualannya. Pandemi membuat mayoritas sektor ekonomi terutama UMKM menjadi stagnan dan banyak yang mengalami kebangkrutan. Hal ini yang membuat pelaku usaha UMKM mengubah strategi penjualan melalui skema digitalisasi, dimana pemasaran digital ini memanfaatkan marketplace dan media sosial sebagai teknik pemasarannya. Selain itu pelaku UMKM harus dapat bersinergi dengan warganet dalam permasaran produk dan jasa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data dengan 35 responden. Kuesioner ini mencakup pertanyaan tertutup, diukur dengan skala likert. Data yang terkumpul dianalisis dengan strukturral equation medeling dengan alat analisis program Partial Least Square (SmartPLS) untuk mengetahui hubungan keterkaitan antara variabel digital marketing terhadap volume penjulan UMKM di Kota Serang. Berdasarkan hasil penelitian bahwa digital marketing mempengaruhi volume penjulan positif dan signifikan. Artinya bahwa digital marketing mempunyai pengaruh besar terhadap peningkatan volume penjulan dan meningkatakan keuntungan bagai UMKM produk makanan khas Banten. Manfaatnya memberikan rekomendasi dan masukan pada pemangku kebijakan dengan meninjau kinerja pelaku UMKM produk makanan khas Banten di Kota Serang Propinsi Banten.

Keywords


Digital Mareketing, volume Penjulan dan UMKM

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, A., Anggriani, R., & Bagus Faizal IS, R. (2021). Optimizing the Use of Digital Marketing for Increasing Sales Volume at MSMEs in Mataram, Indonesia. Trends Journal of Sciences Research, 1(2), 79–89. https://doi.org/10.31586/ujbm.2021.114

Aguirre-Urreta, M., & Rönkkö, M. (2015). Sample size determination and statistical power analysis in PLS using R: An annotated tutorial. Communications of the Association for Information Systems, 36, 33–51. https://doi.org/10.17705/1cais.03603

Andrian. (2019). Digital Marketing dan Ragam Produk pada Minat Beli Konsumen Toko Online Shopee (Studi Kasus pada Mahasiswa Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Bhayangkara Jakarta Raya Angkatan 2016). Ekspektra : Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 3(1), 14. https://doi.org/10.25139/ekt.v3i1.1430

Arianto, B. (2020). Pengembangan UMKM Digital di Masa Pandemi Covid-19. ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis (e-Journal), 6(2), 233–247. https://www.jurnal.plb.ac.id/index.php/atrabis/article/view/512

Aribawa, D. (2016). Pengaruh literasi keuangan terhadap kinerja dan keberlangsungan UMKM di Jawa Tengah. In Jurnal Siasat Bisnis (Vol. 20, Issue 1, pp. 1–13). Universitas Islam Indonesia (Islamic University of Indonesia). https://doi.org/10.20885/jsb.vol20.iss1.art1

Bala, M., & Deepak Verma, M. (2018). A Critical Review of Digital Marketing Paper Type:-Review and Viewpoint. International Journal of Management, 8(10), 321–339.

Batu, R. L., Situngkir, T. L., Krisnawati, I., & Halim, S. (2020). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Online Purchase Decision Pada Platform Belanja Online Shopee. Ekonomi & Bisnis, 18(2), 144–152. https://doi.org/10.32722/eb.v18i2.2495

C. Fornell & D. Larcker. (2012). Equation Algebra Unobservable Error : Variables. Journal of Marketing Research, 18(3), 382–388.

Damarwulan, L. M., Ramdansyah, A. D., & Lutfi, L. (2021). Peningkatan Kekuatan Jejaring Wirausaha dan E-Marketing UMKM di Banten dalam menghadapi dampak Pandemic Covid-19. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 3(3), 1113–1123. https://doi.org/10.34007/jehss.v3i3.495

Davison, A. C., Hinkley, D. V., & Young, G. A. (2003). Recent Developments in Bootstrap Methodology. Statistical Science, 18(2), 141–157. https://doi.org/10.1214/ss/1063994969

Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi ASEAN. Jurnal Manajemen Dewantara, 1(2), 62–76. http://ejournal.stiedewantara.ac.id/index.php/JMD/issue/view/32

Hair, J. F., Sarstedt, M., & Ringle, C. M. (2019). Rethinking some of the rethinking of partial least squares. European Journal of Marketing, 53(4), 566–584. https://doi.org/10.1108/EJM-10-2018-0665

Hair, J., Ringle, C. M., & Sarstedt, M. (2011). PLS-SEM: Indeed a silver bullet. Journal of Marketing Theory and Practice, 19(2), 139–152. https://doi.org/10.2753/MTP1069-6679190202

Henseler, J., Ringle, C. M., & Sarstedt, M. (2015). A new criterion for assessing discriminant validity in variance-based structural equation modeling. Journal of the Academy of Marketing Science, 43(1), 115–135. https://doi.org/10.1007/s11747-014-0403-8

Indira, D., Effendi, I., & Amelia, W. R. (2021). Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis ( JIMBI ) Peranan Harga dan Digital Marketing Pada Butik D ’ Scarpa Medan. JIMBI, 2(1), 22–26. https://doi.org/10.31289/jimbi.v2i1.464

Kader, M. A., Mulyatini, N., & Setianingsih, W. (2018). Model Pemasaran Digital Marketing FB_Ads dan Email Marketing dalam Meningkatkan Volume Penjualan. Jurnal Ekonologi Ilmu Manajemen, 5(2), 299–305. https://doi.org/10.29313/ethos.v0i0.1682

Kahpi, H. S., Khairusy, M. A., Abidin, Z., & Salam, A. F. (2020). Moderating Role of Job Satisfaction on The Relation between Participative Leadership Styles and Performance in a Petrochemical Company. Jurnal Minds: Manajemen Ide Dan Inspirasi, 7(2), 117. https://doi.org/10.24252/minds.v7i2.16846

Kevin, K., & Puspitowati, I. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Sosial dan Orientasi Kewirausahaan terhadap Kinerja UMKM. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 2(3), 612. https://doi.org/10.24912/jmk.v2i3.9573

Kotler, P., & Amstrong, G. (2012). Principles of Marketing (15th ed.). Pearson Education Limited.

Melati, I. S., Margunani, M., Mudrikah, S., & Pitaloka, L. K. (2020). Upaya Optimalisasi Praktik Digital Marketing Untuk Meningkatkan Hasil Penjualan Produk Warga Binaan Lembaga Pemasyarakatan. Panrita Abdi - Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 4(2), 155. https://doi.org/10.20956/pa.v4i2.7685

Nafiuddin, N., & Hamdan, H. (2020). Utilization of Digital Marketing to Improve Sales Volume of MSME’s Products. Journal of Digital Marketing and Halal Industry, 2(1), 29. https://doi.org/10.21580/jdmhi.2020.2.1.5282

Novitasari, A. T. (2021). Digital Media Marketing Strategies for MSMEs during the Covid-19 Pandemic. Focus, 2(2), 72–80. https://doi.org/10.37010/fcs.v2i2.348

Novitasari, D., & Samari. (2021). Upaya Peningkatan Volume Penjualan di Masa Pandemi Covid-19 melalui Optimalisasi Promosi, Harga, dan Saluran Distribusi pada Pusat Oleh-oleh Gudange Tahu …. Jurnal Penelitian Manajemen Terapan, 6(1), 55–63. https://journal.stieken.ac.id/index.php/penataran/article/view/514

Pakpahan, A. K. (2020). Covid-19 Dan Implikasi Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah. JIHI: Jurnal Ilmu Hubungan Internasional, 20(April), 2–6. https://doi.org/https://doi.org/10.26593/jihi.v0i0.3870.59-64

Pradiani, T. (2018). Pengaruh Sistem Pemasaran Digital Marketing Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Hasil Industri Rumahan. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 11(2), 46–53. https://doi.org/10.32812/jibeka.v11i2.45

Rangkuti, F. (2007). Manajemen Persediaan: Aplikasi di Bidang Bisnis (2nd ed.). PT. Raja Grafindo Persada.

Ratna Gumilang, R. (2019). Implementasi Digital Marketing Terhadap Peningkatan Penjualan Hasil Home Industri. Coopetition : Jurnal Ilmiah Manajemen, 10(1), 9–14. https://doi.org/10.32670/coopetition.v10i1.25

Santoso, R. (2020). Review of Digital Marketing & Business Sustainability of E-Commerce During Pandemic Covid19 In Indonesia. Jurnal Ilmu Ekonomi Terapan, 5(2), 36–48.

Suarmaja, I. B. K., Cipta, I. W., Yulianthini, N. N., & Yudiaatmaja, F. (2021). The Impact of Digital Marketing System on Weaving Crafts Sales Growth in Buleleng Regency. Proceedings of the 6th International Conference on Tourism, Economics, Accounting, Management, and Social Science (TEAMS 2021), 197(Teams), 343–347. https://doi.org/10.2991/aebmr.k.211124.049

Triana, L., Yuliah, & Puspa, R. (2022). Analisa Strategi Peningkatan Pendapatan UMKM Selama Pandemi COVID 19 Di Kabupaten Pandegelang. Jurnal Syntax Admiration, 3(4), 606–6020.

Viviani, N. E., Mufidah, E., & Fibriyani, V. (2020). Pengaruh Keterampilan, Pengetahuan, Dan Kemampuan Sdm Terhadap Kinerja Umkm Mebel Di Kelurahan Sebani Kota Pasuruan. Jurnal EMA, 5(1), 29–37. https://doi.org/10.47335/ema.v5i1.46

Zahrah, A., Mandey, S. L., & Mangantar, M. (2021). Analisis Marketing Mix Terhadap Volume Penjualan Pada UMKM RM. Solideo Kawasan Bahu Mall Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 9(4), 216–226. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/36216




DOI: http://dx.doi.org/10.29040/jap.v23i2.6269

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Akuntansi dan Pajak, ISSN 1412-629X l E-ISSN 2579-3055

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
web analytics

pengeluaran macau