PENGARUH KUALITAS PELAYANAN FISKUS, DENDA PAJAK, DAN PENERAPAN SISTEM SAKPOLE TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK DI KANTOR SAMSAT KOTA SURAKARTA

Fitria Sugiyani, Suhesti Ningsih, Maya Widyana Dewi, Mutiara Asri Ningrum

Abstract


This study aims to analyze the Quality of Fiscal Services, Tax Fines, and the Implementation of the Sakpole System on Taxpayer Compliance. The population in this study were motorized vehicle taxpayers registered at the Surakarta City Samsat Office with an accidental sampling method of 100 people. Based on the Slovin formula, with an error rate of 10%. The analysis technique in this study consisted of descriptive statistical analysis, instrument testing, classical assumption test, and hypothesis testing. The results of this study prove the results of the regression in the regression equation that the Quality of Fiscus Service, Tax Fines and the Implementation of the Sakpole System have a positive effect on Taxpayer Compliance. The results of the F test and t test show that the Quality of Fiscal Services, Tax Fines, and the Implementation of the Sakpole System have a positive and significant effect on Taxpayer Compliance. And based on the results of the R2 test (coefficient of determination) it is known that the Quality of Fiscal Services, Tax Fines, and the Application of the Sakpole System are able to explain 49.8% of the taxpayer compliance variable registered at the Surakarta City Samsat Office, while 50.2% is influenced by the variable other things that were not investigated, such as tax socialization, tax system, tax reform and others.

Full Text:

PDF

References


Andimulana, M. I. (2018). Pengaruh kesadaran wajib pajak, sistem pemungutan pajak E-Samsat, sanksi pajak, dan kualitas pelayanan terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor (kantor bersama SAMSAT Cinere). Skripsi. Jakarta: Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Trisakti.

Bapenda Prov Jateng. (2017). SAKPOLE Sistem Administrasi Kendaraan Dan Pajak Online. Diakses pada 15 September 2021, darihttps://bapenda.jatengprov.go.id/sakpole/.Yogyakarta: Penerbit Andi.

Ghozali, Imam. (2012). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gunadi. (2013). Panduan Komprehensif Pajak Penghasilan. Jakarta: Bee Media Indonesia.

Hatifah, T. (2022). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Pemahaman Pajak, Pelayanan Fiskus, Sanksi Pajak, Dan Penerapan Sistem Administrasi Pajak Online Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor Dengan Sosialisasi Perpajakan Sebagai Variabel Moderasi Di Kabupaten Ngawi (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Mardiasmo. (2016). Perpajakan. Edisi Revisi. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Melando, Nelinda dan Waluyo. (2013). Pengaruh Pelayanan Fiskus, Persepsi Atas Efektifitas Sistem Perpajakan, Pengetahuan dan Kesadaran Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Pribadi (Studi di KPP Pratama Tigarakasa. Jurnal Akuntansi. 5(2).

Saputri, N. A. (2019). Pengaruh Penerapan Pelayanan Sakpole (Sistem Administrasi Kendaraan Pajak Online) Terhadap Kepuasan Wajib Pajak Dalam Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (Doctoral dissertation, Universitas Islam Sultan Agung).

Sari, N. N. (2021). Pengaruh Penerapan Sanksi Perpajakan Dan Layanan E- Samsat Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor Di Kantor Bersama Samsat Tulungagung. Skripsi. Tulungagung: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Tulungagung.

Siregar, M. A. N., & Sulistyowati, S. (2020). Pengaruh Pengetahuan Perpajakan, Kesadaran Wajib Pajak, Kualitas Pelayanan, Sanksi Perpajakan, Dan Penerapan E-Samsat Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor (Studi Pada Samsat Kota Jakarta Timur) (Doctoral dissertation, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta).

Sholikah, K. (2021). Pengaruh Penerapan E-Samsat, Sanksi Pajak Dan Pelayanan Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor Di Kota Batam (Doctoral dissertation, Universitas Putera Batam).

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B. Bandung: Alfabeta.

Susanti, N. A. (2018). Pengaruh Pengetahuan Perpajakan, Sosialisasi Perpajakan, Kesadaran Wajib Pajak, Sanksi Pajak, dan Penerapan E-Samsat Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Membayar Pajak Kendaraan Bermotor (Studi Kasus Pada Wajib Pajak Kendaraan Bermotor di Kabupaten Sleman). Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia.

Susmita, Putu Radan Supadmi, Ni Luh. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Sanksi Perpajakan, Biaya Kepatuhan Pajak dan Penerapan E-Filing pada Kepatuhan Wajib Pajak. Universitas Udayana. Jurnal Akuntansi. 14(2)




DOI: http://dx.doi.org/10.29040/jap.v23i2.6048

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Akuntansi dan Pajak, ISSN 1412-629X l E-ISSN 2579-3055

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
web analytics

pengeluaran macau