MANAJEMEN KEPEMIMPINAN DAN PEMBAHARUAN YANG DILAKUKAN KYAI DI PONDOK PESANTREN AL MUAYYAD SURAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.29040/jie.v6i2.5703Abstract
References
Abasri, et. al. (2003). Sejarah Dinamika Lembaga-Lembaga Pendidikan Islam Di Nusantara; Surau, Meunasah, Pesantren Dan Madrasah. Dalam Samsu Nizar (Editor), Sejarah Pendidikan Islam; Menelusuri Jejak Sejarah Pendidikan Era Rasulallah Sampai Indonesia, Jakarta: Kencana.
Abdurrahman, W. 1987). Principle of Pesantren Education, The Impact of Pesantren in Education and Community Development in Indonesia, Berlin: Technical University Berlin.
Ahmadi, R. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif, Yogyakarta: ar-Ruzmedia.
Ahmad M, A. R. (2007). Ideologi Pendidikan Pesantren; Pesantren di tengah Arus Ideologi-ideologi Pendidikan, Semarang: Pustaka Rizki Putra.
Ahmad al-Hasyimi. (1948). Muhtaru al-Hadis Nabawiyyah wa al-hikam, Maktabah Samilah, Indonesia.
Arifin, I. (1993). Kepemimpinan Kyai (Kasus Pondok Pesantren Tebuireng), Malang: Kalimasada Press.
Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: PT. Asdi Mahasatya.
Aziz, W. A. (2011). Anatomi Organisasi dan Kepemimpinan Pendidikan, Bandung: Alfabeta.
Badrus. (2007). Budaya Damai Komunitas Pesantren, Jakarta: Pustaka LP3ES.
Basyit, A. (2017). Pembaharuan Model Pesantren Respon Terhadap Modernitas oleh Abdul Basyit.Jurnal koordinat.Universitas Muhammadiyah Tangerang. Tangerang.
Beni A. S., & Nurjaman, K. (2013). Manajemen Penelitian, Bandung: CV. Pustaka Setia.
Clifford, G. (1960). The Javanese Kijaji: The Changing Role of a Cultural Broker, Comparative Studies on Society and History, vol.2.Cambridge.
Darminta, P. (2005). Kamus Besar Bahasa Indonesia, Yogyakarta: Tiara Wacana Yogya.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. (1994). Kamus Besar Bahasa Indonesia, Edisi II, Jakarta: Balai Pustaka.
Dhofier, Z. (1982). Tradisi Pesantren Studi Tentang Pandangan Hidup Kyai, Jakarta: LP3ES.
Edward, F. (2012). Cange Management in Context, Facilities Change Management (Suxsses: Blackwell Publishing.
Fridiyanto. Manajemen Perubahan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri Dalam Meningkatkan Keunggulan Kompetitif : Studi Multikasus Transformasi IAIN Sumatera Utara dan IAIN Ar-Rainy Banda Aceh menjadi Universitas Islam Negeri. Desertasi. UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.2018.Program Doktor Manajemen Pendidikan Islam.
Ganon Y. (1977). Leadership in Organization, Prentice Hall, Englewood Cliffs, Nj.
Gary Y. (2011). Kepemimpinan Dalam Organisasi Edisi Indonesia, Jakarta: Indeks.
Hafidh, Z. (2017). Peran Kepemimpinan Kiai dalam Peningkatan Kualitas Pondok Pesantren di Kabupaten Ciamis. Jurnal Administrasi Pendidikan Vol.XXIV No.2 Oktober 2017. Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung.
Herdiansyah, H. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif Untuk Ilmu-Ilmu Sosial, Jakarta: Salemba Humanika.
James P. (1979). Spradley, The Ethnographyc Interview New York: Holt, Rinehart and Winston.
Kartono, K. (2013). Pemimpin dan Kepemimpinan, Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Kotler, P. (2001). Manajemen Pemasaran. Analisis Perencanaan, Implementasidan Kontrol. Jakarta. PT Prehalindo.
Kurt, L. (1947). Field Theory in Social Science (New York: Harper and Row.
Mahmud. (2011). Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Pustaka Setia.
Muhaimin. (2012). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam: di Sekolah Madrasah dan perguruan Tinggi. Jakarta: Rajawali Press, 2012.
Mushaf Al-Qur’an Terjemah. (2005). Surat Al-Baqarah ayat 30 Juz 2, Jakarta: Al Huda Kelompok Gema Insani.
Norman K. D, Yvonna S. L. (2009). Handbook of Qualitative Research, Penerjemah, Dariyatno, Badrus Syamsul Fatah, Abi, John Renaldi, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Nur, E. (2014). Membangun Sekolah Yang Efektif dan Unggulan, Yogyakarta: Lingkar Media.
Oemar, H. (2010). Manajemen Pengembangan Kurikulum, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Rahman. (2007). Pembaharuan Pondok Pesantren, Tulungangung: PPs STAIN.
Riyanto, Y. (2001). Metodologi Penelitian Pendidikan, Surabaya: SIC.
R. Lungan. (2006). Aplikasi Statistika dan Hitung Peluang, Yogyakarta: Penerbit Graha Ilmu.
Robert C. B. & Biklen, S. K. (1998). Qualitative Research for Education: An Introduction to Theory and Methods, Boston: Aliyn and Bacon, Inc.
Robert K. Y. (1987). Case Study Research: Design and Methods, Beverly Hills: Sage Publications.
Stephen P. Robins dan Mary Coulter. (2012). Management. New Jersey: Prentice Hall, 2012.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfa Beta.
Sukamto. 1997). Kepemimpinan dan Struktur Kekuasaan Kyai, Jombang: Jurnal Prisma No.4, April-Mei.
Sukardi. (2005). Metode Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Prakteknya, Jakarta: Bumi Aksara.
Sulthon. (2006). Manajemen Pondok Pesantren DalamProspektifGlobal. Yogyakarta: Penerbit Laks Bang Cetakan 1.
Sutrisno, H. (1989). Metodologi Research, Yogyakarta : Andi Offser.
Suyoto. (1988). Pesantren dalam Alam Pendidikan Nasional, dalam M. Dawam Rahardjo (Ed.). Pesantren dan Pembaharuan. Jakarta: LP3ES.
Syaikh Muhammad Bin Shalih Al-Utsaimin. (2009). Syarah Riyadhus Shalhin, Jilid 2, Cet. 2, Jakarta Timur: Darussunnah Press.
Veitzhal Rival dan Sylviana Murni. (2009). Education and Management: Analysis Teori dan Praktek. Jakarta: Rajawali Press.
Wahjosumidjo. (2011). Kepemimpinan Kepala Sekolah Tinjauan Teoritik daan Permasalahannya, Jakarta: Rajawali Press.
Wibowo. (2006). Pengantar Manajemen Perubahan, Pemahaman Tentang Mengelola Perubahan dalam Manajemen, Bandung: Lfabeta.
Yukl. (2001). Kepemimpinan Dalam Organisasi Edisi Terjemah, Jersey: Indeks.
Yvonna S. L. & Egon G. G. (1985). Naturalistic Inquiry, Beverly Hills, California: Sage Publication.