PENGARUH KEPERCAYAAN, WORD OF MOUTH, KUALITAS PRODUK DAN GAYA HIDUP TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KECANTIKAN

Authors

  • Riska Putri Septia Ardhana Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Surakarta, Indonesia
  • Ginanjar Rahmawan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Surakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29040/jie.v6i2.4978

Abstract

Currently, skincare is a very important mandatory requirement for women because basically every woman always wants to look beautiful. Due to the COVID-19 pandemic, many activities are carried out at home. This makes not a few people who experience skin problems that look dull and unhealthy. These problems can be overcome by using skincare. The purpose of this research is to find out trust, word of mouth, product quality and lifestyle affect the purchasing decisions. The number of respondents used in this research is 97 with the criteria that consumers have used Scarlett Whitening. Data collection is by means of questionnaires, using multiple linear regression analysis tools. This research shows that trust, word of mouth, product quality and lifestyle have a significant effect on purchasing decisions. Keyword: Trust, Word Of Mouth, Product Quality, Lifestyle, Purchasing Decisions

References

Adonis, M. R., & Silintowe, Y. B. R. (2021). Desain Produk, Kualitas Produk, Citramerek Dan Harga Produk Terhadap Keputusan Pembelian Generasi Y. Jurnal Capital, 4(1), 118–138.

Anam, M. S., Nadila, D. L., Anindita, T. A., & Rosia, R. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Hand and Body Lotion Merek Citra. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 4(1), 120–136. https://doi.org/10.36778/jesya.v4i1.277

Anggraini, F. P., & Srihandayani, C. M. (2020). Pengaruh Merek, Kepercayaan, Dan Loyalitas Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Produk Emina Pada Mahasiswa Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Unipa Surabaya. Journal of Sustainability Bussiness Research (JSBR), 1(1), 1–11. https://doi.org/10.36456/jsbr.v1i1.2943

Compas.co.id. (2021). Top 5 Brand Perawatan Wajah di E-commerce Indonesia dengan Penjualan di atas Rp 10 Miliar. Www.Compas.Co.Id. https://compas.co.id/article/top-5-brand-perawatan-wajah/

Erdalina, W. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Iklan Televisi terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Merek Citra Hand and Body Lotion di Pariaman. Menara Ilmu, XII(9), 155–164.

Fitriana, Sudodo, Y., & Hakim, L. (2019). Pengaruh Gaya Hidup, Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Oriflame. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 2(1). https://doi.org/10.37673/jmb.v2i1.304

Hanifah, & Suhermin. (2017). Pengaruh Gaya Hidup, Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Oriflame. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 6. https://doi.org/10.37673/jmb.v2i1.304

Kurniawati, N. I. (2020). Analisis Pengaruh Word Of Mouth dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Makeover Kota Semarang. Forum Ekonomi, 22(2), 286–295.

Liana, Y. (2021). Pengaruh Sosial Media Marketing dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian. Bulletin of Management and Business, 2(2), 129–136. http://v3.publishing-widyagama.ac.id/index.php/bmb/index

Mokodompit, I. (2020). Review Scarlett Whitening Body Scrub, Shower Scrub dan Body Lotion. Ismarlina.Com. https://www.ismarlina.com/

Ningsi, W. P. W., & Ekowati, S. (2020). Pengaruh Promosi Di Media Sosial Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Skincare MS Glow. Jurnal Manajemen Modal Insani Dan Bisnis (JMMIB) e-ISSN 2723-424X, 1, 128–136. www. jurnal.imsi.or.id

Oktavia, A., & Harahab, D. F. (2021). Life Style dan Kepercayaan Berpengaruh Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Halal Wardah. Jurnal Manajemen Sains, Vol. 1, No, 137–145.

Rahardika, S. P., & Hadi, M. (2021). Pengaruh Word Of Mouth dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Lipstik Wardah. Jurnal Aplikasi Bisnis, 7(1).

Ramadhani, F. (2021). Body Lotion Scarlett Terlaris di Shopee dan Tokopedia! Ini 10 Top Brand Body Lotion Periode 1-15 September 2021. Www.Compas.Co.Id. https://compas.co.id/article/body-lotion-scarlett/

Sari, M. P., Aulia, L. R., Ronaldi, D., & Sanjaya, V. F. (2020). Pengaruh Harga , Promosi Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan. Enterpreneur Dan Bisnis (JEBI), 1(2), 122–129.

Solihat, A., Tampubolon, H. F., Rahmayani, R., & Trijumansyah, A. (2019). Analisis Kepercayaan dan Kualitas Situs pada Minat Beli Produk E-Commerce Bukalapak. Business Innovation and Entrepreneurship Journal, 1(2), 72–81. https://doi.org/10.35899/biej.v1i2.55

Solihin, D. (2020). Pengaruh Kepercayaan Pelanggan Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Online Shop Mikaylaku Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Mandiri : Ilmu Pengetahuan, Seni, Dan Teknologi, 4(1), 38–51. https://doi.org/10.33753/mandiri.v4i1.99

Utari, D. (2017). Pengaruh Gaya Hidup dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Maybelline dan Wardah pada Matahari Internasional Plaza Palembang. Jembatan (Jurnal Ekonomi, Manjemen, Bisnis, Auditing, Dan Akuntansi, 2(2), 40–56.

Downloads

Published

2022-04-30

How to Cite

Septia Ardhana, R. P., & Rahmawan, G. (2022). PENGARUH KEPERCAYAAN, WORD OF MOUTH, KUALITAS PRODUK DAN GAYA HIDUP TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KECANTIKAN. JURNAL ILMIAH EDUNOMIKA, 6(2), 712–722. https://doi.org/10.29040/jie.v6i2.4978

Citation Check