PENGARUH KOMUNIKASI ORGANISASI DAN MANAJEMEN KINERJA BARU PADA PERUBAHAN ORGANISASI DI CV. CANDI KARYA

Authors

  • Heru Sri Wulan Universitas Pandanaran Semarang, Indonesia
  • Rekno Sulandjari Universitas Pandanaran Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29040/jie.v6i2.4706

Abstract

Dewasa ini di tengah pandemi Covid-19 yang belum usai banyak sekali para pelaku usaha tumbang karena kondisi perekonomian yang tak menentu. Utamanya para pelaku usaha berkategori mikro kecil. Namun dengan adanya mengubah mindset tantangan diubah menjadi sebuah kesempatan emas, banyak pelaku usaha yang mampu bertahan dengan melakukan beberapa kiat demi perubahan organisasi salah satunya CV. Candi Karya. Dengam mengkonstruksi komunikasi organisasi dan menejemen kinerja yang ada dalam organisasinya, mampu terbentuk perubahan organisasi yang bisa melayani konsumennya meski di tengah pandemi. Komunikasi organisasi merupakan salah satu strategi yang bisa dikembangkan oleh para pelaku usaha di tengah pandemi seperti saat ini untuk bisa terjadi perubahan organisasi sehingga operasional perusahaan mampu bertahan. Kategori keefektifan komunikasi organisasi yang dimaksud adalah bukan yang kaku melainkan yang fleksibel diimplementasikan semua organism yang terlibat dalam sebuah organisasi, baik pimpinan, karyawan dan lintas saluran. Sehingga simpulan penelitian ini adalah terdapat hubungan yang cukup yaitu sebesar 0.475 antara komunikasi organisasi (variable X1) dan manajemen kinerja baru (variable X2) secara bersama-sama pada kegiatan perubahan organisasi (variable Y). Berdasarkan penelitian di atas juga didapatkan hasil bahwa jika variabel X1, X2 meningkat, maka variabel Y juga ikut meningkat (korelasi positif). Besarnya tingkat efektivitas komunikasi organisasi dan manajemen kinerja baru dalam penelitian ini adalah 42,1%, sedangkan sisanya 57,9% disebabkan oleh faktor-faktor lain di luar penelitian ini.

References

Ansori. (2015). “Pengaruh Economic Value Added dan Market Value Added terhadap Return Saham pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesiaâ€.Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Bintaro & Daryanto. (2017). Manajemen Penilaian Kinerja Karyawan, Yogyakarta: G Media.

Effendy, O. U. (2003). Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung: Citra Aditya Bakti.

Kriyantono, R. (2010). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana P. Media Group.

Morissan. (2013). Teori Komunikasi Individu Hingga Massa. Jakarta: Kencana.

Muhammad, A. (2015). Komunikasi Organisasi. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Poppy, R. (2014). Komunikasi Organisasi Teori dan Studi Kasus. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Roudhonah. (2007). Ilmu Komunikasi. Jakarta: UIN Press.

Romli, K. (2011). Komunikasi Organisasi Lengkap. Jakarta: PT.Grasindo.

Sayidah, N. (2012). Perubahan Organisasional dalam Analisis Diskursus. Jurnal Ilmiah Akuntansi & Humanika Jinah Vol 2 no.1 Singaraja Desember 2012 ISSN 2089-3310.

Singarimbun, M. & Effendi. S. (2008). Metode Penelitian Survei, Jakarta: LP3ES.

Suhartono, I. (2010). Manajemen Kinerja Pada Perusahaan Bisnis dari Manajemen Kinerja Tradisional ke Manajemen Baru. Jurnal Among Makarti, Vol.3 No.5 Juli.

Susanto, P. A. S. (1980). Komunikasi Teori dan Praktek.Bandung: Bina Cipta.

Umar, H. (1997). Riset Sumber Daya Manusia dalam Organisasi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Wiryanto. (2004). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Grasindo.

Downloads

Published

2022-03-10

How to Cite

Wulan, H. S., & Sulandjari, R. (2022). PENGARUH KOMUNIKASI ORGANISASI DAN MANAJEMEN KINERJA BARU PADA PERUBAHAN ORGANISASI DI CV. CANDI KARYA. JURNAL ILMIAH EDUNOMIKA, 6(2), 582–593. https://doi.org/10.29040/jie.v6i2.4706

Citation Check