ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, STORE ATMOSPHERE DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN (Studi Kasus Pada Hello Barbershop Di Karanganyar)

Penulis

  • Yanita Hendarti Fakultas Ekonomi Universitas Surakarta, Indonesia
  • Nurita Elfani Prasetyaningrum Fakultas Ekonomi Universitas Surakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29040/jie.v6i1.3537

Abstrak

Saat ini sudah semakin banyak pelaku usaha Barbershop atau Salon Rambut yang terlibat dalam pemenuhan kebutuhan dan keinginan konsumen. Kualitas Jasa atau pelayanan bisa menjadi alternatif untuk membedakan Barbershop atau Salon Rambut yang satu dengan yang lainnya. Store atmosphere bisa menjadi alternatif tambahan untuk membedakan Barbershop atau Salon Rambut yang satu dengan yang lainnya. Faktor harga juga sangat penting karena penetapan harga merupakan suatu masalah ketika perusahaan harus menentukan harga untuk pertama kali. Adapun tujuan penelitian ini adalah mengkaji pengaruh kualitas pelayanan, store atmosphere dan harga terhadap kepuasan konsumen dan mengkaji pengaruh kualitas pelayanan, store atmosphere dan harga secara simultan terhadap kepuasan konsumen Hello Barbershop di Karanganyar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode survey dan teknik pengumpulan datanya menggunkan angket kuesioner yang diwujudkan dalam bentuk pernyataan. Metode pengambilan sampel accidental sampling yaitu teknik pengambilan sampel berdasarkan kebetulan, yaitu siapa yang kebetulan bertemu dengan peneliti dapat dijadikan sampel apabila dipandang cocok. Hasil penelitian diuji dengan Uji Validitas dan Uji Reliabilitas, sedang Analisis Statistik Regresi Linier Berganda, Uji Statistik t, Uji Statistik F dan Koefisien Determinasi (Adjusted R2) digunakan untuk menganalisa data hasil penelitian. Dari hasil pengambilan data yang telah penulis lakukan maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut, kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen pada Hello Barbershop di Karanganyar. Store atmosphere berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. Harga berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. Kualitas pelayanan, store atmosphere, dan harga secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen pada, hal ini dapat dilihat dari nilai Fhitung > Ftabel yaitu (174,806 > 2,74) berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dari hipotesis tersebut penelitian ini terbukti kebenarannya. Dari hasil uji Koefisien Determinasi (R2) dapat diketahui bahwa nilai koefisien Determinasi (R2) 0,883 atau 88,3% sedangkan 11,7% sisanya dipengaruhi variabel lain yang tidak dianalisis dalam penelitian ini. Kata kunci : Hello Barbershop, kualitas pelayanan, store atmosphere, harga

Referensi

Ahror, U.A dan Hendri. 2017. “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Lokasi terhadap Kepuasan Pelanggan Cafe Milkmooâ€. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 6 (3): 1-20.

Erfiana, Widya I., Sucipto, Ikasari, Dhita M. 2014. Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen di Restoran Jepang Saboten Shokudo Malang, Jurnal Jurusan Teknologi Industri Pertanian, FTP, Universitas Brawijaya, Malang.

Ghozali dalam Nani, Supardi, Wolok, dan Tineke. 2104. Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelenggan Pada PT. Bank Sinar Mas Cabang Gorontolo, Laporan Penelitian Dana PNBP FEB Tahun Anggaran 2014. Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo, Gorontalo.

Haily dan Sri. 2016. “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Promosi terhadap Kepuasan Konsumen pada PT. Prima Tour and Travelâ€. Zona Manajerial, 8 (2): 13-23.

Habibah, U. Dan Sumiati. 2016. “pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Produk kosmetik Wardahâ€. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 1 (1): 31-48.

Kuncoro dalam Lovenia, Christiana O.A. 2012. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah (Studi Kasus Pada Nasabah Bank Jateng Cabang Utama Semarang), (Skripsi). Fakultas Ekonomika Dan Bisnis, Universitas Diponegoro, Semarang.

Karyatie, N. 2016. Pengaruh Store Atmosphere dan Harga terhadap Minat Beli Konsumen Giant ekstra kenten Palembang. (Skripsi). Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. (ID) : Universitas Islam Negeri Raden Fatah, Palembang.

Kristiana, M dan Muhammad. 2017. “Pengaruh Store Atmosphere dan Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Konsumen Cafe Heerlijk Gelato Perpustakaan Bank Indonesia Surabayaâ€. Jurnal Pendidikan Tata Niaga, 1 (1): 2337-6708.

Liu, V. 2016. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Suasana Cafe Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi pada konsumen di Geoboex coffe Yogyakarta). (Skripsi). Fakultas Ekonomi. (ID) : Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta.

Nengsih, D.R. 2016. Pengaruh Suasana Toko, Kualitas Pelayanan dan Diversifikasi Produk terhadap Kepuasan Konsumen (Studi pada Granny’s Nest Cafe and Resto di Bandar Lampung). (Skripsi). Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. (ID) : Universitas Lampung.

Lily Harlina Putri, Srikandi Kumadji dan Andriani Kusumawati. 2014. “Pengaruh Store Atmosphere terhadap Keputusan Pembelian dan Kepuasan Pelangganâ€. Jurnal Administrasi Bisnis, 15 (2): 1-9. http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/640

Rifai, M. 2017. “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Promosi terhadap Kepuasan Pelanggan pada Rumah Makan ayam geprek spesial sambal korek cabang Kediriâ€. Simki-Economic, 1 (3): 1-13

Sangadji, E.M dan Sopiah. 2013. Perilaku Konsumen Pendekatan Praktis Disertai Himpunan dan Jurnal. Yogyakarta: Andi

Situmeang, L.S. 2017. Pengaruh Kualitas Layanan, Harga dan Lokasi terhadap Kepuasan Konsumen pada Rumah Makan Istana hot plate Medanâ€. (Skripsi). Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. (ID) : Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan.

Sugiyono. 2005. Metode Penelitian Bisnis, Cetakan Pertama, Bandung : CV Alfabeta.

Wardhani, M.P.K. 2017. Pengaruh Citra Merek, Kepercayaan, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Nasabah BPR Lawu Artha Karanganyar. (Skripsi). Fakultas Ekonomi. (ID) : Universitas Surakarta, Surakarta.

Youlandha, C.P. 2011. Pengaruh Store Atmosphere terhadap Kepuasan Konsumen dan Loyalitas Pelanggan dalam menggunakan Jasa Karaoke Keluarga Happy Puppy di Jember. (Skripsi). Fakultas Ekonomi. (ID) : Universitas Jember, Jember.

Diterbitkan

2022-01-31

Cara Mengutip

Hendarti, Y., & Prasetyaningrum, N. E. (2022). ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, STORE ATMOSPHERE DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN (Studi Kasus Pada Hello Barbershop Di Karanganyar). JURNAL ILMIAH EDUNOMIKA, 6(1), 388–396. https://doi.org/10.29040/jie.v6i1.3537

Citation Check