PARADOKS KONSUMERISME “MANUSIA AKUNTANSI” STUDI FENOMENOLOGI TRANSENDENTAL PERILAKU KONSUMSI DI ERA INDUSTRI 4.0 DALAM PANDANGAN ISLAM

Authors

  • Yana Dwi Christianti Program Studi komputerisasi Akuntansi, Politeknik Negeri Madiun, Indonesia
  • Vaisal Amir Program Studi Komputerisasi Akuntansi, Politeknik Negeri Madiun
  • RB. Iwan Noor Suhasto Program Studi Komputerisasi Akuntansi, Politeknik Negeri Madiun

DOI:

https://doi.org/10.29040/jie.v5i2.2626

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat budaya konsumsi pada masyarakat postmodern seperti saat ini, terutama jika dilihat dari sudut pandang syariah (Islam). Kemajuan dan perkembangan teknologi juga menjadi fokus kajian dalam penelitian ini, hal tersebut dikarenakan peneliti juga ingin melihat pengaruh kemajuan dan perkembangan teknologi terhadap budaya konsumsi pada masyarakat postmodern. Penelitian ini menggunakan paradigma penelitian intepretif di mana studi fenomenologi transendental menjadi alat analisisnya. Subyek penelitian ini adalah “manusia akuntansiâ€, yaitu orang-orang yang pernah dan atau sedang mengambil studi akuntansi, di mana mereka pernah memperoleh materi terkait akuntansi dan keuangan. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberi gambaran dan masukan terkait pengembangan teknologi dan pengaruhnya atas budaya konsumsi masyarakat Indonesia yang sebagian besar menganut agama Islam. Keywords: Islam, Teknologi, Konsumerisme, Fenomenologi Transendent

Author Biography

Yana Dwi Christianti, Program Studi komputerisasi Akuntansi, Politeknik Negeri Madiun

Program Studi Komputerisasi Akuntansi, Politeknik Negeri Madiun

References

Amir, M. T. (2016). Inovasi pendidikan melalui problem based learning. Prenada Media.

Ansori, A. (2016). Digitalisasi Ekonomi Syariah. ISLAMICONOMIC: Jurnal Ekonomi Islam, 7(1).

Antonio, M. S. (2001). Bank Syariah: dari teori ke praktik. Gema Insani.

Azwar. (1988). Sikap Manusia: Teori dan Pengukurannya(Edisi pertama). Yogyakarta: Penerbit Liberty.

Baudrillard, J. P. (2011). Masyarakat Konsumsi. Bantul: Kreasi Wacana.

Bawono, A. (2014). Kontribusi Religiusitas Dalam Rasionalitas Konsumsi Rumah Tangga Muslim. INFERENSI: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 8(2), 287–308.

Belk, R. W. (1985). Materialism: Trait aspects of living in the material world. Journal of Consumer Research, 12(3), 265–280.

Daradjat, Z. (1973). Peranan agama dalam kesehatan mental. Gunung Agung.

Ernita, D., Amar, S., & Syofyan, E. (2013). Analisis pertumbuhan ekonomi, investasi, dan konsumsi di Indonesia. Jurnal Kajian Ekonomi, 1(2).

Gilarso, T. (1993). Pengantar Ekonomi bagian Mikro, 2 jilid. Yogyakarta: Kanisius.

IBRAHIM, A. (2007). Hubungan Antara Persepsi Konsumen Terhadap Citra Mall dengan Minat Berkunjung. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Indriantoro, N., & Supomo, B. (2002). Metodologi penelitian bisnis: untuk akuntansi & manajemen.

Jubaedah, L. (2016). Analisis Preferensi Konsumsi Dalam Membeli Ratus (Studi Kasus Pada Masyarakat Jogyakarta Dan Dki Jakarta). Prosiding Pendidikan Teknik Boga Busana, 11(1).

Kamayanti, A. (2017). Metodologi Konstruktif Riset Akuntansi: Membumikan Religiositas. Yayasan Rumah Peneleh.

Mannan, M Abdul. (1995). Teori dan Praktek Ekonomi Islam, Terjemahan oleh M. Nastangin, Dari Islamic Economisc, Theory and Practice,(Tt.), Yogyakarta, Dana Bhakti Wakaf.

Mannan, Muhammad Abdul. (1980). Islamic economics: theory and practice;(a comparative study). IAD Religio-Philosophy (Reprint) Series.

Muhtarom, K. (2010). Perilaku konsumsi masyarakat Jakarta Timur sebelum dan saat Ramadhan. Al-Iqtishad: Jurnal Ilmu Ekonomi Syariah, 2(2).

Nasution, M. E., Huda, N., & Islam, P. E. E. (2006). Kencana Prenada Media Group. Juli.

Ngafifi, M. (2014). Kemajuan teknologi dan pola hidup manusia dalam perspektif sosial budaya. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 2(1).

Rahman, F. (2014). Perubahan pola perilaku sosial dan ekonomi buruh tani akibat industrialisasi. Paradigma, 2(1).

Richins, M., & Fournier, S. (1991). Some theoretical and popular notions concerning materialism. Journal of Social Behavior and Personality, 6(6), 403–414.

Richins, M. L., & Dawson, S. (1992). A consumer values orientation for materialism and its measurement: Scale development and validation. Journal of Consumer Research, 19(3), 303–316.

Siddiqi, M. N. (1996). Kegiatan ekonomi dalam Islam. Jakarta: Penerbit Bumi Aksara.

Triyuwono, I. (2006). Perspektif, metodologi, dan teori akuntansi syariah. PT RajaGrafindo Persada.

Wisadirana, D. (2005). Metode Penelitian Pedoman Penulisan Skripsi Untuk Ilmu Sosial. Malang: UMM.

Downloads

Published

2021-08-17

How to Cite

Christianti, Y. D., Amir, V., & Suhasto, R. I. N. (2021). PARADOKS KONSUMERISME “MANUSIA AKUNTANSI” STUDI FENOMENOLOGI TRANSENDENTAL PERILAKU KONSUMSI DI ERA INDUSTRI 4.0 DALAM PANDANGAN ISLAM. JURNAL ILMIAH EDUNOMIKA, 5(02), 1256–1268. https://doi.org/10.29040/jie.v5i2.2626

Citation Check

Most read articles by the same author(s)