UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN PERANGKAT LUNAK PENGOLAH KATA WORD 2007 UNTUK MENYAJIKAN INFORMASI MELALUI METODE SIMULASI PADA SISWA KELAS VIII B SEMESTER 1 SMP NEGERI 7 SUKOHARJO TAHUN 2017/2018
DOI:
https://doi.org/10.29040/jie.v2i01.182Abstract
Abstrak Bahasa Indonesia :
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar TIK materi menggunakan perangkat lunak pengolah kata word 2007 melalui metode simulasi pada siswa kelas VIII B SMP Negeri 7 Sukoharjo Semester I Tahun Pelajaran 2017/2018. Metode penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus setiap siklus terdiri dua kali pertemuan, dengan empat tahap penelitian: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas VIII B SMP Negeri 7 Sukoharjo tahun ajaran 2017/2018. Dengan jumlah 31 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif.  Hasil penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar TIK materi menggunakan perangkat lunak pengolah kata word 2007. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan hasil belajar siswa pada siklus I siswa yang berhasil mendapat nilai KKM, meningkat dari 18 siswa (58,06%) menjadi 21 siswa atau 67,74% atau terdapat peningkatan sebesar 9,68%. Sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 27 siswa yang mendapat nilai diatas KKM atau 87,09% atau terdapat peningkatan sebesar 19,35% dari sebelumnya. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan metode simulasi dapat meningkatkan hasil belajar mendiskripsikan pelaku ekonomi masyarakat pada siswa kelas VIII B SMP Negeri 7 Sukoharjo Semester I Tahun Pelajaran 2017/2018.
Kata kunci: hasil belajar, perangkat lunak pengolah kata word 2007, metode simulasi
Â
Â
Abstrak Bahasa Inggris :
This study aims to improve the learning outcomes of ICT materials using word processing software 2007 through simulation methods on students of class VIII B SMP Negeri 7 Sukoharjo Semester I Lesson 2017/2018. The research method using Classroom Action Research which is carried out in two cycles each cycle consists of two meetings, with four stages of research: planning, implementation, observation and reflection. The subject of this research is the students of class VIII B SMP Negeri 7 Sukoharjo academic year 2017/2018. With 31 students. Data collection techniques used are observation, interviews, tests, and documentation. Data analysis used in this research is descriptive qualitative analysis. The result of this research is to improve the learning result of ICT material using word processing software word 2007. This is proved by the improvement of student learning outcomes in the first cycle of students who successfully got KKM score, increased from 18 students (58.06%) to 21 students or 67,74% or an increase of 9.68%. While in the second cycle increased to 27 students who got a value above the KKM or 87.09% or an increase of 19.35% from the previous. Based on the results of this study can be concluded that with the implementation of simulation method can improve learning outcomes to describe economic economic actors in students of class VIII B SMP Negeri 7 Sukoharjo Semester I Lesson 2017/2018.
Keywords: learning result, word processing software word 2007, simulation method
References
Ahmadi, Abu. (1998). Psikologo Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta
Anitah, Sri, W, dkk. Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas Terbuka, 2007
Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Kementerian Negara Riset dan Teknologi Republik Indonesia. (2006). Buku Putih Penelitian, Pengembangan dan Penerapan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi Tahun 2005-2025 Republik Indonesia.
M. Sobry Sutikno. 2010. Strategi Belajar Mengajar Melalui Penanaman Konsep Umum & Konsep Islami. Refika Aditama: Bandung.
Nasution. 1995. Metode Research. Jakarta : PT. Bumi Aksara
Ngalim Purwanto. 1986. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Ngalim Purwanto. 2008. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Pusat Bahasa Depdiknas. (2005). Pengertian metode Simulasi. Pusat Bahasa Depdiknas
Slameto. 2000. Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Rineka Cipta,Jakarta
Suprijono, Agus. 2011. Model Pembelajaran Kooperatif. Jakarta: Bumi Aksara
Syaefudin, Udin. (2005). Perencanaan Pendidikan Pendekatan Komprehensif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Tho’in, M. (2017). Pembiayaan Pendidikan Melalui Sektor Zakat. Al-Amwal: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syari'ah, 9(2).
Winkel, W. S. (2004). Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.