MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIF LEARNING JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS GEOGRAFI MATERI MENGIDENTIFIKASI BERBAGAI PENYAKIT SOSIAL SEBAGAI AKIBAT PENYIMPANGAN SOSIAL DALAM KELUARGA DAN MASYARAKAT PADA SISWA KELAS VIII B SMP NEGERI 6 SUKOHARJO SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Penulis

  • Sri Hartini SMP Negeri 6 Sukoharjo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29040/jie.v2i01.172

Abstrak

Abstrak Bahasa Indonesia

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS Geografi materi mengidentifikasi berbagai penyakit sosial sebagai akibat penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat melalui model pembelajaran Cooperative Learning Jigsaw pada siswa kelas VIII B SMP Negeri 6 Sukoharjo Semester I Tahun Pelajaran 2017/2018. Metode penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus setiap siklus terdiri dua kali pertemuan, dengan empat tahap penelitian: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas VIII B SMP Negeri 6 Sukoharjo  tahun ajaran 2017/2018. Dengan jumlah  22 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar IPS Geografi materi mengidentifikasi berbagai penyakit sosial sebagai akibat penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan hasil belajar siswa pada siklus I siswa yang berhasil mendapat nilai KKM, meningkat menjadi 14 siswa atau 63,63% atau terdapat peningkatan sebesar 9,09%. Sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 18 siswa yang mendapat nilai diatas KKM atau 81,81% atau terdapat peningkatan sebesar 18,18% dari sebelumnya. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran Cooperatif Learning Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar IPS Geografi materi mengidentifikasi berbagai penyakit sosial sebagai akibat penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat pada siswa kelas VIII B SMP Negeri 6 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2017/2018.

Kata Kunci: hasil belajar, IPS Geografi, penyakit sosial, Jigsaw

 

 

Abstrak Bahasa Inggris

This study aims to improve the learning outcomes of IPS Geography material to identify various social diseases as a result of social deviation in the family and community through the model of Cooperative Learning Jigsaw learning in students of class VIII B Junior High School 6 Sukoharjo Semester I Lesson 2017/2018. The research method using Classroom Action Research which is carried out in two cycles each cycle consists of two meetings, with four stages of research: planning, implementation, observation and reflection. The subject of this research is the students of class VIII B SMP Negeri 6 Sukoharjo academic year 2017/2018. With a total of 22 students. Data collection techniques used are observation, interviews, tests, and documentation. Data analysis used in this research is descriptive qualitative analysis. The results of this study is to improve the learning outcomes of IPS Geography material identifies various social ills as a result of social deviations in the family and community. This is evidenced by the increase in student learning outcomes in the first cycle students who managed to get the value of KKM, increased to 14 students or 63.63% or an increase of 9.09%. While in cycle II increased to 18 students who got the value above the KKM or 81.81% or an increase of 18.18% from the previous. Based on the results of this study can be concluded that with the implementation of Cooperative Learning Jigsaw learning model can improve the learning outcomes IPS Geography material identify various social diseases as a result of social deviation in the family and society in students of class VIII B SMP Negeri 6 Sukoharjo Lesson 2017/2018.

Keywords: learning outcomes, geography IPS, social ills, Jigsaw

 

Referensi

Ahmadi, Abu. 1998. Psikologo Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Agus, Suprijono. 2011. Model Pembelajaran Kooperatif. Jakarta: Bumi Aksara

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Heriawan, Adang dkk. 2012. Metodologi Pembelajaran Kajian Teoritis Praktis

Ismail 2011. Manajemen Perbankan. Jakarta: Prenada Media Group

Isjoni. 2010. Cooperative Learning Efektifitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta

Muhibbin Syah.1999.Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru.Bandung:PT Remaja Rosdakarya

M. Sobry Sutikno. 2010. Strategi Belajar Mengajar Melalui Penanaman Konsep Umum & Konsep Islami. Refika Aditama: Bandung.

Nasution. 1995. Metode Research. Jakarta : PT. Bumi Aksara

Ngalim Purwanto. 1986. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ngalim Purwanto. 2008. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Sardjiyo. 2010. Pendidikan IPS di SD. Jakarta: Universitas Terbuka

Slameto. 2000. Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Rineka Cipta,Jakarta

Teti Sobari. 2006. Pembelajaran Kooperatif. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Tho’in, M. (2017). Pembiayaan Pendidikan Melalui Sektor Zakat. Al-Amwal: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syari'ah, 9(2).

Winkel, W. S. 2004. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Web: http://www.crayonpedia.org/ diakses 20 Desember 2017

Diterbitkan

2018-02-19

Cara Mengutip

Hartini, S. (2018). MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIF LEARNING JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS GEOGRAFI MATERI MENGIDENTIFIKASI BERBAGAI PENYAKIT SOSIAL SEBAGAI AKIBAT PENYIMPANGAN SOSIAL DALAM KELUARGA DAN MASYARAKAT PADA SISWA KELAS VIII B SMP NEGERI 6 SUKOHARJO SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2017/2018. JURNAL ILMIAH EDUNOMIKA, 2(01). https://doi.org/10.29040/jie.v2i01.172

Citation Check