EFEKTIVITAS DIGITAL MARKETING DALAM PEMASARAN PAKET UMRAH DI PT. ANUGERAH QUBA MANDIRI BENGKULU

Authors

  • Indra Bagas Qara Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu, Indonesia
  • Asnaini Asnaini
  • Adi Setiawan

DOI:

https://doi.org/10.29040/jie.v8i3.15053

Abstract

Era digital saat ini lebih sering disebut dengan era revolusi industri adalah masa dimana hampir sebgaian besar masyarakat menggunakan teknologi dalam kehidupannya. Strategi untuk mencapai keberhasilan pengembangan usaha sangatlah penting karena pelaku usaha harus mampu beradaptasi dan bersaing dengan para pesaingnya. Penggunaan pemasaran digital dalam komunikasi penjualan diperlukan karena bisnis diharapkan dapat tumbuh dan memiliki kinerja yang lebih baik—bahkan mungkin di atas rata-rata industri. Tujuan utama pemasaran digital dalam komunikasi peer-to-peer semacam ini adalah untuk meningkatkan jumlah pelanggan dan menumbuhkan loyalitas pelanggan. Artikel ini bermaksud ingin mengetahui strategi digital marketing yang digunakan PT. Anugerah Quba Mandiri dalam pemasaran paket umrah serta untuk mengetahui efektivitas digital marketing yang digunakan oleh PT. Anugerah Quba Mandiri dalam pemasaran paket umrah. Penelitian ini diharapkan menemukan konsep baru dalam pemasaran digital marketing. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, terutama untuk memperoleh pemahaman mengenai proyek yang diperiksa. Jenis penelitian ini disebut penelitian pustaka. Ini melibatkan analisis dan penyajian fakta secara sistematis agar lebih mudah dipahami dan ditarik kesimpulannya. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa Dalam upaya peningkatan penjualan yang lebih efektif maka dari itu PT. Anugerah Quba Mandiri telah mengembangkan strategi digital marketingnya dengan menyesuaikan zaman sekarang dengan adanya program pemasaran digital lebih memudahkan dalam menawarkan produk dengan menggunakan media digital dan orang menggunakan platform media sosial seperti Instagram, facebook dan website, serta media televisi seperti RB tv dan BE tv dan juga media Koran.

References

Aini, SN, Romaisyah, L., & Agustin, R. (2023). Analisis Bauran Pemasaran Digital pada Akun Mikhayla_Shop Ditinjau dari Perspektif Etika Bisnis Islam. El-Qist: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam (JIEB) , 13 (2), 144-157.

Anggelina, M. Pemetaan Penelitian Skripsi Program Studi Mahasiswa Perbankan Syariah FEBI IAIN Bengkulu Tahun 2015-2019 Skripsi Diajukan Sebagai Salah Satu Syarat Untuk Memperoleh Gelar Sarjana Ekonomi (SE) Oleh: Maya Aanggelina NIM 1516140132 Program Studi Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi (Doktoral disertasi, IAIN Bengkulu).

Anwar, C. (2018). Islam Dan Kebhinekaan Di Indonesia: Peran Agama Dalam Merawat Perbedaan. Zawiyah: Jurnal Pemikiran Islam, 4(2), 1-18.

Basri. (2022). Kemenag Catat Hanya Ada 29 Travel Umroh Resmi Di Bengkulu. RRI.Co.Id. October 8, 2022.

Chaffey, D., & Smith, PR (2022). Keunggulan pemasaran digital: merencanakan, mengoptimalkan, dan mengintegrasikan pemasaran online . Routledge.

Coviello, N., Milley, R., & Marcolin, B. (2001). Memahami interaktivitas yang didukung TI dalam pemasaran kontemporer. Jurnal pemasaran interaktif , 15 (4), 18-33.

Firdaus, R., Kel, S., Margiutomo, S. A. S., Kom, S., Dulame, I. M., SE, M., ... & Kom, M. (2023). Tren Bisnis Digital (Optimasi & Optimalisasi Usaha Berbasis Digitalisasi). Efitra, S. Kom., M. Kom.

Fisher, RJ, Jaworski, BJ, Mohammed, RA, & Paddison, GJ (2004). Pemasaran Internet: Membangun keunggulan dalam ekonomi jaringan.

Hidayat, E. (1986). Teori Efektivitas dalam Kinerja Karyawan.

Mandiri, PT. Anugerah Quba. (2013). Compay Profile.†Www.Aqmtourtravel.Com.

Ningrum, GH, Firnanda, RD, Purnamasari, W., & Huda, B. (2021). Optimalisasi peluang media digital: Strategi meningkatkan penggalangan dana zakat di lembaga Taman Zakat Indonesia. Jurnal Manajemen Zakat dan Wakaf (MAZAWA) , 3 (1), 45-62.

Rizal, R. (2021). Strategi Digital Marketing Sebagai Media Komunikasi Dalam Pemasaran Paket Umroh Pada PT Pandi Kencana Murni Makassar (Disertasi Doktor, STIE Nobel Indonesia).

Siagan, S. (1986). Organisasi Kepemimpinan Dan Organisasi. Jakarta: CV Masagung.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif R&D. Jakarta: Alfabeta.

Sujadi, F. X. (1990). Organisasi dan Manajemen, penunjang berhasilnya proses manajemen. Jakarta: CV. Masagung.

Tjiptono, F. (2017). Pemasaran Strategik: Mengupas Pemasaran Strategik, Branding Strategy, Customer Satisfaction, Strategi Kompetitif, hingga e-Marketing.

Downloads

Published

2024-09-29

How to Cite

Qara, I. B., Asnaini, A., & Setiawan, A. (2024). EFEKTIVITAS DIGITAL MARKETING DALAM PEMASARAN PAKET UMRAH DI PT. ANUGERAH QUBA MANDIRI BENGKULU. JURNAL ILMIAH EDUNOMIKA, 8(3). https://doi.org/10.29040/jie.v8i3.15053

Issue

Section

Articles

Citation Check