PERSEPSI DOSEN TERHADAP PENGGUNA LEARNING MANAGEMENT SYSTEM (SPADA UWGM) SEBAGAI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN MUTU PERKULIAHAN DI UNIVERSITAS WIDYA GAMA MAHAKAM SAMARINDA

Penulis

  • Nur Agus Salim Universitas Widya Gama Mahamkam Samarinda, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29040/jie.v6i2.12448

Abstrak

Learning Management System (LMS) telah menjadi komponen penting dalam konteks pendidikan tinggi. SPADA adalah salah satu LMS yang sedang digunakan di berbagai institusi pendidikan. Namun, persepsi dosen terhadap penggunaan SPADA sebagai LMS masih kurang dipahami. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi persepsi dosen terhadap penggunaan SPADA, sebuah sistem pengelolaan pembelajaran (LMS) dan sebagai sistem informasi manajemen mutu perkuliahan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan wawancara terhadap dosen dari berbagai disiplin ilmu di UWGM. Hasilnya menunjukkan bahwa faktor-faktor seperti kemudahan penggunaan, fungsionalitas, dukungan dan pelatihan, dan efektivitas dalam manajemen mutu perkuliahan berperan penting dalam membentuk persepsi ini.

Referensi

Ally, M. (2004). Foundations of educational theory for online learning. Theory and practice of online learning, 2(1), 15-44.

Coates, H., James, R., & Baldwin, G. (2005). A critical examination of the effects of learning management systems on university teaching and learning. Tertiary education and management, 11(1), 19-36.

Dahlstrom, E., Brooks, D. C., & Bichsel, J. (2014). The current ecosystem of learning management systems in higher education: Student, faculty, and IT perspectives. Research report. Louisville, CO: ECAR, September.

Watson, W. R., & Watson, S. L. (2007). An argument for clarity: what are learning management systems, what are they not, and what should they become? TechTrends, 51(2), 28-34

Diterbitkan

2022-08-30

Cara Mengutip

Salim, N. A. (2022). PERSEPSI DOSEN TERHADAP PENGGUNA LEARNING MANAGEMENT SYSTEM (SPADA UWGM) SEBAGAI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN MUTU PERKULIAHAN DI UNIVERSITAS WIDYA GAMA MAHAKAM SAMARINDA. JURNAL ILMIAH EDUNOMIKA, 6(2). https://doi.org/10.29040/jie.v6i2.12448

Citation Check