PENGARUH METODE MENGAJAR GURU TERHADAP SIKAP BELAJAR SISWA DI SDN 005 SAMBALIUNG

Authors

  • Indra Krisnawan STIT Muhammadiyah Tanjung Redeb
  • Datuk Muhammad Nasaruddin STIT Muhammadiyah Tanjung Redeb, Indonesia
  • Ikram Nur Zanetti Fritzy STIT Muhammadiyah Tanjung Redeb, Indonesia
  • Septiadi Septiadi STIT Muhammadiyah Tanjung Redeb, Indonesia
  • Julita Lindriany STIT Muhammadiyah Tanjung Redeb

DOI:

https://doi.org/10.29040/jie.v8i1.12054

Abstract

Metode mengajar adalah strategi yang digunakan sebagai alat untuk mencapai tujuan belajar mengajar. Pemilihan dan definisi metode pengajaran yang tepat mengarah pada realisasi tujuan belajar mengajar yang efektif dan efisien. Dalam pembelajaran harus dapat menciptakan pola pembelajaran yang dapat mengembangkan potensi siswa tidak hanya pada aspek kognitif, tetapi juga aspek afektif dan psikomotor. Selain itu pola pembelajaran yang baik harus bisa mendorong siswa belajar secara optimal. Sikap siswa terkait dengan proses pembelajaran merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan. Jika siswa bersikap negatif pada Pelajaran tersebut maka siswa tersebut akan menjauhi, menghindari bahkan membenci pelajaran itu, Rasa malas dan jenuh akan melekat pada diri siswa selama proses pembelajaran. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan penelitian kuantitatif yang memiliki ciri khas penyajian datanya dalam bentuk narasi. Pengumpulan data dengan observasi, kuesioner, studi dokumentasi dan Teknik analisis data melalui reduksi dan penutupan data. Metode mengajar guru merupakan faktor yang menentukan keberhasilan siswa dalam proses belajar mengajar. oleh karena itu, metode mengajar guru memiliki hubungan yang sangat signifikan dengan sikap belajar siswa yang bisa menarik minat dan mengkonsentrasikan perhatian siswa kepada mata pelajaran yang disajikan oleh guru. Kata kunci : Metode mengajar, sikap siswa sekolah dasar Teaching methods are strategies used as tools to achieve teaching and learning goals. The selection and definition of appropriate teaching methods leads to the realization of effective and efficient teaching and learning goals. In learning, you must be able to create learning patterns that can develop students' potential not only in cognitive aspects, but also affective and psychomotor aspects. Apart from that, a good learning pattern must be able to encourage students to learn optimally. Student attitudes related to the learning process are something that cannot be separated. If students have a negative attitude towards the lesson, the student will stay away from, avoid and even hate the lesson. Feelings of laziness and boredom will stick with the student during the learning process. In this research, researchers used quantitative research which is characterized by presenting the data in narrative form. Data collection using observation, questionnaires, documentation studies and data analysis techniques through data reduction and closure. The teacher's teaching method is a factor that determines student success in the teaching and learning process. Therefore, the teacher's teaching method has a very significant relationship with students' learning attitudes which can attract students' interest and concentrate their attention on the subjects presented by the teacher. Key words: Teaching methods, attitudes of elementary school students

References

Al Quran Terjemah.

Arikunto,Suharsimi, Metodologi Penelitian, Rienaka Cipta Jakarta 2014

Baharuddin, Esa Nur Wahyuni, Teori Belajar & Pembelajaran ,Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2010.

Dimiyati Dan Mudjiono, Belajar Dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta 2015

Hamalik, Oemar, Metode Belajar dan Kesulitan-kesulitan belajarn Universitas Muhammadiyah Surakarta Sinar Baru 2021.

Hamid, Abdul, Berbagai Metode Mengajar Guru, E Jurnal An Nadwah Vol 9 No 2 Tahun 2019.

Haryanto, Samsi. (1994). Pengantar Teori Pengukuran Kepribadian, Surakarta: Sebelas Maret Universitas Press.

Hasibuan JJ Moedjiono, Proses Belajar Mengajar, Remaja Rosda Karya Bandung Cet 7 Tahun 1999.

M. Nurman, Evaluasi Pendidikan, (Mataram: IAIN 2015

Muharam dkk, Pengaruh Metode Mengajar Yang diterapkan dan metode belajar yang digunakan Peserta didik pada kegiatan Pembelajaran di kelas XI SMKN 11 Bandung, Jurnal Pengabdian Sendikia 2023.

Santoso, Budi dan Zafira, Fasilitas belajar dan metode mengajar guru sebagai factor yang mempengaruhi hasil belajar peserta didik Jurnal MANPER 2019.

Sinaga dkk, Analisis Penggunaan Metode Mengajar di SMAN 11 Jambi, Prosiding SNFA 2021.

Sinson, Markus dan Nelly W, Analisis Sikap Belajar Siswa Kelas Tinggi, Edukasi 2017.

Sinson, Markus dan Nelly W, Analisis Sikap Belajar Siswa Kelas Tinggi, Edukasi 2017.

Soekartawi, Penerapan Keterampilan Mengajar, Bumi Aksara, Jakarta 2015.

Sujana, Nana, Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar, Sinar Baru Algensindo,Bandung 2001.

Downloads

Published

2024-01-01

How to Cite

Krisnawan, I., Nasaruddin, D. M., Zanetti Fritzy, I. N., Septiadi, S., & Lindriany, J. (2024). PENGARUH METODE MENGAJAR GURU TERHADAP SIKAP BELAJAR SISWA DI SDN 005 SAMBALIUNG. JURNAL ILMIAH EDUNOMIKA, 8(1). https://doi.org/10.29040/jie.v8i1.12054

Issue

Section

Articles

Citation Check

Most read articles by the same author(s)