Implementasi Etika Bisnis Islam Terhadap Usaha Mikro Pada Masa Pandemi Virus Sapi
DOI:
https://doi.org/10.29040/jiei.v9i2.7713Keywords:
Kata Kunci, Etika Bisnis Islam, Usaha Kecil, analisis deskriptifAbstract
References
Alyas, F. D., Hardjanto, l., &Hayat, A. (2017). Strategi Pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah Dalam Penguatan Ekonomi Kerakyatan (Studi kasus pada usaha mebel furniture0. Jurnal Sosiohumaniora, 19(2), 114-120.
Ardiana, l., Brahmayanti, l., & Subaedi. (2010). Kompetensi SDM UKM dan Pengaruhnhya Terhadap Kinerja UMKM di Surabaya. Jurnal Manajemen DAN Kewirausahaan, 21(10, 42-55.
Abdul Mannan, dan Inayah Swasti Ratih (2021). Penerapan Etika Bisnis Islam Dalam Usaha Mikro Mebel/ UMKM. Jurnal Ekonomi Islam.
Abdullah, Ma’ruf, 2011. Wirausaha Berbasis Syariah. Banjarmasin. Antasari press. Ariani, & Utomo, M. (2017). Kajian Strategi Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah. (UMKM) di Kota Terakan. Jurnal Entrepreneur dan Entrepreneurship, 5(1), 19-25.
Afzalurrahman. 1996. Muhammad sebagai Seorang pedagang. Jakarta:Yayasan Swarna Bhunny. Amalia, Fitri. 2014. Etika Bisnis Islam: Konsep dan Implementasikan pada pelaku usaha kecil. Al-Iqtishad: Journal of Islamic Economic, 6(10, 133-142.
Abdul Aziz, Etika Bisnis PersepektifIslam, Bandung: Alfabeta,2013
Ambarsari, W., V. D. Y. B ismadi ,A. Setiadi. 2014. Analisis pendapatan dan profitabilitas usahatani padi (Oryza sativa, I.) di kabupaten Indramayu. J. Agri Wiralodra. 6(2): 19-27.
Baidowi, Aris. 2011. Etika Bisnis Persepektif Islam. JHI, Volume 9, Nomor 2, Desember 2011 Bertens, K. 2000. Pengantar Etika Bisnis. Jakarta: Kanisius
Donald, G.Gardner, Linn Vann Dyne, & Jon L. Pierce. 2004.â€The Effect of Pay Level on Organization-Based Self Esteem & Performace: Afield Study “. Journal of Occupational and Organizional Psycology, Vol. 77. P.307- 322.
Fadhilah Ramadhani, Yaenal Arifin. 2013. Optimalisasi Pemanfaatan Informasi Teknologi Informasi Komunikasi Berbasis E-commerce sebagai media Pemasan Usaha Kecil Menengah Guna Meningkatkan Daya Saing dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean 2015. Dalam jurnal Economics Devolepment Analysys Journal.Edaj 2
Fauroni, Lukman, 2003. ‘’Rekonstruksi Etika Bisnsi : Persepektif Al Qur’anâ€, Journal IQTISAD, Journal of Islamic Ecomomics, Vol, 4 No. 1, Maret 2003
Harris, L.C. & M.M.H. Good. 2010. Online Servicescapes, trust, and purchaseintentions. Journal of Services Marketing, Vol.24 No. 3,pp.230-43. Hakim, R., & E. 2013. Business As Al-Amanah And The Responsibilites of Islamic Business Managemens. La_Riba,6(2), 199-210.
Jenkins, G. D., Mitra , A., Gupta, N., & Shaw, J. D. 1998.Are financial incentivesrelated bto performace? A meta-analytic review of empirical research. Journal of Applied Psychology,83,777-787.
Johan Arifin, Etika Bisnis Islam, (Semarang : Walisongo Press, 2013), h.154.
KH. Aceng Zakaria, Etikas Bisnis Islam, (Jakarta: Penerbitan Ibnu Azka,2012), h.24. Lee,j.,et.al. 2011. The different effects of online consumer reviews on consumers’ purchase intentions depending on trust in online shopping malls: an advertising perspective, Internet Research, Vol. 21 No. 2, pp. 187-206.
Manullang, M. 2002. Pengantar Bisnis, Yogyakarta : Gadjah Mada University Press
Muhammad, Etika Bisnis Islam, Yogyakarta: UPP-AMP YKPN, 2004
Ratih, I. S., Ridho, Z., & Aisyah, S. (2020). Etika bisnis islam dalam manajemen bisnis kuliner. 1(2), 173–187.
QS Al-Isra : 35
Sunariani, I., Suryadinata, A., & Mahaputra, I.(2017) Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Melalui Program Binaan di Provinsi Bali. Jurnal Ilmiah manajemen dan Bisnis, 2(1), 1-20.
Sumadi, S. (2021, December). Dinamika Transformasi UMKM Di Era Digitalisasi Pandemi Covid-19. In Prosiding Seminar Nasional & Call for Paper STIE AAS (Vol. 4, No. 1, pp. 119-127).
Tulus T.H. Tambunan. (2002).Usaha Kecil dan Menengah di Indonesia: Beberapa Isu Penting. Jakarta; Penerbit Salemba Empat.
Veithzal Rivan dkk Islamic Business and economic Ethics, (Jakarta,Bumi Aksara, 2012), h 3
Wismiarsi, Tri . 2008. Hambatan Ekspor UKM Indonesia: Penerbit Buku Kompas.
Yusanto, Muhammad Ismail, dan Muhammad Kerebet Widjajkusuma, 2002, Menggagas Bisnis Islami:, Jakarta: Gema Insani Pres
Downloads
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
The copyright of the article fully belongs to the Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam and publishing rights belong entirely to LPPM STIE AAS Surakarta
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.