Digitalisasi dan Keberlangsungan UMKM Kuliner Halal Selama Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.29040/jiei.v8i2.4470Keywords:
Halal MSMEs, Digitalization, Covid-19, sustainabilityAbstract
References
Abdul Rahman Rusli Tanjung. (2012). MUSIBAH DALAM PERSPEKTIF ALQURAN : Studi Analisis Tafsir Tematik. Journal Analytica Islamica, 1(1), 148–162. http://www.jurnal.uinsu.ac.id/index.php/analytica/article/view/376
Amri, A. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap UMKM di Indonesia. Jurnal Brand, 2(1), 147–153. https://www.academia.edu/42672824/Dampak_Covid-19_Terhadap_UMKM_di_Indonesia
Aprita, A. (2018). 36 Ribu UMKM Di Sleman Berhasil Capai Omzet Rp 300 Juta Per Tahun Artikel Ini Telah Tayang Di Tribunjogja.Com Dengan Judul 36 Ribu UMKM Di Sleman Berhasil Capai Omzet Rp 300 Juta Per Tahun. [Online] (Updated 05 Nov 2018) URL: https://Jogja.Tribunnews.Com/.
Awali, H. (2020). Urgensi Pemanfaatan E-Marketing Pada Keberlangsungan Umkm Di Kota Pekalongan Di Tengah Dampak Covid-19. BALANCA : Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 2(1), 1–14. https://doi.org/10.35905/balanca.v2i1.1342
Bambang Suprayogi, S.E., M.SI.Abdur Razak, S.E., M. (2019). Implementasi_pemasaran_digital_meningkatkan_penjualan_UMKM_Ciamis. 3(2), 16–24.
Badan Pusat Statistik. (2018). Data Jumlah UMKM, diakses tanggal 3 Januari 2022
Depkop.go.id. (2019). Pertumbuhan UMKM di DI Yogyakarta tahun 2017. diakses tanggal 3 Januari 2022
Dewi, M. C. (2020). Pemanfaatan Teknologi Bagi Umkm Selama Pandemi Covid-19. XII, 11–19.
Endrianto, W. (2015). Prinsip Keadilan dalam Pajak atas UMKM. Binus Business Review, 6(2), 298. https://doi.org/10.21512/bbr.v6i2.978
Hadiwardoyo, W. (2020). Kerugian Ekonomi Nasional Akibat Pandemi Covid-19. Baskara: Journal of Business and Entrepreneurship, 2(2), 83–92. https://doi.org/10.24853/baskara.2.2.83-92
Hardilawati, W. laura. (2020). Strategi Bertahan UMKM di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Akuntansi Dan Ekonomika, 10(1), 89–98. https://doi.org/10.37859/jae.v10i1.1934
Hudson, M., Smart, A., & Bourne, M. (2001). Theory and practice in SME performance measurement systems. In International Journal of Operations and Production Management (Vol. 21, Issue 8). https://doi.org/10.1108/EUM0000000005587
Irawan, A. (2020). Challenges and Opportunities for Small and Medium Enterprises in Eastern Indonesia in Facing the COVID-19 Pandemic and the New Normal Era. TIJAB (The International Journal of Applied Business), 4(2), 79. https://doi.org/10.20473/tijab.v4.i2.2020.79-89
Kala’lembang, A. (2020). Adopsi E-Commerce Dalam Mendukung Perkembangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Di Masa Pandemi Covid-19. Capital: Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 4(1), 54. https://doi.org/10.25273/capital.v4i1.7358
Komalasari, R., Harto, B., & Setiawan, R. (2020). UMKM Go-Digital sebagai Adaptasi dan Inovasi Pemasaran Arkha Minoritas pada Pandemi COVID-19. IKRAITH-ABDIMAS Vol 4 No 1 Bulan Maret 2021, 4(59), 1–7.
Kominfo. (2017). program 8 juta UMKM go online.diakses pada tanggal 4 Januari 2022
Miles, B. M. dan M. H. (1992). Analisis Data Kualitatif Buku Sumber Tentang Metode-metode Baru. Jakarta : UIP. UIP.
Nalini, S. N. L. (2021). Dampak Dampak covid-19 terhadap Usaha MIkro, Kecil dan Menengah. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 4(1), 662–669. https://doi.org/10.36778/jesya.v4i1.278
PratamaYudha, S. A., Arifin, R., & HUFRON, M. (2018). Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Kualitas Pelayanan,Harga Dan Promosi Tehadap Kepuasaan Pelanggan Grabfood. E – Jurnal Riset Manajemen, 77–90.
Purwana, D., Rahmi, R., & Aditya, S. (2017). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 1–17. https://doi.org/10.21009/jpmm.001.1.01
Republika.co.id. (2020). Ribuan UKM Sleman terdampak covid-19. diakses tanggal 3 Januari 2022
Riswantio, A., & Devi, A. (2020). Digitalisasi Warung Sembako Dan Terintegrasi Dengan Payment Gateway Berbasis Syariah. Pkm-P, 4(2), 208. https://doi.org/10.32832/pkm-p.v4i2.747
Setyorini, D., Nurhayati, E., & Rosmita. (2019). Pengaruh Transaksi Online (e-Commerce) Terhadap Peningkatan Laba UMKM (Studi Kasus UMKM Pengolahan Besi Ciampea Bogor Jawa Barat). Jurnal Mitra Manajemen (JMM Online), 3(5), 501–509.
Sindonews.com. (2020). Berita Terkini Pengembangan UMKM di Sleman.diakses pada tanggal 3 Januari 2022.
Susilawati, S., Falefi, R., & Purwoko, A. (2020). Impact of COVID-19’s Pandemic on the Economy of Indonesia. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 3(2), 1147–1156. https://doi.org/10.33258/birci.v3i2.954
Vital Wave & Caribou Digital. (2014). Digital Economies In Emerging Markets. December.
Wibowo, H. (2018). Pengembangan Ekonomi Kreatif Desa Melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Menuju Koperasi Berbasis IT. Maqdis: Jurnal Kajian Ekonomi Islam, 3(1), 17–3.
Downloads
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
The copyright of the article fully belongs to the Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam and publishing rights belong entirely to LPPM STIE AAS Surakarta
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.