Ukuran Perusahaan Sebagai Pemoderasi Pengaruh Struktur Modal, Profitabilitas, Dan Islamic Social Reporting Terhadap Nilai Perusahaan Pada Bank Umum Syariah

Authors

  • Dessy Fitria IAIN Salatiga, Indonesia
  • Nafis Irkhami IAIN Salatiga, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29040/jiei.v7i3.3584

Keywords:

Economic Value Added, Islamic Social Reporting, Return On Equity

Abstract

This study aims to determine the size of the company as a derivative of the influence of capital structure, profitability, and islamic social reporting on firm value in islamic commercial banks in Indonesia. This type of research is a quantitative study with a population of islamic commercial banks registered with OJK. The sample method of this study used a purposive sampling method in which there was a sampling with certain considerations or criteria, so that the sample obtained was 60 samples from 12 islamic commercial banks with the 2015-2019 observation period. The type of data used is panel data. The analysis method used includes descriptive statistical test, stationarity test, multiple regression test, T test, F test, R2, classical assumption test and MRA test. The Moderated Regression Analysis (MRA) test uses data processing software Eviews. The results show that partially the capital structure variable has a negative and significant effect on firm value. Meanwhile, the profitability variable has a positive and significant impact on firm value. Then, the ISR variable has a positive and insignificant effect. Based on the Moderated Regression Analysis (MRA) test, it shows that the interaction of firm size cannot detect the effect of capital structure and profitability on firm value.

References

Agustina, A. (2020). The Influence of Disclosure of Islamic Social Reporting, Profitability, and Liquidity on Firm Value in Companies Listed in Jakarta Islamic Index Indonesia Stock Exchange 2016-2019. Indonesian Interdisciplinary Journal of Sharia Economics (IIJSE), 3(1), 69–84.

Aisjah, S. (2012). Strategi Diversifikasi Korporat: Penciptaan Nilai Perusahaan. UB Press.

Aji, A. W., & Atun, F. F. (2019). Pengaruh Tax Planning, Profitabilitas, dan Likuiditas Terhadap nilai Perusahaan dengan Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Moderasi (Studi Kasus Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2018). Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Humanika, 9(3), 222–234.

Antoro, A. D., & Hermuningsih, S. (2018). Kebijakan Dividen Dan Bi Rate Sebagai Pemoderasi Likuiditas, Profitabilitas, Dan Leverage Terhadap Nilai Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar Di Bei Tahun 2011-2017. Upajiwa Dewantara, 2(1), 58–75. https://doi.org/10.26460/mmud.v2i1.3070

Arifin, Z. (2005). Teori Keuangan dan Pasar Modal. Ekonosia.

Ascarya, & Yumanita, D. (2005). Bank Syariah: Gambaran Umum (Vol. 14, Issue 14). http://www.bi.go.id/id/tentang-bi/bi-dan-publik/kebanksentralan/Documents/14. Bank Syariah Gambaran Umum.pdf

Brigham, E. F., & Houston, J. F. (2010). Dasar-dasar Buku Manajemen Keuangan, Buku 1 (11th ed.). Salemba Empat.

Brigham, E. F., & Houston, J. F. (2016). Fundamentals of Financial Management (ninth). Cengage.

Brigham, E. F., & Houston, J. F. (2019). Fundamentals of Financial Management (fifteenth edition). Cengage.

Dangnga, M. T., & Haeuddin, M. I. M. (2018). Kinerja Keuangan Perbankan: Upaya Untuk Menciptakan Sistem Perbankan yang Sehat. Pustaka Taman Ilmu.

Dayanty, A., & Setyowati, W. (2020). Pengaruh Kinerja Keuangan dan Struktur Modal terhadap Nilai Perusahaan yang di Moderasi Variabel Ukuran Perusahaan (Studi Empiris Perusahaan Sektor Perdagangan, Jasa, dan Investasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahum 2016-2018). Jurnal Magisma, 8(2), 77–87.

Dewi, L. S., & Abundanti, N. (2019). Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, Kepemilikan Institusional dan Kepemilikan Manajerial Terhadap Nilai Perusahaan. E-Jurnal Manajemen, 8(10), 6099–6118.

Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS W. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hanafi, M., & Halim, A. (2007). Analisis Laporan Keuangan (Ketiga). UPP STIM YKPN.

Haslinda, N., Mardani, R. M., & Wahono, B. (2019). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Kasus pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015-2017). Jurnal Ilmiah Riset Manajemen, 8(1), 127–141.

Hery. (2017). Kajian Riset Akuntansi: Mengulas Berbagai Hasil Penelitian Terkini dalam Bidang Akuntansi dan Keuangan. PT Grasindo.

Husna, S. (2005). Dasar-dasar Teori Portofolio dan Analisis Sekuritas (Keempat). UPP AMP.YKPN.

Husnan, S. (2001). Dasar-dasar Teori Portofolio dan Analisis Sekuritas (Ketiga). UPP AMP.YKPN.

Ibrahim, R. H., & Muthohar, A. M. (2019). Pengaruh Komisaris Independen dan Indeks Islamic Social Reporting Terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 5(01), 9–20.

Karmawan, P. D. P., & Ida agus Badjra. (2019). Pengaruh Economic Value Added, Debt to Equity Ratio, dan Komposisi Komisaris Independen Terhadap Nilai Perusahaan. E-Jurnal Manajemen, 8(12), 7033–7052.

Kasmir. (2010). Pengantar Manajemen Keuangan, Cetakan Ketiga (Pertama). Kencana Prenada Media Group.

Kasmir. (2014). Analisis Laporan Keuangan (Ketujuh). PT RajaGrafindo Persada.

Koran Sindo. (2020). RI Berpeluang Menjadi Pusat Perkembangan Ekonomi Syariah. Ekbis.Sindonews.Com. https://ekbis.sindonews.com/read/197982/178/ri-berpeluang-menjadi-pusat-perkembangan-ekonomi-syariah-1602810645

Kurniati, T. D., & Wuryani, E. (2019). Pengaruh Struktur Modal, Investment Opportunity Set, dan Likuiditas Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Akuntansi AKUNESA, 7(3), 1–11.

Kusumawati, R., & Rosady, I. (2018). Pengaruh Struktur Modal dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan dengan Kepemilikan Manajerial sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Manajemen Bisnis, 9(2), 147–160. https://doi.org/10.18196/mb.9259

Mahdaleta, E., Muda, I., & Nasir, G. M. (2016). Effects of Capital Structure and Profitability on Corporate Value with Company Size as the Moderating Variable of Manufacturing Companies Listed on Indonesia Stock Exchange. Academic Journal of Economic Studies, 2(3), 30–43.

Martono, & Harjito, D. A. (2005). Manajemen Keuangan (Pertama). Ekonisia FE UI.

Maulina, R., & Iqramuddin. (2019). Pengaruh Likuiditas, Financial Leverage, Profitabilitas Terhadap Pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR) dan Dampaknya Terhadap Nilai Perusahaan pada Bank Umum Syariah di Indonesia. Jurnal AKBIS, 3(1), 57–72.

Mudjijah, S., Khalid, Z., & Astuti, D. A. S. (2019). Pengaruh Kinerja Keuangan dan Struktur Modal Terhadap Nilai Perusahaan yang Dimoderasi Variabel Ukuran Perusahaan. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 8(1), 41–56.

Mukti, A. H., & Winarso, B. S. (2020). Profitabilitas dan Struktur Modal Terhadap Nilai Perusahaan dengan Variabel Corporate Social Responsibility sebagai Moderasi. Jurnal REKSA, 7(2), 73–83.

Nababan, C. N. (2019). Sandi Miris Pusat Keuangan Syariah di London bukan Jakarta. Cnnindonesia.Com. https://m.cnnindonesia.com/ekonomi/20190413160037-78-386009/sandi-miris-pusat-keuangan-syariah-di-london-bukan-jakarta

Hajar, N., & Tho'in, M. (2020). The Effect of Banking Financial Soundness on Stock Prices to Earnings and Capital Variables. International Journal of Economics, Business and Accounting Research (IJEBAR), 4(4).

Nindita, B. R., & Sukoharsono, E. G. (2019). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, dan Islamic Social Reporting Terhadap Nilai Perusahaan (studi pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index Tahun 2014-2017). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB Universitas Brawijaya, 7(2), 1–22.

Nuryanto, R., Tho'in, M., & Wardani, H. K. (2014). Rasio Likuiditas, Rasio Solvabilitas, Rasio Rentabilitas Koperasi Jasa Keuangan Syariah Di Jawa Tengah. Jurnal Akuntansi dan Pajak, 15(01).

Othman, R., & Thani, A. M. (2010). Islamic Social Reporting of Listed Companies In Malaysia. International Business & Economics Research Journal, 9(4), 135–144.

Otoritas Jasa Keuangan. (2020). Tentang OJK. Www.Ojk.Go.Id. http://www.ojk.go.id/id/kanal/perbankan/Pages/Bank-Umum.aspx

Pasaribu, M. Y., Topowijono, & Sulasmiyati, S. (2016). Pengaruh Struktur Modal, Struktur Kepemilikan, dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Sektor Industri Dasar dan Kimia yang Terdaftar di BEI Tahun 2011-2014. Jurnal Administrasi Bisnis, 35(1), 154–164.

Pohan, H. T., Noor, I. N., & Bhakti, Y. F. (2018). Pengaruh Profitabilitas dan Pengungkapan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan dengan Ukuran Perusahaan sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Akuntansi Trisakti, 5(1), 41–52.

Putri, A. K., Sudarma, M., & Purnomosidhi, B. (2016). Pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan dengan Ukuran Perusahaan dan Jumlah Dewan Komisaris sebagai Variabel Pemoderasi ( Studi pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar Bursa Efek Indonesia ). Jurnal Aplikasi Manajemen (JAM), 14(2), 344–358.

Raditya, A. R., Azib, A., & Hasanah, E. N. (2019). Pengaruh Mekanisme Corporate Governance, Islamic Social Reporting dan Intellectual Capital Disclosure terhadap Nilai Perusahaan yang Terdaftar di Jakarta Islamic Index Periode 2015-2017. Prosiding Manajemen SPeSIA, 5(2), 839–846.

Riyanto, B. (2001). Dasar-dasar Pembelajaran Perusahaan Cetakan Ketujuh (Keempat). BPFE UGM.

Riyanto, B. (2011). Dasar-dasar Pembelajaran Perusahaan (4th ed.). BPFE UGM.

Rohaeni, N., Hidayat, A., Nuraeni, Y. S., Bangsa, U. B., Bangsa, U. B., & Bangsa, U. B. (2020). Pengaruh Struktur Modal dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderating Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Logam dan Sejenisnya yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2013-2017. 2(01), 35–54.

Salim, M. S., Askandar, N. S., & Malikah, A. (2020). Pengaruh Profitabilitas, Kebijakan Dividen, dan Hutang Terhadap Nilai Perusahaan LQ 45 Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) 2014-2018. E-Jurnal Ilmiah Riset Akuntansi, 09(01), 1–11.

Santoso, A., & Susilowati, T. (2019). Ukuran Perusahaan Memoderasi Pengaruh Struktur Modal Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Administrasi Dan Bisnis, 13(2), 156–167.

Setiawan, I., Swandari, F., & Dewi, D. M. (2018). Pengaruh Pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR) Terhadap Nilai Perusahaan dengan Kinerja Keuangan sebagai Variabel Moderating. Jurnal Wawasan Manajemen, 6(2), 168–186.

Solihin, I. (2008). Corporate Social Responsibility From Charity to Sustainibility. Salemba Empat.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sutapa, & Laksito, H. (2018). Peran Islamic Social Reporting Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Akuntansi Indonesia, 7(1), 57–68.

Thaib, I., & Dewantoro, A. (2017). Pengaruh Profitabilitas dan Likuiditas Terhadap Nilai Perusahaan dengan Struktur Modal sebagai Variabel Intervening. Jurnal Riset Perbankan Manajemen Dan Akuntansi, 1(1), 25–44.

Tho'in, M. (2019). Profitability of Islamic Commercial Banks in Indonesia. IQTISHADIA: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 6(2), 89-99.

Tho’in, M. (2021). Analysis of Islamic Bank's Soundness Level Using Capital Ratio, Profitability, Financing, and Credit Risk.

Tira Santia. (2020). Dukungan Presiden Bangkitkan Raksasa Keuangan Syariah di Indonesia. Liputan6.Com. https://m.liputan6.com/bisnis/read/4398018/dukungan-presiden-bangkitkan-raksasa-keuangan-syariah-di-indonesia

Tunggal, C. A., & Ngatno. (2018). Pengaruh Struktur Modal Terhadap Nilai Perusahaan dengan Ukuran dan Umur Perusahaan sebagai Variabel Moderator (Studi Kasus Tahun 2014- 2016) pada Perusahaan Sub-Sektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar di BEI. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 7(2), 141–157.

Uly, Y. A. (2020). OJK: Perbankan Syariah perlu lakukan Diferensiasi Bisnis. Money.Kompas.Com. https://money.kompas.com/read/2020/10/09/063300426/ojk--perbankan-syariah-perlu-lakukan-diferensiasi-bisnis

Winarno, W. W. (2015). Analisis Ekonometrika dan Statistika dengan Eviews (4th ed.). UPP STIM YKPN.

Yuliati, S. H., & Prasetyo, H. (2005). Dasar-dasar Manajemen Keuangan Internasional. C.V Andi Offset.

Downloads

Published

09-11-2021

How to Cite

Fitria, D., & Irkhami, N. (2021). Ukuran Perusahaan Sebagai Pemoderasi Pengaruh Struktur Modal, Profitabilitas, Dan Islamic Social Reporting Terhadap Nilai Perusahaan Pada Bank Umum Syariah. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(3), 1629–1643. https://doi.org/10.29040/jiei.v7i3.3584

Citation Check

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.