The Influence of Digital Media, Halal Literacy, and Halal Culinary on Halal Tourism Interest among Gen-Z Muslims: Beach Case Study in Mataram.

Authors

  • Haerati Supiani Universitas Muhammadiyah Mataram, Indonesia
  • Novi Yanti Sandra Dewi Universitas Muhammadiyah Mataram, Indonesia
  • Ahadiah Agustina Universitas Muhammadiyah Mataram, Indonesia
  • Mukhlisin Mukhlisin Universitas Muhammadiyah Mataram, Indonesia

Abstract

 Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh media digital, literasi halal, dan kuliner halal terhadap minat wisata muslim Generasi Z di Mataram. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, melibatkan 89 responden muslim berusia 15-26 tahun yang dipilih melalui teknik simple random sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang berisi 20 pernyataan yang mengukur variabel media digital, literasi halal, kuliner halal, dan minat wisata halal, kemudian dianalisis menggunakan regresi berganda dengan perangkat lunak SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media digital memiliki pengaruh signifikan dan positif sebesar 77,7% sehingga menjadi faktor dominan dalam meningkatkan minat wisata halal. Literasi halal juga memiliki pengaruh signifikan sebesar 17,7% untuk memperkuat kepercayaan konsumen terhadap destinasi halal. Sementara itu, kuliner halal tidak memiliki pengaruh signifikan sebesar 67%. Secara simultan, ketiga variabel tersebut memberikan kontribusi sebesar 65,8%. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa para pembuat kebijakan dan pelaku industri wisata halal harus mengutamakan penguatan literasi halal dan optimalisasi media digital dalam mempromosikan destinasi halal. Strategi berbasis media sosial dan kolaborasi dengan influencer dapat menjadi langkah efektif untuk menarik perhatian wisatawan muslim Gen-Z. Penelitian lebih lanjut disarankan untuk mengeksplorasi faktor-faktor lain seperti kualitas layanan, aspek budaya, dan keamanan destinasi, serta melakukan analisis komparatif antar kelompok usia atau wilayah.

References

Abdullah, M., Khurshid, M., & Khan, M. H. (2022). Developing Trust through Social Media Influencers and Halal Tourism to Impact the Travel Decision of Travelers. Journal of Islamic and Religious Studies, 7(1), 49–69. https://doi.org/10.36476/jirs.7:1.06.2022.17

Adinda, Z., Kusumasari, B., Hadna, A. H., & Susanto, N. (2024). Halal Tourism: A Critical Review of the Development and Implementation. JKAP (Jurnal Kebijakan Dan Administrasi Publik), 28(1), 1. https://doi.org/10.22146/jkap.90194

Churiyah, M., Pratikto, H., Filianti, F., & Akbar, M. F. (2020). Halal Tourism: Between Economic Opportunities and Social Acceptance. Nusantara Halal Journal (Halal Awareness, Opinion, Research, and Initiative), 1(1), 32–42. https://doi.org/10.17977/um060.2020v1p032-042

Dabamona, S., & Papua, U. (2022). Tinjauan Literatur Sistematis terhadap Pengalaman Wisatawan dalam Wisata Halal Samsudin Arifin Dabamona 1*. Jurnal Kepariwisataan: Destinasi, Hospitalitas Dan Perjalanan, 6, 129–141. https://doi.org/10.34013/jk.v6i02.814

Dewi,

Downloads

Published

26-03-2025 — Updated on 11-04-2025

Versions

How to Cite

Supiani, H., Dewi, N. Y. S., Agustina, A., & Mukhlisin, M. (2025). The Influence of Digital Media, Halal Literacy, and Halal Culinary on Halal Tourism Interest among Gen-Z Muslims: Beach Case Study in Mataram. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 11(01). Retrieved from https://www.jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/jei/article/view/16326 (Original work published March 26, 2025)

Citation Check

Most read articles by the same author(s)