Kenaikan Harga Beras Pada Konsep Mekanisme Pasar Prespektif Ibnu Taimiyah

Authors

  • Alfiina Rohmatil Aliyah Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri, Indonesia
  • Moh Habib Hakiki Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29040/jiei.v10i3.12441

Abstract

Beras merupakan makanan pokok bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Bahkan, konsumsi beras masyarakat Indonesia semakin meningkat setiap tahunnya seiring dengan meningkatnya jumlah penduduk Indonesia. Institute for Development of Economics and Finance (Indef) menilai penurunan produksi beras yang menyebabkan lonjakan harga tak terlepas dari dampak perubahan iklim. Produksi beras dalam jangka panjang pun bisa terancam. Adapun efek dari perubahan iklim global menjadi penyebab awal yang membuat harga beras melonjak. Tujuan ditulis artikel ini untuk meihat pandangan Ibnu Taimiyah mengenai peningkatan harga beras dilihat dari konsep mekanisme pasar pemikiran beliau. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Analisis yang digunakan secara deskriptif. Data yang digunakan berasal dari data sekunder, dari buku, artikel jurnal dan webisite. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa pemikiran Ibnu Taimiyah relevan dengan perekonomian saat ini, terkait Apabila orang-orang menjual barang dagangannya dengan cara yang dapat diterima secara umum tanpa disertai dengan kezaliman dan harga-harga mengalami kenaikan sebagai konsekuensi dari penurunan jumlah barang (qillah al-syai), atau peningkatan jumlah penduduk (katsrah al-khalq), hal ini disebabkan oleh Allah Swt. Kenaikan harga beras pada tahun 2023 yang secara signifikan disebabkan oleh faktor iklim, dan penutupan ekspor negara India. Sehingga menyebabkan kurangnya persediaan atau supply dari petani, sedang permintaan pasar terhadap beras, sehingga terjadi sebuah kenaikan harga beras. Hal tersebut merupakan sunnatullah untuk menunjukkan mekanisme pasar yang bersifat impersonal. Sedang faktor alam yang mempengaruhi kenaikan harga beras menurut Ibnu Taimiyah yaitu: keinginan masyarakat, jumlah para peminat, lemah atau kuatnya kebutuhan terhadap suatu barang terhadap kebutuhan, kualitas pembeli, besar kecilnya biaya yang harus dikeluarkan oleh produsen atau penjual. Kata kunci: Harga Beras, Mekanisme Pasar, Ibnu Taimiyah

Author Biographies

Alfiina Rohmatil Aliyah, Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri

Mahasiswa Pascasarjana Ekonomi Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri

Moh Habib Hakiki, Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri

Mahasiswa Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri

References

Adiwarman Azwar Karim. (2004). Sejarah Pemikiran Ekonomi Islam. PT. Raja Grafindo Persada.

Anita, D. (2019). Relevansi Pemikiran Ibnu Taimiyah Terhadap Regulasi Harga Di Indonesia. Jurnal Pemikiran Islam, 3(1), 39–64.

Azizah, Q. (2021). Konsep Tauhid Ibnu Taimiyah dan Pengaruhnya Terhadap Pembaharuan Pemikiran Islam. Aqlania: Jurnal Filsafat Dan Teologi Islam, 12(2), 181–197.

Azmiani Batubara dan Rahmat Hidayat. (2016). Pengaruh Penetapan Harga dan Promosi Terhadap Tingkat Penjualan Tiket Pada PSA Mihin Lanka Airlens. Jurnal Ilman, 4(1), 33–46.

Boedi Abdullah. (2010). Peradaban Pemikiran Ekonomi. Pustaka Setia.

CNBC Indonesia. (2023). Harga Beras. https://www.cnbcindonesia.com/research/20230928091238-128-476205/terungkap-ini-biang-kerok-harga-beras-meroket-hingga-16

Fandy Tjiptono. (2015). Strategi Pemasaran. Andi.

Fasiha. (2017). Pemikiran Ekonomi Ibnu Taimiyah. Jurnal Al-Amwal, 1, 105–113.

Ibnu Taimiyah. (1976). Al-Hisbah Fi Al-Islam. Dar Al-Sha’b.

Mukti Fajar, Y. A. (2010). Dualisme Penelitian Hukum Normatif & Empiris. Pustaka Pelajar.

Rozalinda. (2016). Teori dan Aplikasinya Pada Aktivitas Ekonomi. PT. Raja Grafindo Persada.

Saprida, Qodirah Barkah, Z. F. (2021). Sejarah Pemikiran Ekonomi Islam. Kencana.

Sugiyono. (2015). Metodelogi Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Veithzal Rival. (2012). Islamic Marketing. PT. Gramedia Pustaka Utama.

Downloads

Published

30-10-2024

How to Cite

Aliyah, A. R., & Hakiki, M. H. (2024). Kenaikan Harga Beras Pada Konsep Mekanisme Pasar Prespektif Ibnu Taimiyah. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 10(3), 2487–2493. https://doi.org/10.29040/jiei.v10i3.12441

Citation Check