ANALISIS KINERJA PEMASARAN DARI PERSPEKTIF PRODUK RAMAH LINGKUNGAN (GREEN PRODUCT) DAN DESAIN UNTUK KEBERLANJUTAN (DESIGN FOR SUSTAINABILITY) (Studi pada PT Techpack Asia)

Zelika Nidya Damarani, Susilo Toto Raharjo

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami peran perusahaan kemasan kosmetik dalam meningkatkan kinerja berkelanjutan melalui format kemasan yang ramah lingkungan. Industri kemasan kosmetik dapat memainkan peran sangat besar dalam mengatasi masalah lingkungan (pemanasan iklim, emisi karbon) dalam penjualan dan keputusan pembelian pelanggan untuk model kemasan yang lebih ramah lingkungan daripada kemasan tradisional. Kepedulian konsumen yang sadar lingkungan terhadap isu lingkungan menjadikan isu lingkungan sebagai salah satu strategi pemasaran. Strategi green marketing sangat menguntungkan karena banyak konsumen memilih produk yang berbahan baku alami, termasuk kemasan yang membungkusnya. Namun pengetahuan masyarakat Indonesia terhadap isu lingkungan akibat penggunaan kemasan plastik belum merata. Kebanyakan masyarakat Indonesia tidak tertarik untuk mengetahui jenis plastik apa dan bagaimana yang dianggap dapat mengurangi isu lingkungan. Hal inilah yang menjadikan pelaku bisnis kosmetik memiliki pertimbangan untuk menerapkan bisnis green product dan desain untuk sustainability, green marketing dan green consumerism di Negara Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Penelitian ini berfokus pada desain dan konsep ramah lingkungan kemasan kosmetik perusahaan PT Techpack Asia yang didorong oleh kemunculan regulasi pemerintah yang kemudian mempengaruhi kinerja pemasaran dari yang sebelumnya menggunakan kemasan konvensional berubah menjadi kemasan lebih ramah lingkungan, sehingga penelitian ini menggunakan pendekatan naratif atau narrative approach. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder. Populasi dalam penelitian ini adalah 3 karyawan dengan jabatan tertentu di perusahaan PT Techpack Asia. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa dengan pengelolaan dan perencanaan yang terstruktur dengan baik, didukung oleh kebijakan pemerintah dan pelanggan, memberikan dampak positif bagi pelaku usaha untuk meningkatkan kinerja format kemasan ramah lingkungan.
Kata Kunci : Kinerja Pemasaran; Green Product; Green Marketing; Desain Sustainability

References


Akram Mohamad Alhamad, 2nd Z. (Vol. 2, No. 2, June 2019). Green marketing strategy:theoretical approach. American Journal of Economics and Business Management, 1.

Ms. R. Surya, 2. M. (2014). Introduction to green marketing. International Journal of Economics and Management Studies (SSRG-IJEMS) – Volume 1, Issue 2, September 2014, 1.

Aakaksha Singhal, GM (2021). Female consumers towards green marketing related to cosmetics industry. Journal of Science and Technology Policy Management, 514-531.

Anita Tolnay, AK (2018). Sustainable development of cosmetics in the laboratory market. Cyend, 62-66.

Anja Nikolova, Master of Environmental Management. (2022). Excerpts on Sustainability in the Cosmetics Industry VF August 2022. Sustainability in the beauty and personal care industry:Trending best practices and opportunities.

Asia-Europe Environmental Forum. (nd). Drivers and barriers to reducing single-use plastics in Asia-Europe Meeting (ASEM) member countries. Asia-European Foundation (ASEF).

Böhm, D.H. (2011). Sustainability from a consumer perspective. International Journal of Consumer Research.

Camilla Kring, JL (2021). Performance of the cosmetics industry from a design perspective for corporate social responsibility and sustainability. Sustainable production and consumption.

Chen, T. &. (2010). Attitude towards the environment and green products. Management Science and Engineering, 4(2), 27-39.

Cinelli, P., Coltelli, MB, Signori, F., Morganti, P., & Lazzeri, A. (2019). Cosmetic packaging for environmental protection:

Future outlook. Cosmetics, 6(2), 1-14. Cosmetic European Body Care Association. (2019). Environmental Sustainability Contribution of the European Cosmetics Industry 2017-2019.Belgium:Cosmetic European Body Care Association.

Elizabeth, P. & Jack, S. M (2010). Qualitative case study methodology:Study Design and Conduct New investigators. research gate.

Gerstell E, Marcheso S, Schmidt J, and Spagnuolo E. (2020). How COVID-19 is changing the world of beauty. McKinsey & Company, Consumer Packaged Goods Practice, 1 (May), 1-8.

Gonaro Wandsel, M.C.-M. (2021). Green packaging from a consumer and business perspective. MDPI.

Khadka, K. &. (2017). Value, Satisfaction and Customer Loyalty. Centria Polytechnic Pietarsaari, https://doi.org/10.4337/9781781955970.00008

Kotler, Pennsylvania (2008). Volume 2 Consumer Behavior, 12th Edition, Jakarta:Aaranga.

Lozada, H. (1999). Ecosystem Sustainability and Marketing Strategies:verification and meaning. His 1999 Proceedings of the Marketing Management Association, marking his 35th anniversary of the Midwest Business Management Association, states:Seton Hall University.

MONE, S.-D. (2013). The “what” and “how” of marketing performance management. Challenges of Managing and Marketing a Knowledge Society, Vol. 8, No. 1, pp. 129-146.

Polinsky. (1994). A village global model for sustainable village development. Colorado State University.

Polonski, MJ (1994). Introduction to green marketing. Electronic Green Journal, 1(2).

Prakash, A (2002). Green marketing, public policy, and management strategy. Corporate Strategy and Environment, 285-297. S. Bom, J.H. (2019). A step forward in terms of sustainability in the cosmetics industry:evaluation. Journal of Cleaner Manufacturing, 270-290.

Sabota, A. (2014). sustainability:The first edition of how the cosmetics industry is becoming greener. John Wiley & Sons, Inc.

Tjiptono, F. (2015). Marketing Strategy First Edition Yogyakarta:and me.

Uncle, MD (2003). Customer Loyalty and Customer Loyalty Programs. Consumer marketing magazine.

Yin, RK (2011). Qualitative research from start to finish. New York:Guilford Press




DOI: http://dx.doi.org/10.29040/jap.v23i2.7385

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Akuntansi dan Pajak, ISSN 1412-629X l E-ISSN 2579-3055

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
web analytics

pengeluaran macau