ANALISIS PENGARUH KUALITAS WEBSITE DAN REPUTASI PERUSAHAAN TERHADAP TRUST DALAM MENINGKATKAN KEPUTUSAN KEIKUTSERTAAN PEKERJA FORMAL PADA BPJS KETENAGAKERJAAN (Studi Pada Peserta BPJS Ketenagakerjaan Di Kota Semarang)

Rishendra Setya Pratama, Indi Djastuti

Abstract


Sistem jaminan sosial pada suatu negara, telah menjadi kebijakan umum yang diterapkan oleh masing-masing negara. Salah satu kewajiban negara adalah menyediakan jaminan sosial dan kemaslahatan warganya, selain itu jaminan sosial yaitu hukum kemasyarakatan yang harus dipenuhi sebuah lembaga pemerintahan. Terkait dengan jaminan sosial Indonesia sendiri melalui BPJS Ketenagakerjaan, mengadakan layanan yang benar bagi para pekerja untuk menjamin kehidupan dimasa mendatang. Tujuan penelitian adalah menganalisa faktor apasaja yang dapat meningkatkan keputusan keikutsertaan pada peserta formal BPJS Ketenagakerjaan di Kota Semarang. Sampel penelitian sebanyak 128, penetapan sampel yaitu nonprobability sampling purposive sampling dimana peneliti memberikan batasan yang akan dijadikan sampel (Sugiyono, 2016). Alat analisis menggunakan AMOS 22.00 metode SEM (Structural.Equation.Modeling). Hasil.penelitian.menunjukan.ada pengaruh signifikan web quality terhadap trust dengan nilai p-value sebesar 0,021 (H1 diterima). Ada.pengaruh.signifikan reputasi perusahaan terhadap trust dengan nilai p-value sebesar 0,032 (H2 diterima). Ada pengaruh signifikan web quality terhadap keputusan keikutsertaan dengan.nilai p-value sebesar.0,035 (H3 diterima). Ada pengaruh signifikan reputasi perusahaan terhadap keputusan keikutsertaan dengan nilai p-value sebesar 0,021 (H4 diterima). Ada pengaruh signifikan trust terhadap keputusan keikutsertaan dengan nilai p-value sebesar 0,027 (H5 diterima).

Kata Kunci: Web Quality, Reputasi Perusahaan, Trust, Keputusan Keikutsertaan dan peserta formal BPJS Ketenagakerjaan

References


Aziz, Muh Abdul. 2021. “Pengaruh Lingkungan Kerja Dan Kinerja Karyawan Terhadap Turnover Intentions Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada PT Selamat Lestari Mandiri Kota Sukabumi).” Jurnal Apresiasi Ekonomi 9(2): 229–37.

Barnes dan Vidgen. 2003. “Measuring Website Quality Improvement: A Case Study of the Forumn on Strategic Management Knowladge Exchange Industrial Management & Data Systems.” ProQuest 103, 5/6: 297.

Beckett, A., Hewer, P. and Howcroft. 2000. “An Exposition of Consumer Behavior in the Financial Services Industry.” International Journal of Bank Marketing Vol. 18 No: 15–26.

Cao Zhang dan Seydel. 2005. “B2C E-Commerce Web Site Quality: An Empirical Examination.” Industrial Management + Data Systems 5/6: 105.

Caridi, M., Pero, M. & Sianesi. 2012. “Linking Product Modularity and Innovativeness to Supply Chain Management in the Italian Furniture Industry.” Journal of Production Economics 136(1): 207–217.

Darmawan, R. 2015. Pengaruh Minat Belajar Dan Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas Tinggi SD Negeri 01 Wonolopo Tahun Ajaran 2014/2015. MinalBelajar.

Al Dwairi. 2013. “Web Sites Trust Factors: An Empirical Approach.” Contemporary Enegineering Sciences.

Fombrun, Charles dan Van Riel. 2009. “Essentials of Corporate Communication : Implementing Practices for Effective Reputation Management.” Oxon.

Furkonudin, Suryadi, Emi dan Darmanto. 2016. Evaluasi Kualitas Layanan Websitee_Commerce Blibli.Com Menggunakan Metode Webqual 4.0 Terhadap Keputusan Pembelian Online. Yogyakarta: MagisterTeknik Informatika STMIK AMIKOM.

Gefen, D. 2002. “E-Commerce: ”the Role of Familiarity and Trust”.” The International Journal of Management Science 28(6): 725–37.

Ghafiki, Rafdi dan Retno. 2017. Pengaruh Kualitas Website Terhadap Keputusan Pembelian Pada Situs Bukalapak.Com. Universitas Telkom: Fakultas Komunikasi dan Bisnis.

Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gough, O. and Sozou, P.D. 2005. “Pensions and Retirement Savings: Cluster Analysis of Consumer Behavior and Attitudes.” International Journal of Bank Marketing Vol. 23 No: 558–70.

Herwin1, Ferryal Abadi. 2018. “Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Dengan.” 3(3): 353–64.

Jauhari, Tantowi. 2018. The Impact Of Website Quality On Consumer Satisfaction And Purchase. Malang: Universitas Brawijaya.

Kriyantono, Rachmat. 2017. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Kurniawan., et all. 2018. Pengaruh Kualitas Website (Webqual 4.0) Terhadap Kepercayaan Dan Dampaknya Pada Keputusan Pembelian Pada Website E-Commerce (Studi Pada Konsumen Pt. B). Malang: Fakultas Ilmu Administrasi Univеrsitas Brawijaya.

Li, Rong; Kim, J.J.; Park, J. 2016. “The Effect of Internet Shoppers’ Trust on Their Purchasing Intention in China.” Journal of Informatition Systems and Technology Management Vol. 4, No.

Matzler, Kurt, Sonja Grabner-Kräuter, and Sonja Bidmon. 2008. “Risk Aversion and Brand Loyalty: The Mediating Role of Brand Trust and Brand Affect.” Journal of Product and Brand Management 17(3): 154–62.

Mccole, P., Ramsey, E., & Williams, J. 2015. “Trust Considerations on Attitudes towards Online Purchasing : The Moderating Effect of Privacy and Security Concerns.” Journal of Business Research 63(9–10): 1018–1024.

Melati Ayuningtyas Pambudi. 2020. Pengaruh Kualitas Produk, Reputasi Perusahaan Dan Kepuasan Nasabah Terhadap Keputusan Pengambilan Kredit (Studi Pada Pengambilan Kredit Bank Mandiri Cluster Pahlawan 5). Semarang: Tesis, Universitas Diponegoro.

Peraturan Presiden. 2011. Undang-Undang Nomor 24. BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL.

Pradipta, Ariya. 2015. “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Reputasi Perusahaan, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pengambilan Kredit Multiproduk (Studi Kasus Pada PT Astra Multi Finance ‘SPEKTRA’ Semarang).” Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis Universitas Diponegoro Vol. 4. No: 1–22.

Rickwood, Catherine, and Lesley White. 2009. “Pre-Purchase Decision-Making for a Complex Service: Retirement Planning.” Journal of Services Marketing 23(3): 145–53.

Rizki, Yanuar. 2022. “JHT Produk Asuransi Tabungan Atau Social,Trust Fund.” KOMPASTV. https://www.kompas.tv/article/262301/yanuar-rizki-jht-produk-asuransi-tabungan-atau-social-trust-fund-3-satu-meja.

Roca, Juan Carlos, Juan José García, and Juan José de la Vega. 2009. “The Importance of Perceived Trust, Security and Privacy in Online Trading Systems.” Information Management and Computer Security 17(2): 96–113.

Siagian, Hotlan., Cahyono, Hotlan. 2014. “Analisis Website Quality, Trust, Dan Loyalty Pelanggan Online Shop.” Jurnal Manajemen Pemasaran Vol 8 No 2.

Sugiyono. 2016a. Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D). Bandung: Alfabeta.

———. 2016b. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R & D. Bandung: Alfabetat.

Undang-Undang Nomor 40. 2004. Sistem Jaminan Sosial Nasional. Kementrian Kesehatan.

Walsh, Vincent-Wayne Mitchell, Paul R. Jackson and Sharon E. Betty. 2008. “Examining the Antecendents and Consequences of Corporate Reputation: A Customer Perspective.” Journal of Management. Vol.8:1-7.

Webb, Harold dan Webb, Linda. 2009. “SiteQual: An Integrated Measure of Web Site Quality.” Journal of Enterprise Information Management Vol 17: 430.

Widya, Sastika dan. 2016. Analisis Pengaruh Kualitas Website (Webquali4.0) Terhadap Keputusan Pembelian Pada Website E-Commerce Traveloka (Studi Kasus : Pengguna Traveloka Di Kota Bandung Tahun 2015. Bandung: Program Studi D3 Manajemen Pemasaran, Fakultas Ilmu Terapan, Universitas Telkom




DOI: http://dx.doi.org/10.29040/jap.v23i2.6969

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Akuntansi dan Pajak, ISSN 1412-629X l E-ISSN 2579-3055

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
web analytics

pengeluaran macau