MENINGKATKAN KEMAMPUAN MAHASISWA PRODI S1 AKUNTANSI DALAM MEMAHAMI BUKU, EBOOK DAN ARTIKEL/JURNAL AKUNTANSI BERBAHASA INGGRIS
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tehnik atau metode pengajar (dosen) dalam meningkatkan kemampuan mahasiswa S1 Akuntansi dalam memahami referensi buku ajar, ebook dan artikel/jurnal internasional berbahasa Inggris. Serta untuk meningkatkan kemampuan meningkatkan kemampuan mahasiswa S1 Akuntansi dalam memahami referensi buku ajar, ebook dan artikel/jurnal berbahasa inggris.
Jenis Penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sesuai dengan tujuan penelitian ini, maka mahasiswa S1 Akuntansi menjadi sample (subjek) dalam penelitian ini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini meliputi tes, observasi, kuosioner, wawancara maupun dokumen. Melalui penelitian ini, diharapkan menjadi bahan referensi bagi para pengajar (dosen) dalam menyampikan materi perkuliahan dengan menggunakan referensi buku ajar, ebook dan artikel/ jurnal berbahasa Inggris.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil yang dicapai oleh siswa dari setiap proses tindakan yang dilakukan, yaitu dari tindakan pra siklus (tes awal) hingga siklus II. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan nilai rat-rata kelas terhadap setiap proses, yaitu hasil belajar mahasiswa dalam memahami teks/bacaan Akuntansi berbahasa Inggris melalui teknik scanning mengalami peningkatan. Dimana pada siklus awal (tes awal) nilai rata-rata yang diperoleh siswa adalah 51,56, mengalami peningkatan pada siklus I menjadi 65,94, sedangkan pada siklus 2 juga mengalami peningkatan menjadi 78,12. Hasil tersebut menunjukan bahwa peningkatan kemampuan membaca melalui teknik scanning dicapai dengan maksimal sesuai dengan yang diharapkan.
Kata Kunci : artikel, akuntansi, mahasiswa, bahasa Inggris
References
Ahmad, Kamarudin. 2007. Akuntansi Manajemen: dasar-dasar konsep biaya dan pengambilan keputusan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Prastowo, Andi. 2012. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif.
Harahap, Sofyan Safri, 2003. Teori Akuntansi. PT. Raspindo, Jakarta.
Moloeng, Lexy J. 2004. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosdakarya
Munawir. 2007. Analisa Laporan Keuangan. Yogyakarta: Liberty.
Oktaviana. Devi. 2015. Analisis Tingkat Pemahaman Mahasiswa Akuntansi Terhadap Konsep Dasar Akuntansi. Tesis. Universitas Muhammadiyah Jember
Pujiarti, Puput. 2011. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Akuntansi Melalui Metode Pembelajaran Tutor Sebaya Pada Siswa Kelas XI IS 4 SMA N 1 Karanganyar Tahun 2010/2011. Skripsi. Universitas Sebelas Maret.
Puspantini, HA. dkk. Peningkatan Kemampuan Peserta Didik Dengan Metode Sustainable Problem Solving Experience Pada Mata Kuliah Akuntansi. Tesis. Universitas Mulawarman
Soemarso, S.R. 2002. Pengantar Akuntansi. Edisi Kelima. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.
Soemarso; 1996; Pengantar Akuntansi II Cetakan ketiga; Jakarta: PT Renika Cipta.
Warren, dkk. 2005. Prinsip-Prinsip Akuntansi. Jakarta: Erlangga
Wibowo. 2012. Manajemen Kinerja. Jakarta: Rajawali Press
http://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=khoirawatidempo.wordpress.com.
http://www.umpalangkaraya.ac.id/dosen/asepsolikin/?p=111
http://www.frizedianto.com/definisi-ebook-menurut-para-ahli/
https://id.wikipedia.org/wiki/Buku_elektronik
http://ismuhafia.blogspot.co.id/2011/12/penelitian-deskriptif-kualitatif.html
http://vivopasoepati1923.blogspot.co.id/2012/11/perbedaan-jurnal-dan-artikel.html
http://akuntanasi.blogspot.co.id/2013/02/akuntansi.html
https://nilaknowledge.wordpress.com/2013/06/07/pentingnya-buku-ajar/
https://jelinaangel.wordpress.com/2013/12/06/akuntansi/
http://windawidyaningsih.blogspot.co.id/2014/06/kemampuan-membaca-teks-bahasa-inggris.html
Downloads
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
The copyright of the article fully belongs to the Jurnal Akuntansi dan Pajak and publishing rights belong entirely to LLPM STIE AAS SurakartaÂ
Â
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.